Home » » FAQ | Frequently Asked Quenstions seputar Microstock

FAQ | Frequently Asked Quenstions seputar Microstock

Posted by SangDes Stock on 8/20/2017

Ketika pertama kali saya membuat blog yang berisikan seputar Bisnis Microstock dan Desain Grafis, banyak sekali orang yang bertanya. Utamanya seputar bisnis microstock. Karena latar belakang itulah maka saya menerbitkan FAQ ini sebagai jawaban atas beberapa pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di blog ini. Semoga dengan adanya FAQ ini pertanyaan yang pernah muncul di blog ini bisa terjawab dengan jelas.

Berikut adalah FAQnya:

Seputar Shutterstock:

Bagaimana cara daftar di Shutterstock? 
Caranya sangat mudah tinggal klik link dibawah ini kemudian sign up. Untuk cara lengkapnya baca disini. Sign Up disini


Apakah jika kita sudah daftar kita langsung bisa jualan Vector?
Tentu saja belum, kita perlu verifikasi dulu keabsahan akun kita. Caranya kita harus memepersiapkan ID resmi kita yaitu berupa Passport, nah setelah itu kita harus upload 10 vector eps.10. Kemudian kita menunggu masa review dari tim reviewer shutterstock  kurang lebih 6 hari kerja. 

Apakah yang harus kita lakukakan jika Vector yang kita upload tidak diterima oleh tim reviewer Shutterstock?
Yang kita lakukan adalah memperbaiki vector kita sesuai dengan instruksi penolakan dari tim reviewer. Kemudian upload lagi jika masa upload kembali tersedia. Jika 7 dari 10 vector yang kita upload sudah diterima dan ID kita sdah disetujui itu artinya kita telah resmi menjadi contributor shutterstock dan mulai berjualan.
Selain passport apakah ID lain juga bisa dipergunakan untuk verifikasi akun?
Untuk Shutterstock, ID yang dipergunakan harus passport. Akan tetapi untuk beberapa agency kita bisa menggunakan ID lain selerti Driver Licence (SIM) dan KTP

Boleh gak kita menggunakan passport orang lain untuk verifikasi akun di Shutterstock?
Boleh asalkan data ketika sign up nanti harus sesui dengan data yang di passport. Misalnya menggunakan email yang nama dan data lainnya harus sesuai dengan data passport.

Apakah menggunakan passport orang lain untuk verifikasi bukan tindakan ilegal?
Tentu saja tidak karena passport itu kita pergunakan hanya sekedar memastikan bahwa kita benar-benar seorang warga negara di suatu tempat bukan untuk penggunaan yang salah atau memanfaatkan data orang lain untuk aktifitas ilegal.

Bisakah anda memandu saya untuk mendaftar?Jika ya, apa yang harus saya persiapkan?
Ya tentu saja bisa. Kamu hanya mempersiapkan 2 hal penting yaitu Passport dan 10  vector berbasis Eps.10, untuk kriteria jenis vectornya silahkan baca disini


Bisakah kita mempunyai Dua akun Contributor?
Ya tentu saja bisa. 2 ataupun 3 bisa. Asalakan Passport dan Karya yang kamu upload pada masing-masing akun itu berbeda. Selain itu juga menggunakan metode pembayaran yang berbeda. Hal ini sesuai dengan TOS Shutterstock dibawah ini:

"Shutterstock's contributor Terms of Service limits the number of accounts you can create to one per person:

"...You may not have more than one active contributor account at any time without the written consent of Shutterstock in each instance. If such consent is granted, you may not submit identical Content to more than one account." (section 3d)

Since each person or entity can only own one portfolio, a second account can therefor only be accepted if that account is under the name of a different entity with its own copyrighted material. Additionally, you may not share content between the two accounts, each account must have its own owner with its own content.

For example, if you also own a company, you would be allowed to have one account under your name and one under the company name, but you would not be allowed to have two accounts under your company name. Please read these instructions to sign up as a business." Sumber: www.shutterstock.com

Selain shutterstock, situs microstock apa lagi yang bisa kita ikuti? 
Ada banyak misalnya istockphoto, depositphotos atau fotolia. Akan tetapi untuk pemula saya sarankan untuk daftar di shutterstock dulu, selain karena tingkat penjualannya yang cepat , tata cara dan kriteria vector yang di upload juga sangat mudah. Dan Vector yang telah memenuhi kriteria Shutterstock, pastinya juga telah memenuhi kriteria situs microstock lainnya.

Bagaimana cara pembayaran di Shutterstock?
Cara pembayaran di Shutterstock ada 4 cara yaitu melalui Paypal, Check dan Money skrill. Kalau saya sendiri menggunakan Paypal karena pembayarannya yang mudah dan cepat.

Seputar Fotolia/Adobe stock:

Pertanyaan 1:..................................
Pertanyaan 2:..................................

Seputar Istockphoto:
Pertanyaan 1:..................................
Pertanyaan 2:..................................


Inilah beberapa FAQ yang ada saat tulisan ini dibuat. Jika Anda memilik pertanyaan lain yang tidak terdapat pada FAQ ini silahkan tanyakan di kolom komentar sehingga kami bisa menjawabnya segera.

(Baca: Cara mudah desainer Grafis meraup Dollar di Internet)


Yusufsangdes | 2016

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment