Home » , , » Logo PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO)- (Pemenang ke-Tiga dalam Sayembara Logo PT PELINDO 4 Tahun 2014)

Logo PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO)- (Pemenang ke-Tiga dalam Sayembara Logo PT PELINDO 4 Tahun 2014)

Posted by SangDes Stock on 10/14/2014

Logo PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) di atas terdiri dari  4 elemen yaitu Logogram, Logo Type (Tulisan atau Font), Tag Line dan Warna.

Konsep & Gagasan dari Tiap Elemen

Elemen pertama adalah sebuah Logogram yang merupakan inisial “P” dari kata Pelabuhan. Berangkat dari ide itu maka terbentuklah inisial “P” itu menjadi sebuah logo gram yang dalam pembentukannya terinspirasi dari beberapa objek kajian yang berkaitan dengan PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO)  agar dapat terlihat estetis dan relevan terhadap Filosofi PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) yaitu “ International Look, Hope, Dynamic & Simple”. Dari filosofi inilah maka inisial “P” itu dibuat dengan mengambil inspirasi Sebuah Kilatan Kecepatan di atas Laut yang dalam pembentukannya menggabungkan beberapa bentuk selain Inisial “P” itu sendiri, yaitu Garuda, Kapal  Laut, angka 4 dan orang saling bergandeng tangan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada deskripsi gambar. (pada bagian Transformasi Bentuk menjadi Logo)
Tujuan pemilihan bentuk-bentuk diatas tentunya untuk mewakili Visi dan Misi dari PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO), Misalnya:
a.     Bentuk “P” adalah sebagai inisial pertama dari kata pelabuhan. Tujuannya agar orang mudah mengingat  logo ini.
b.    Bentuk Kepala Burung Garuda melambangkan kejayaan, kebanggan, pertumbuhan yang pesat, ,pelayanan yang baik. Pemilihan bentuk ini juga terinspirasi dari logo sebelumnya yang menggunakan bentuk burung Garuda berwarna merah dan juga terinspirasi dari Lambang Negara kita Garuda Pancasila.
c.     Kapal Laut yang Melesat cepat dan berwarna gradasi gradasi kuning dan oranye melambangkan jasa kepelabuhan, keuntungan dan pertumbuhan yang pesat. Warna  gradasi kuning dan oranye mempunyai makna  kebahagiaan, keceriaan. Perlu juga kita ketahui bahwa lesatan kapal laut diatas laut itu menimbulkan lesatan berwarna biru yang melambangkan percepatan dan perkembangan. Warna biru melambangkan harapan, optimisme dan dinamisasi.
d.    Angka 4. Logo ini selain diambil dari inisial “P” juga sebagai bentuk angka 4 jika logo itu dibalik arahnya menghadap ke kiri, maknanya adalah bahwa ini adalah PT PELINDO 4.
e.     Orang bergandeng/ berjabat tangan. Secara sekilas bentuk ini tidak jelas terlihat akan tetapi jika kita memperhatikan pertemuan antara kedua kilatan cahaya biru dan kuning maka kita seakan-akan melihat dua orang yang saling bergandeng tangan, maknanya adalah bahwa perusahaan mempunyai orang-orang professional yang mengutamakan kerja sama dan dan memegang nilai-nilai dari visi dan misi perusahaan. Bentuk ini juga bermakna pelayanan yang terbaik bagi konsumen

Elemen kedua adalah Tag Line. Tag line yang dipilih adalah “Professional Proudly Port” artinya Pelabuhan Profesional yang akan selalu menjadi Kebanggaan. Pemilihan kata pada tagline ini adalah untuk menyeragamkannya dengan logo. Dimana setiap kata diawali dengan huruf “P” seperti elemen utama logo ini yaitu inisial “P”. Tujuan pemilihan Tagline ini agar semua orang-orang yang terlibat dalam perusahaan ini baik konsumen, karyawan ataupun pemimpin perusahaan ini akan selalu bekerja secara professional dan merasa optimis dan bangga akan keberadaan pelabuhan ini.

Elemen Ketiga adalah tulisan PT PELABUHAN INDONESIA 4(PERSERO). Huruf yang digunakan pada tulisan ini adalah “Myriad Pro Cond” yang di Bold. Pemilihan huruf ini karena kemudahannya dibaca dan dan kerapatan jarak antar kata yang dekat sehingga tidak memakan banyak tempat namun sangat mudah terbaca. Dan ragam jenis hurufnya lengkap, mulai dari huruf regular, Bold Italic dan Underlinenya lengkap. Sehingga akan sangat mudah dalam pengaplikasiannya dalam semua media promosi. Warna yang digunakan adalah warna abu-abu tegas. (maknanya bisa dilihat dipenjelasan selanjutnya).

Elemen Keempat adalah Warna. Ada tiga warna utama dalam logo ini yaitu Biru, Kuning, dan Abu-abu. Warna biru terdapat pada bagian logo yang membentuk huruf “P”, maknaya adalah harapan, otimisme, laut, produktif, manusia. Warna Kuning pada logo yang menyerupai bentuk lesatan Perahu, maknya kebahagiaan, keceriaan, kejayaan, kekayaan, keuntungan. Warna abu-abu tegas pada Tulisan PT PELABUHAN INDONESIA 4 (PERSERO).bermakna kekuatan, kebanggaan, stabil, dan dapat diandalkan.

Secara keseluruhan Logo ini ingin menggambarkan keseluruhan dari PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) sesuai dengan filosofi perusahaan ini yaitu “ International Look, Hope, Dynamic & Simple”.

@Yusufsangdes

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment