Home » , , , » Makna Logo Baru PDAM Kota Makassar

Makna Logo Baru PDAM Kota Makassar

Posted by SangDes Stock on 8/10/2016

Sebelum berbicara panjang lebar tentang Makna Logo PDAM Kota Makassar. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sekilas PDAM Kota Makassar beserta Visi misinya. Karena berdasarkan kedua hal itulah maka Logo baru ini tercipta.

Sekilas PDAM Kota Makassar

Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar, terus menerus mengalami perkembangan melalui tahap demi tahap dalam lintasan sejarah yang cukup panjang, berawal pada tahun 1924 dengan dibangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) I Ratulangi oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama Waterleidjding Bedrijf kapasitas produksi terpasang 50 l/d, kemudian pada jaman pendudukan Jepang tahun 1937 ditingkatkan menjadi 100 l/d, Air baku diambil dari Sungai Jeneberang terletak 7 km disebelah selatan kota, dipompa melalui saluran tertutup ke Instalasi Ratulangi. 

Visi dan Misi PDAM Kota Makassar

Visi

  • Mewujudkan menjadi salah satu perusahaan air minum terbaik, mandiri dan profesional berwawasan global

Misi

  • Memberikan pelayanan air minum sesuai standar kesehatan dengan tersedianya air baku yang optimal
  • Menyediakan air minum yang berkualitas, kuantitas dan kontinuitas
  • Memenuhi cakupan layanan air minum yang maksimal kepada masyarakat
  • Menjadikan perusahaan yang professional dengan sumber daya yang berkompetensi dan berdaya saing tinggi
  • Memenuhi kinerja keuangan yang mandiri dan produktifitas yang efisien dan efektif serta berdaya saing global

Makna Umum

Secara umum logo ini bermakna “ Air bersih untuk semua Lapisan Masyarakat”. Hal itu terlihat dari bentuknya, yaitu berupa Tetesan air yang berada diatas aliran air yang terus mengalir keseluruh lapisan masyarakat. Aliran air bermakna keseluruhan dan wawasan global. Makna ini sangat berkesesuain dengan Visi dan Misi dari PDAM Makassar.

Makna Perbagian

Logo ini terdiri atas 4 Bagian utama yaitu; 

  1. Tetesan air. Tetesan air ini bermakna bahwa PDAM Makassar adalah sebuah perusahaan air. Tetesan ini berwarna biru muda melambangkan harapan dan warna air itu sendiri serta bermakna bahwa PDAM merupakan penyedia Air  bersih untuk masyarakat Makassar dan sekitarnya.
  2. Layar Phinisi. Merupakan ciri khas kota Makassar, yang menandakan bahwa PDAM ini berlokasi di Makassar. Layar ini berwarna biru tua melambangkan kedalaman wawasan dalam pengembangan sumber daya manusia
  3. Daun. Bentuk ini melambangkan alamiah (langsung dari alam), bersih, pertumbuhan dan kesehatan. Warna hijau pada daun melambangkan bahwa PDAM merupakan penyedia air bersih yang langsung diperoleh dari alam.
  4. Aliran sungai. Bentuk ini melambangkan wawasan global, luas dan Dinamisasi. Hal ini juga menggambarkan bahwa cakupan PDAM Makassar bersifat menyeluruh dan senantiasa memenuhi kebutuhan air masyarakat. Aliran air berjumlah 3, bermakna Hubungan dan peran ketiga sektor yaitu Pemerintah, Perusahaan (Industri) dan Masyarakat dalam menjaga kelestarian air
Typography dan Penerapan Logo pada Background yang berbeda

Logo ini menggunakan Font Gotham dengan sedikit modifikasi. Penggunaan huruf ini untuk menggambarkan PDAM Makassar adalah sebuah lembaga profesional. Hal itu terlihat dari bentuk huruf yang tegas. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini:
Skala Penerapan Logo dan Jenis typografi

Intensitas Logo pada Berbagai Background

Nah demikian penjelasan dari saya mengenai Makna logo Baru PDAM Kota Makassar yang saya ikutkan dalam Sayembara Logo PDAM Kota Makassar 2016. Meskipun tidak juara akan tetapi saya merasa perlu untuk mempublikasikan logo yang saya buat sebagai bahan pelajaran bagi para pencinta logo.


Yusufsangdes | 2016
Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment