Home » , , » Makna dan Filosofi Logo Olimpiade Rio Brazil

Makna dan Filosofi Logo Olimpiade Rio Brazil

Posted by SangDes Stock on 8/24/2016

Olimpiade Rio Brazil 2016 Baru saja usai. Para pemenang telah menikmati hasil perjuangan mereka. Bagi sebagian juara, moment yang terselenggara setiap 4 tahun ini tak akan terlupakan. Bukan karena hanya euphoria nya yang luar biasa dalam tiap pelaksanaannya. Akan tetapi adanya peran logo yang selalu meikat hati masyarakat, termasuk logo Olimpiade Rio 2016 kali ini.

Proses Sayembara dan Sekilas Penciptaan Logo

Pembuatan logo ini terbilang membutuhkan banyak waktu. Setelah dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2016, Rio de Janeiro langsung tancap gas mempersiapkan kotanya untuk event yang sudah ada sejak jaman Yunani kuno ini. Salah satunya adalah mempersiapkan logo Olimpiade Rio 2016.

Ketika kontes pembuatan logo ini disayembarakan, ada sekira 140 agensi dari seluruh dunia yang ikut berpartisipasi kemudian tersaring sebanyak delapan saja. Tak seberapa lama akhirnya terpilih satu tim agensi lokal yang desainnya terpilih sebagai logo Olimpiade Rio 2016 ini. Adalah seorang desainer yang bernama Frederico Gelli yang merupakan salah satu Tim desainer dari Agency yang juara itu mendesain logo tersebut. Dikutip dari creativebloq.com dia menjelaskan bahwa logo tersebut menggambarkan kebudayaan lokal tetapi di satu waktu secara universal bisa dipahami oleh orang banyak.
Sketsa-sketsa penciptaan logo. Sumber loop.co.id

Beberapa jam sebelum Perayaan tahun Baru 2011 logo Olimpiade Rio 2016 di launching dan diperkenalkan kepada publik . Setelah sebelumnya melewati berbagai proses yang berliku.

Logo yang baru launching ini mencerminkan visi Rio dan Brazil terhadap Olimpiade kali ini, setidaknya hal itu diungkapkan oleh Presiden IOC, Jacques Rogge. “Logo yang sangat inovatif dan kreatif. Itu sangat mencerminkan visi Rio dan Brasil terhadap Olimpiade”, ujar Rogge. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim dari Rio yang desainnya terpilih sebagai logo Rio 2016”, lanjutnya.


Makna dan Filosofi

Logo ini disusun atas tiga warna yang tak lain merupakan warna kebanggaan Brazil yaitu hijau kuning dan biru. Warna hijau yang menggambarkan wilayah Rio yang hijau dengan pepohonan, kuning simbol dari matahari, dan biru simbol dari laut. 

Selain itu, terdapat tiga orang yang saling bergandengan tangan dan sedang menari. Jika di lihat dengan teliti, bentuk outline logo ini berirama mengikuti bentuk  lekuk sebuah bukit yang menjadi ikon kota Rio yaitu lekuk Sugarloaf Mountain

Sugarloaf Mountain

Logo ini termasuk logo dengan terobosan baru karena ditampilkan secara 3 Dimensi. Sangat  berbeda dengan logo-logo Olimpiade sebelumnya yang hanya berbentuk flat atau 2 Dimensi. Hal ini sesuai dengan semangat komite olimpiade Rio de Janeiro untuk menyajikan olimpiade yang modern, futuristik dan Canggih. Dibandingkan dengan Logo Olimpiade London 2012 sebelumnya, logo ini bebas dari berbagai Kontroversi baik isu Plagiat maupun isu Agama.

Logo ini juga dibuat berdasarkan kepada empat pilar, antara lain; penularan energi, keberagaman yang harmonis, alam yang riang dan semangat Olimpiade. "Logo untuk Rio 2016 mengirim pesan tentang gairah dan transformasi. Gairah warga Carioca (sebutan warga Rio) dan Brasil dalam hal olahraga dan perayaan," ujar Presiden Panitia Rio 2016, Carlos Nuzman, seperti dikutip ESPN

Maskot Logo Olimpiade Rio 2016

Setelah logo Olimpiade Rio 2016 ini tercipta, maka seperti Olimpade-olimpiade sebelumnya sebuah logo selalu didampingi sebuah Mascot.  Pada tanggal 23 November 2014 sosok mascot bernama Vinicus akhirnya diperkenalkan. Vinicius adalah sejenis kucing yang memiliki bulu berwarna kuning dan hewan tersebut mewakili kekayaan fauna Brasil yang beragam.

Vinicius, mascot Olimpiade Rio 2016. Sumber Liputan6.com

Vinicius juga memiliki keseimbangan seperti monyet, dan keanggunan seperti burung. Dia sangat lentur, mempunyai kaki dan tangan yang bisa memanjang tanpa batas. "Namaku Vinicius, maskot Olimpiade Rio 2016. Aku hasil campuran dari berbagai binatang lokal Brasil," demikian ucapan Vinicius di situs resmi olimpiade. Sekilas Mascot ini menyerupai Marsupilami, salaha satu tokoh kartun yang pernah populer di layar TV.


Sedangkan nama Vinicius sendiri didapatkan lewat poling dari tiga nama: Oba, Tuque, dan Vinicius. Seperti dilansir NBC Sports, Vinicius pada akhirnya meraup suara sebanyak 44 persen dari 323.327 suara. 

Nah, sudah tahu kan tentang makna dan Filosofi Olimpiade Rio 2016 yang baru saja berlalu. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang membaca tulisan ini. Selanjutnya saya kan membahas tentan makna dan Filosofi logo Olimpiade Tokyo 2016.

Yusufsangdes | 2016

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Di Sini

Event

Banner_Akba_Rev

Ads