Home » , » Pengertian Ilustrasi

Pengertian Ilustrasi

Posted by SangDes Stock on 12/25/2013

Contoh Ilustrasi digital karya Yusufsangdes
Menurut Wikipedia, " Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk."

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka, 1996), ilustrasi dibagi menjadi dua jenis yaitu ilustrasi audio dan ilustrasi visual. Ilustrasi audio berarti musik yang mengiringi suatu pertunjukan sandiwara di pentas, radio atau musik yang melatari sebuah film.

Ilustrasi visual atau yang lebih dikenal dengan kata lain ilustrasi yaitu gambar dapat berupa foto atau lukisan untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya ; dapat juga bermakna gambar, desain, diagram untuk penghias halaman sampul.

Secara umum tujuannya adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

Selain secara umum Ilustrasi juga mempunyai fungsi khusus yaitu antara lain:
  1. Memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita
  2. Memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah
  3. Memberikan bayangan langkah kerja
  4. Mengkomunikasikan cerita.
  5. Menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  6. Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  7. Dapat menerangkan konsep yang disampaikan
Di era kemajuan teknologi sekarang ini. Utamanya kemajuan software grafis yang semakin hari semakin canggih dan user friendly ini menyebabkan kemajuan dalam industri Ilustrasi visual dalam bentuk digital. 

Ilustrasi visual dalam bentuk digital dapat dibuat dengan menggunakan software grafis baik yang berbasis Pixel ataupun vector. Aplikasi vector yang paling dikenal dan sering digunakan adalah Corel draw dan Adobe Ilustrator. Sehingga ilustrasi visual yang dulunya banyak dikerjakan dengan manual sekarang tidak zaman  lagi. Hal ini menyebabkan pergeseran makna ilustrasi secara khusus.

Dengan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa ilustrasi merupakan gambar atau bentuk visual lainnya yang digunakan sebagai pendukung, memperjelas, mengurai pesan suatu cerita atau tulisan.

Yusufsangdes 2016




Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment