Home » , » Fiverr, Ladang Berburu Dollar bagi Freelancer

Fiverr, Ladang Berburu Dollar bagi Freelancer

Posted by SangDes Stock on 8/19/2016

Cover ArtikelFiverr adalah salah satu Marketplace Global yang menawarkan pekerjaan dan jasa berbasis online. Harga jasa yang ditawarkan mulai dari $5 (Five). Situs ini kebanyakan dimanfaatkan oleh freelancer untuk menawarkan layanan jasa atau keahlian yang disebut Gig kepada seluruh pelanggan di seluruh dunia. Begitu juga sebaliknya sebagai perantara bagi orang-orang yang membutuhkan jasa atau keahlian (Out Source)

Di Indonesia sendiri, Fiverr banyak dimanfaatkan oleh freelance desainer untuk berburu Dollar. Meskipun jasa yang ditawarkan terbilang murah. Akan tetapi jika kita pandai mengatur dan menawarkan harga pendapatan kita bisa berlipat-lipat. Singkatnya Fiverr adalah ladang subur untuk berburu Dollar. Sebagai contoh salah satu orderan saya di bawah ini:

Crazy Logo cover
Klik untuk Contoh halaman Fiverr Seller
Sejarah Singkat

Fiverr didirikan oleh Shai Wininger dan Micha Kaufman pada tahun 2009 . Pada tahun 2010 fiverr pertama kali meluncurkan websitenya dan pada tahun 2012 terdapat 1,3  hosting lebih dari 1,3 juta Gigs. Volume transaksi situs telah tumbuh 600% sejak tahun 2011. Selain itu, Fiverr.com telah peringkat di antara 100 situs paling populer di Amerika Serikat dan atas 150 di dunia sejak awal 2013. 

Hingga saat ini sudah ada sekitar puluhan juta Gig dengan nilai transaksi berkisar antara $5 sampai $1000. Layanan yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari jasa Desain Grafis, jasa penulisan, Video hingga Jasa apapun yang bisa dikirm dalam bentuk digital dapat anda temui di fiverr.

www.sangdes.blogspot.com
Shai Wininger (Kiri) dan Micha Kaufman (Kanan)
Pada tanggal 3 Mei 2012, Fiverr mendapat bantuan dana US $ 15 juta dana dari Accel Partners dan Bessemer Venture Partners, sehingga total dana perusahaan mencapai US $ 20 juta. Pada Desember 2013, Fiverr merilis aplikasi iOS mereka di Apple App Store. Maret 2014, Fiverr merilis aplikasi Android mereka di toko Google Play. 

Keuntungan Berjualan di Fiverr

Sangat banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan Fiverr sebagai marketplace. Manfaat itu bisa dirasakan oleh Freelance baik sebagai penjual ataupun pembeli, dan tentu saja keuntungan terbesar itu pada Fiverr sendiri.

Bagi freelance (Seller)

Seperti yang saya jelaskan pada awal tulisan ini bahwa di Indonesia beberapa freelance desainer memanfaatkan fiverr untuk berburu dollar. Berbagai macam variasi Gig dapat kita tawarkan di sini. Misalnya jasa pembuatan logo, jasa pembuatan website, tulisan, terjemahan sampai jasa video promosi. Jasa yang kita tawarkan itu akan dibayar dengan Dollar, Jika jasa yang kita tawarkan senilai $5 , maka keuntungan yang kita dapat adalah $4, karena secara otomatis Fiverr akan memotong $1 dari tiap transaksi kelipatan $5. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa harga jasa yang ditawarkan dibeli dengan murah, akan tetapi buktinya banyak orang telah membuktikan bahwa merekla bisa sukses di Fiverr.

(Baca: Cara mudah Desainer Grafis Meraup Dollar di Internet
crazylogo
Contoh layanan Jasa desain logo
Bagi Pembeli (Buyer)

Banyaknya Gig yang ditawarkan oleh Seller membuat pembeli juga banyak berdatangan. Aneka kebutuhan jasa dapat terpenuhi melaiui fiverr dengan cepat dan tepat sasaran. Menurut pengalaman saya secara pribadi jumlah pembeli trebanyak adalah pembeli yang membutuhkan jasa desainer grafis dan Video Promosi. Pembeli-pembeli itu biasanya datang dari Biro-biro desain, Agency Iklan, Media massa atau bisa juga personal. Jadi keuntungan bagi pembeli yaitu adanya kemudahan dalam menemukan tenaga ahli untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan harga yang terjangkau pula namun tetap dengan kualitas yang memadai.

Lalu Apa Keuntungan Yang di Dapat oleh Fiverr sendiri?

Tentunya keuntungan terbesar itu didaptkan oleh Fiverr. Karena sebagai perantara , Fiverr.com memotong 20% dari setiap deal atau transaksi yang terjadi, sehingga para seller hanya akan mendapat $4 ke paypal nya setelah dipotong oleh pihak fiverr $1. Konsep ini memang cukup simple namun berhasil dan booming sekali beberapa tahun belakangan ini. Bayangkan njika dalam sehari terjadi transaksi sekitar $5000 maka keuntungan yang diperoleh sekitar $1000.

(Baca: Kumpulan Artikel tentang Microstock)

Nah, demikian lah sedikit penjelasan tentang Fiverr. Jika anda adalah seseorang yang punya keahlian dalam satu bidang yang bisa didigitalisasi maka Anda mungkin punya kesempatan untuk berburu Dollar di fiverr. Keahlian yang saya maksud adalah Desainer, Fotografer, atau Videografer dan bahkan Writter. Jadi tunggu apalagi, saatnya anda memsarkan keahlian anda di fiverr dan segera dapatkan $5 pertama anda.

Bagaimna cara kerja di Fiverr?

Untuk cara kerja di Fiverr sangat Mudah. Setelah kita daftar kita cuma perlu membuat sebuah Gig atau Semacam Display atau Tawaran jasa berisi Portofolio dan Penjelasan Singkat (Silahkan lihat Contoh Gig saya disini). Nah, setelah kita membuat Gig yang perlu kita lakukan adalah dengan mempromosikan gig kita, atau bisa juga kita menawarkan gig kita di kolom Penawaran dari Para Buyer. Jika berhasil maka beberapa Buyer akan mulai memesan Jasa kita!!!Jika sudah seperti ini maka kita layani Pembeli kita dengan baik....Semakin bagus pelayanan kita semakin naik rating kita dan...secara otomatis semakin banyak buyer yang akan menggunakan jasa kita...Dan Dollar kitapun semakin melimpah!!!


Yusufsangdes | 2016
--------------------------------------------------------------------------------------
Try our Fiverr Logo Service here:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Mau ka juga e... Kalo ada bisa ta bagi2, emailkan ka nah Cika..

    ReplyDelete