Home » , » Peran Desain Grafis dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia

Peran Desain Grafis dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia

Posted by SangDes Stock on 7/22/2016


Tahun 2016 ini, negara kita tercinta Indonesia telah berumur 71 Tahun. Jika diandaikan sebagai manusia maka  Negara kita sudah berumur renta. Tapi semakin tua umur suatu negara maka semakin maju perkembangan peradaban masyarakatnya.

Sebagai negara terbesar dan terluas secara geografis maka Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keaneka ragaman itu disatukan oleh sebuah lambang negara yaitu Pancasila. Lambang ini digambarkan dalam bentuk burung Garuda berwarna emas. 

Berbicara tentang lambang maka tentunya kita berbicara tentang satu bidang Ilmu yaitu Desain komunikasi Visual. Bidang ilmu ini tentunya juga mempunyai peran penting terhadap perkembangan negara kita. Meskipun tak semua orang menyadari bahwa Popularitas negara kita sedikit banyak disebabkan oleh Lambang Negara kita serta Bendera kita. Yang tentu saja semua itu adalah produk grafis.

Beberapa orang diluar negeri cenderung lebih mengenal negara kita lewat lambang negara atau Warna bendera kita. Salah satu buktinya adalah tim sepak bola kita yang mendapat julukan pasukan Garuda. Lambang Garuda kita tentunya mengasosiasikan Negara Indonesia.

Beberapa kenyataan diatas memperlihatkan bahwa Peran Desain Grafis sangat besar dalam memajukan negara kita. Mulai dari pengenalan wisata melalui branding "Pesona Indonesia" hingga branding di bidang Olahraga cukup membuktikan bahwa bidang ilmu ini sangat mempengaruhi peran Indonesia dalam tatanan kehidupan di dunia.

Hal-hal diatas sangat berkesesuaian dengan fungsi desain grafis secara umum yaitu merupakan cara berkomunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan fasilitas gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Secara umum, orang akan lebih cepat menerima pesan dalam bentuk visual dibandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual juga lebih universal ditangkap oleh manusia dengan berbagi latar belakang yang berbeda.

Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan ini bahwa desain grafis bukan hanya dimanfaatkan dalam desain komunikasi dan fine art tetapi sudah meliputi berbagai kehidupan masyarakat yaitu:

1. Di Bidang Pendidikan

Salah satu fungsi desain grafis dalam dunia pendidikan adalah untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata yang dapat dilakukan power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya. Semua itu adalah produk-produk grafis yang dihasilkan oleh desainer grafis.

2. Di Bidang Hiburan

Dunia hiburan adalah dunia yang selalu mempertontonkan berbagai produk grafis. Seperti acara-acara TV. Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh tampilan grafis yang menarik. Biasanya berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

3. Di Bidang Perancangan

Di bidang ini bisa dikatakan adalah bidang dimana disain grafis berkembang sangat pesat. Peran dan manfaatnya pun semakin besar. Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Berdasarkan penjelasan diatas bahwa Desain Grafis ternyata memiliki peran besar dalam peringatan Ulang Tahun Indonesia setiap tahunnya. Hal itu bisa dilihat dari adanya pergantian logo Ulang Tahun Indonesia dalam tiap perayaannya.


Yusufsangdes | 2016



My Latest Portofolio:

My latest images for sale at Shutterstock:


My most popular images for sale at Shutterstock:


Order your Professional Logo here:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment