Home » , » Desainer Grafis Itu?

Desainer Grafis Itu?

Posted by SangDes Stock on 11/14/2014


PERCAYA atau tidak, profesi desainer grafis mengharuskan kita untuk menguasai banyak hal. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan seorang desainer grafis adalah seseorang yang multi-talented. Dan hal tersebut harus diakui melihat apa saja yang bisa mereka lakukan.

Sumber: Shutterstock.com
Ok, here we go, Desainer Grafis itu....

Seniman yang Kreatif
Sudah pasti seorang desainer adalah seorang seniman juga. Maksud seniman disini bukan hanya sebagai seniman yang ekspresif, tetapi juga komunikatif yang dengan segala kekreatifannya sehingga audiens bisa menerima apa yang disampaikan dengan tepat.

Penemu yang Inovatif
Desainer adalah penemu. Mereka menemukan berbagai macam solusi visual untuk sang klien. Klien yang berbeda pastinya membutuhkan solusi yang berbeda juga. Oleh karena itu, desainer adalah penemu yang inovatif, yang terus-menerus berusaha untuk menemukan solusi-solusi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Konselor yang Terpercaya
Seorang desainer juga harus bisa menjadi tempat 'curhat' bagi sang klien tentang masalah visual yang dihadapinya. Dan anda boleh yakin kalau 'curhatan' anda tidak akan bocor ke tangan siapa pun (tentu saja anda ingin berhadapan dengan desainer yang berkredibilitas).

Sejarahwan yang Imajinatif

Desainer merupakan seorang sejarahwan. Mereka mempelajari sejarah berdirinya suatu perusahaan, menelaahnya, dan kemudian memvisualkannya sehingga menjawab keinginan klien.

Filsuf yang Modern
Sudah sering melihat logo nike atau adidas dengan segudang filosofinya? Yap, itu juga merupakan hasil pemikiran seorang desainer grafis dan boleh dibilang pemikiran seperti itu merupakan salah satu faktor penting untuk menjadi seorang desainer.

Marketer yang Cerdas
Seorang desainer harus memahami market. Alasannya, kalau desainer tidak memahami target market yang dituju, ide dan pesan yang ada tidak dapat dikomunikasikan dengan benar. Contoh paling simpel, apa jadinya kalau Starbucks yang notabene ditujukan untuk kalangan pebisnis menggunakan icon Sally seperti pada Sour Sally? Mungkin audiens akan mengira Starbucks sudah berubah orientasi menjadi toko minuman untuk anak-anak.

Presenter yang Persuasif
Bagaimana mungkin klien akan tertarik dengan hasil kerja desainer kalau ia tidak bisa mempresentasikannya dengan baik. Oleh karena itu, seorang desainer juga seorang yang persuasif dalam hal meyakinkan kliennya.

Narator yang Komunikatif
Desainer adalah narator. Mereka menceritakan hal-hal yang terdapat dalam hasil visual mereka kepada audiens. Dan uniknya, desainer tidak perlu menceritakannya secara verbal, melainkan hanya mengandalkan elemen-elemen visualnya.


Masih berpikir kalau menjadi desainer grafis adalah hal yang mudah? Silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat. :)


Yusufsangdes

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment