Home » , , , » Makna Logo Seratus Tahun PSM Makassar Karya Yusuf Sangdes

Makna Logo Seratus Tahun PSM Makassar Karya Yusuf Sangdes

Posted by SangDes Stock on 2/01/2015

Makna Logo 100 Tahun PSM Makassar (Juara 1 Sayembara Logo 100 Tahun PSM)

Penjelasan Umum

Secara umum bentuk dasar logo ini adalah Bentuk angka 100 dengan warna Kuning Keemasan. Pada angka 1 Terdapat sebuah Bintang kuning yang menyalah terang sebagai sebuah Kejayaan. Dan Pada angka selanjutnya yaitu “0” yang dihasilkan dari perpaduan Bentuk Ayam Jantan yang ornamental dan Lingkaran Benteng atau bisa juga bentuk Detik-detik jam sebagi penanda perputaran waktu atau masa dan bagian tengah terdapat Bola yang terus bergulir mengikuti masa Kejayaan PSM. Pada angka “0” Selanjutnya terdapat Perahu Phinisi yang berlayar mengarungi Dunia dan dibagian bwahnya terdapat tulisan 1915-2015. Hal ini ntuk mewakili perjalanan PSM Makassar yang ke-100 tahun dan akan terus berjalan dari Masa ke Masa, seperti Phinisi yang akan terus berlayar mengelilingi dunia.

Penjelasan Khusus/ Perbagian

Penjelasan makna berikut sedikit banyak ada kesamaan dengan penjelasan makna Logo PSM Makassar yang saya ikutkan juga pada Sayembara ini.

1. Bentuk Angka Satu dengan Bintang pada bagian Atasnya. Bentuk ini adalah sebuah harapan yang besar untuk PSM Makassar untuk selalu menjadi nomor 1 atau Jawara serta Berjaya di kancah persepakbolaan Professional.

2. Bentuk Ayam Jantan dengan Gaya Ornamental.  Bentuk ini ingin menggambarkan bahwa Ayam Jantan sebagai Maskot PSM Makassar ini menghimpun Nilai-nilai Budaya Masyarakat Sulsel dan Historis PSM selama 100 Tahun. Sebagai contoh budaya Siri’ Na Pacce dll.
Bentuk ini terinspirasi dari julukan Tim PSM yaitu “Tim Ayam Jantan dari Timur”. Bentuk ayam jantan pada logo ini menghadap ketimur hal ini melambangkan julukan PSM sendiri dan asal PSM. Jumlah ornament bulu ayam yang terdapat pada ayam ini sebanyak Tiga melambangkan Faktor utama kesuksesan sebuah tim, yaitu adanya Pemain/Pelatih yang kompak, Manajemen dan Tentunya Sponsor sedangkan dukungan Supporter termasuk Pemerintah dilambangkan pada bagian warna kuning yang berada pada bagian bahwa ornament ke-3.

3. Bentuk Benteng yang melingkar atau Bentuk Detik Jam sebagai Angka “0” pertama.
Bentuk benteng yang melingkar ini adalah semangat Jalinan Kekompakan dan soliditas dalam diri Tim PSM yang terus berjalan seiring waktu dan sekarang yang ke- 100 tahun. Dan akan terus berputar dari masa-masa kemasa hingga PSM benar-benar menjadi Jawara Sejati.  Bentuk benteng ini tentu saja terinspirasi dari bentuk Fort Rotterdam sebagai ciri khas Kota Makassar. Bagian menonjol pada benteng ini berjumlah 23 yang menggambarkan Terdapat 22 Pemain dan 1 Pelatih sebagai gambaran Tim Sepakbola yang solid. Bentuk benteng ini juga Melambangkan Kejayaan PSM.

4.Bola berwarna Emas. Bola ini menggambarkan semangat pantang menyerah untuk menggapai kemenangan hingga menit-menit terakhir. Seperti bola yang terus bergulir hingga waktu 90 menit benar- benar berakhir hingga peluit wasit ditiup. “Ewako PSM”.
5. Angka “0” ke-2 dengan Gambar Kapal Phinisi Berlayar pada bagian dalam. Hal ini ingin menggambarkan Semangat Kapal Phinisi yang selalu mengiri perjuangan PSM Makassar sejak tahun 1915-2015 hingga seterusnya. Kapal phinisi adalah merupakan salah satu Ikon Sulsel yang menghimpun budaya masyarakat Sulsel yang berlayar kemana-mana untuk meraih Kejayaan.

6.Tulisan PSM Makassar diatas Pita Merah. Tulisan ini sebagai nama Tim yaitu Persatuan Sepakbola Makasar (PSM Makassar). Font yang digunakan adalah font Arial Black yang tegas. Bentuk pita sendiri untuk melambangkan bahwa PSM adalah milik Masyarakat. Hubungan antar Tim, manajemen dan seluruh elemen masyarakat ini akan terus dijalin. Karena kejayaan PSM Makassar adalah Kejayaan Masyarakat Sulsel pada umumnya dan Kota Makassar pada khususnya.

Penjelasan Warna

Logo ini menggunakan Dua warna yaitu Warna Kuning Emas dan warna Merah. Warna Kuning Emas untuk melambangkan bahwa Usia 100 Tahun adalah usia emas dan menggambarkan kematangan Pengalaman. Warna ini juga melambangkan Kejayaan, kebahagian dan kemuliaan. Warna Merah melambangkan Semangat membara, keberanian dan kekuatan, warna merah juga merupakan warna Utama dari Tim PSM Makassar, sehingga warna ini akan selalu ada.

Makna Keseluruhan
Secara menyeluruh Logo ini ingin mempresentasikan Rangkuman Masa Keemasan PSM Makassar selama 100 tahun. Serta sebagai ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan dukungan semangat yang tanpa henti demi Kejayaan PSM Makassar. 

Aplikasi Pada Media
Aplikasi Pada Kaos
Aplikasi pada Jersey

Aplikasi Pada Plakat
Aplikasi Pada HandBag

@YusufSangdes
Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment