Home » , , » Makna Logo Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Makna Logo Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Posted by SangDes Stock on 8/10/2016

Makna Logo Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia secara resmi telah dirilis pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada 25 Mei 2016 lalu, dan gambarnya pertama kali diperlihatkan ke masyarakat pada hari yang sama di acara “Sudut Istana” TVRI episode 8 dengan tema “Ekonomi Kreatif di Era Digital”, menghadirkan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Triawan Munaf; dan Kepala Sekretariat Presiden RI, Darmansjah Djumala. Selanjutnya masyarakat bisa mengakses logo tersebut di website Kemensetneg mulai 6 Juni 2016. Setelah diluncurkan timbul banyak pertanyaan terkait makna logo Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI ini. Nah, karena hal itulah sehingga penulis ingin mengupas tuntas makna logo ini sekaligus beberapa isu plagiat yang muncul terkait dengan bentuk logo ini.

1. Makna Logo

Ketika Pertama kali melihat logo Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, secara pribadi saya menlihat bahwa logo ini terlihat seperti Lingkaran yang pecah atau Bumi yang terpecah menjadi 2 oleh angka 71.  Saya akhirnya merasa kurang sreg dengan logo ini karena cenderung bermakna jelek. Yaitu Bahwa Indonesia di usia yang sudah renta ini akan hancur menjadi beberapa Negara. Tapi ternyata saya salah.

Setelah mencari beberapa informasi terkait logo yang dibuat Sekjen Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI). Akhirnya saya menemukan makna sebenarnya dari logo ini. Melalui akun twitter pribadinya: @triawan, Kepala Bekraf pun memberi penjelasan. Menurut Kepala Bekraf, konsep Logo HUT RI ke 71 adalah: Sebagai bentuk kerja nyata yang berkesinambungan maka visual 71 tahun indonesia merdeka memiliki bentuk yang berkelanjutan dari logo 70 Tahun Indonesia merdeka.  Pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia. Silahkan lihat gambar dibawah:


Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-“satu”, bahu membahu bekerja menembus segala rintangan. Secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya. 

Rilis logo 71 Tahun Indonesia Merdeka secara resmi tertuang dalam surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara yang ditandatangani Sekretaris Setneg Setya Utama Nomor : B-1651/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/05/2016 tanggal 25 Mei 2016 tentang Penyampaian Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 kepada Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Perwakilan RI di Luar Negeri, Para Gubernur Provinsi di Seluruh indonesia, dan Para Bupati serta Walikota di Seluruh Indonesia.

2. Isu Plagiat

Ketika pertama kali logo ini tampil di masyarakat maka timbul beberapa kontroversi terkait dengan isu plagiat. Ada yang mengatakan bahwa logo ini mirip dengan logo 71st Infantry Division WW II. Coba perhatikan gambar dibawah:


Triawan Munaf, saja mengakui kedua logo ini emang mirip.

“Logo yang berdasarkan angka itu memang ada kecenderungan kemiripan,” kata Triawan seperti dikutip Tempo.

Namun Triawan membantah kalo logo yang dibuat Sekjen Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) ini ngejiplak logo Infantry Division AS yang udah ada dari tahun 1943. Menurut Triawan kesamaan dalam desain logo itu sesuatu yang lumrah.

“Coba googling saja angka 45, logo 45. Ada ratusan logo yang mirip 45 kan?” Triawan berargumen.

Namun kalau diperhatikan secara saksama memang cuma bentuk angkanya dan frame bulatnya saja yang mirip. Tapi yang logo kita itu bulatannya gak penuh, jadinya kayak membentuk baling-baling. Katanya sih itu emang sengaja, karena baling-baling itu jadi simbol komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia.

Semoga bermanfaat

Yusufsangdes | 2016

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment