Home » , , , » Makna dan Proses Penciptaan Logo PSM Makassar Karya Yusufsangdes

Makna dan Proses Penciptaan Logo PSM Makassar Karya Yusufsangdes

Posted by SangDes Stock on 1/27/2015

Logo PSM Makassar Karya Yusufsangdes
sebagai Nominasi 6 Besar Sayembara Logo PSM Makassar 2015

Penjelasan Umum

SECARA umum bentuk dasar logo ini adalah Bentuk Perisai dengan dominasi warna merah sebagai ciri khas warna PSM Makassar. Bentuk perisai ini terinspirasi dari Perahu Pinisi yang dilihat dari depan (jadi bukan asal perisai ya). Kemudian dibagian atas perisai berbentuk Benteng yang terinspirasi dari Benteng Ford Rotterdam. Dibagian dalam perisai terdiri dari Bentuk Ayam Jantan yang sedang memeluk Lingkaran (Dunia) sambil bermain Bola, yang mana bagian kepala menyundul bola sedangkan bagian ekor seperti ingin menendang bola. Dibagian ujung perisai terdapat bentuk segitiga terbalik dan runcing mengarah kebawah dengan tulisan 1915, yang merupakan awal terbentuknya PSM. Ditengah-tengah logo Terdapat Tulisan PSM Makassar dengan bentuk Font berjambul. Sedangkan di bagian atas benteng terdapat satu Bintang sebagai Jumlah Trophi PSM Makassar.
Peserta Nominasi 6 Besar (Mulai dari Kiri kedua Randi Rajavi, Ewakosportswear, Mustain, Yusuf, Akbar)


Penjelasan Khusus/ Perbagian

1. Bentuk Perisai Merah. Bentuk perisai ini terinspirasi dari bentuk Perahu Pinisi yang dilihat dari Depan. Pemilihan Pinisi adalah karena Pinishi merupakan salah ciri dari Kota Makassar dan Sulsel pada Umumnya. Bentuk perisai ini melambangkan perlindungan, pertahanan, konsistensi dan tidak mudah goyah. Dengan begitu sangat diharapkan PSM bisa semakin konsisten dalam mencapai tujuannya yaitu Menjadi Jawara ditiap kompetisi.
2. Bentuk Benteng. Bentuk ini terinspirasi dari bentuk Fort Rotterdam sebagai ciri khas Kota Makassar. Bagian menonjol pada benteng ini berjumlah lima yang menggambarkan kerjasama dan persatuan lima bagian utama sebuah Tim Sepakbola, yaitu mulai dari Pelatih, Kiper, Bek, Gelandang dan Penyerang (Striker). Bentuk benteng ini sendiri melambangkan kekokohan, Soliditas, kekompakan dan kerjasama dalam Tim PSM. Selain itu bentuk benteng ini juga Melambangkan Kejayaan PSM.
3. Bentuk Ayam Jantan.  Bentuk ini terinspirasi dari julukan Tim PSM yaitu “Tim Ayam Jantan dari Timur”. Bentuk ayam jantan pada logo ini menghadap ke timur hal ini melambangkan julukan PSM sendiri dan asal PSM. Jumlah ekor yang terdapat pada ayam ini sebanyak Tiga melambangkan Faktor utama kesuksesan sebuah tim, yaitu adanya Pemain/Pelatih yang kompak, Manajemen dan Tentunya Sponsor sedangkan dukungan Supporter termasuk Pemerintah dilambangkan pada bagian warna kuning yang mengapit ayam dibagian kiri dan kanan.  Bentuk ini terlihat seperti Suporter yang mengankat tangan keatas sebagi ekspresi kemenangan.

Bentuk ayam ini juga terlihat seperti memeluk Dunia/lingkaran sambil melakukan aktivitas bermain bola yaitu menyundul, menendang, dan seakan-akan ingin bersalto. Hal ini melambangkan bahwa PSM bukan hanya akan Berjaya di tingkatan lokal saja pada Khususnya Indonesia akan tetapi akan berkiprah juga di dunia Internasional dan Selalu menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas.

4. Tulisan PSM Makassar.
Tulisan ini sebagai nama Tim yaitu Persatuan Sepakbola Makasar (PSM Makassar). Font yang digunakan adalh font yang berjambul, hal ini untuk menyesuaikan dengan karakter ayam jantan sehingga terlihat selaras .
5. Bentuk Segitiga atau Mata Panah di Ujung Perisai. Bentuk ini melambangkan Tim yang Fokus, Profesional dan untuk memperlihatkan ketajaman PSM sebagai Tim Sepakbola yang disegani dibagian Timur Indonesia. Bentuk ini juga melambangkan bahwa PSM harus selalu fokus dalm setiap Pertandingan dan berusaha untuk selalu memenangkannya. Diatas mata panah terdapat angka 1915, yang merupakan tonggak awal berdirinya dari PSM Makassar.
6. Bintang (Optional). Bintang ini melambangkan Trophi PSM Makassar sejak digulirkannya Liga Indonesia. Jadi sewaktu-waktu jumlah bintang ini akan bertambah apabila PSM Makassar kembali berprestasi. Selain itu Bintang ini juga melambangkan semangat juara

Penjelasan Warna

Logo ini menggunakan tiga warna yang mana warna utama adalah Warna Merah sedangkan 2 warna lainnya adalah Putih dan Kuning Emas. Warna Merah melambangkan Semangat membara, keberanian dan kekuatan, warna merah juga merupakan warna Utama dari Tim PSM Makassar. Warna Putih melambangkan kesucian, ketulusan, kebenaran, keiklasan dalam mencapai tujuan. Sedangkan Warna Kuning Emas melambangkan Kejayaan, kebahagian dan kemuliaan.
Selain itu pemilihan ketiga warna itu sangat berhubungan dengan warna Jersey PSM kedepannya. Warna merah akan menjadi warna jersey Home, Putih menjadi Jersey Away, sedangkan warna kunig keemasan akan menjadi warna Alternatif.


Color Pantone


Makna Keseluruhan

Secara menyeluruh Logo ini ingin mempresentasikan PSM sebagai Jawara Sepakbola Sejati seperti julukan “Ayam Jantan dari Timur” sebagaimana julukan ini juga disematkan Kepada Tokoh Sulsel yang sangat disegani dan diakui Kejayaannnya yaitu Sultan Hasanuddin.
Logo ini juga berusaha menghimpun semangat warga masyarakat Sulsel ke dalam Dunia Sepakbola. Kejayaan PSM Makassar tentunya akan membawa kejayaan Pula bagi Masyarakat Timur pada Umumnya dan Terkhusus Buat Sulsel dan Kota Makassar, Markas utama PSM Makassar.



Proses Pembentukan Logo

Explorasi Bentuk


Aplikasi Pada Media




Aplikasi Pada Jersey

Aplikasi Pada Kaos Kaki

Aplikasi Pada Sepatu


Terima Kasih.

Dukungan Kepada logo ini agar bisa menjadi juara bisa anda berikan Via Instagram di instagram psm_makassar dengan hastag #sayembarapsm atau bisa langsung di link ini

Original design By Yusufsangdes 
Twitter: @YusufSangdes
Fb: Muh Yusuf Sangdes
 Instagram: yusufinstagram

See My Vector Portofolio 
My latest images for sale at Shutterstock:


My most popular images for sale at Shutterstock:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. keren mas :) kunjungi juga blog saya sesama designer indonesia alakazzam-kit.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. menurut saya bagusan logo ini dibanding logo baru yang dipakai sekarang. mungkin sisa ayam janntannya diganti pinisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Apresiasi dan Masukannya om

      Delete