Home » , » 10 Microstock Terbaik untuk Berjualan Vector dan Foto (Bagian Pertama)

10 Microstock Terbaik untuk Berjualan Vector dan Foto (Bagian Pertama)

Posted by SangDes Stock on 8/24/2016

Dalam dunia desain grafis mulai berkembang bisnis Microstock Photography dan Microstock Vector. Hal ini terjadi karena banyaknya keuntungan yang bisa kita peroleh dengan berjualan foto atau berjualan vector utamanya bagi desainer atau fotografer. Dengan berjualan foto dan vector di website-website Microstock kita bisa mendapat bayaran berupa Dollar.


Namun tak semua website Microstock Photography dan Microstock Vector bisa mendatangkan Dollar dengan cepat, hal ini karena dipengaruhi oleh tingkat Penjualan dan tingkat earning yang diberikan berbeda-beda. Sehingga sengaja tulisan ini saya buat untuk merekomendasikan 10 Microstock Website terbaik untuk berjualan foto dan vector. Susunan ini berdasarkan release dan nilai yang diberikan oleh Microstockgroup.com .

Berikut adalah ke-10 Microstock Website dan penjelasanya secara ringkas:

1.Shutterstock

Shutterstock adalah Microstock Website terpopuler sekarang ini. Sejak didirikan oleh Jon Oringer (http://jonoringer.com/) pada tahun 2003 di New York City , Shutterstock telah merajai pasar  penyedia terkemuka gambar digital berlisensi  atau Microstock yang beroperasi di lebih dari 150 negara dengan 20 bahasa . Misi Shutterstock adalah untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan fotografer terbaik , vector maker , ilustrasi dan video dari ribuan kontributor di seluruh belahan dunia. 

Laman depan Tampilan Website Shutterstock
Dibanding dengan Microstock website lainnya, Shutterstock menempati urutan pertama jumlah earning terbesar berdasarkan release Microstockgroup.com. Microstockgroup sendiri adalah forum bagi Microstocker untuk saling berbagi info seputar Microstock.


2.Istockphoto atau Istock

Hampir sama dengan Shutterstock, iStock adalah Microstock Website populer bagi desainer dan fotografer. Namun tingkat penjualan dan earning masih dibawah Shutterstock. Kelebihan Istock adalah tersedianya dua pilihan jenis contributor, yaitu Unusual contributor dan Exclussive contributor, perbedaan keduanya terletak pada kebebasan menjual foto atau vector. Jika Unusual contributor bisa menjual karya mereka di semua Microstock website selain Istock sedang Exclussive contributor  hanya bisa di Istock saja. Akan tetapi keuntungan Exclussive contributor  justru memberikan tingkat earning yang berkali-kali lipat.

Laman depan Tampilan Website istockphoto

Istock sendiri  didirikan oleh Bruce Livingstone Mei 2000. Awalnya iStockphoto adalah situs citra saham gratis. Pada tanggal 9 Februari 2006 iStockphoto diakuisisi oleh Getty Images sebesar $ 50 juta USD. iStock menawarkan jutaan foto, ilustrasi, clip art, video dan track audio. Gambar biaya antara 1 dan 150 kredit, tergantung pada ukuran dan gambar koleksi (dengan kredit mulai dari $ 0,95 ke $ 1,50 USD [1] masing-masing). Seniman berbakat, desainer dan fotografer di seluruh dunia berkontribusi untuk memenuhi koleksi iStock.

3.Fotolia

Fotolia didirikan oleh Thibaud Elziere, Oleg Tscheltzoff dan Patrick Chassany pada bulan November 2005.  Namun pada awal 2015 Adobe mengakuisisi Fotolia dengan harga pembelian dengan nilai yang sanga fantastis yaitu $800juta. Setelah itu Adobe terus bekerja untuk mengintegrasi Fotolia dengan Adobe Creative Cloud.  Tujuannya adalah untuk  memberikan para anggota Adobe Creative Cloud kemampuan untuk mengakses dan membeli lebih dari 35 juta gambar dan video secara besar-besaran, simple dan proses yang cepat. Adobe juga berencana untuk terus mengoperasikan Fotolia secara mandiri.

(Baca: Kumpulan Artikel Panduan Menjadi Microstocker Sukses)

Laman depan Tampilan Website Fotolia

Seperti halnya Shutterstock dan Istockphoto Fotolia adalah sebuah Microstock website populer. Fotolia sendiri bermarkas di New York, Seattle, Washington ( Amerika Serikat) dan Paris (France).

4.Graphicriver by Envato

Pada tahun 2006 Collis Ta'eed, Cyan Claire, dan Jun Rung mendirikan Envato di Melbourne, Australia. Envato sendiri sebenarnya adalah Marketplace produk  digital yang menjual aset kreatif untuk desainer web, tema, grafik, video, audio, fotografi dan model 3D. Salah satu bagian layanan dari Envato adalah Graphicriver. Graphicriver sendiri menawarkan jutaan logo template, ilustrasi, clip art, vector dan berbagai jenis font, dll.

Laman depan Tampilan Website Pond5
5.Pond5

Tak jauh beda dibandingkan dengan Microstock Website Lainnya. Pond5 juga adalah pasar online yang berbasis di New York dengan sistem free royalty yang menyediakan penjualan, vector, musik, efek suara, setelah efek, gambar dan model 3-D. Semenjak berdirinya pada tahun 2006, Pond5 pernah dikabarkan memiliki koleksi terbesar berdasarakn nilai sahamnya. 

Laman depan Tampilan Website Pond5.com

Pada Maret 2013, Pond5 diakuisisi Pixmac yang merupkan situs Microstock Photogrphy  berbasis di Republik Ceko. Akuisisi ini berhasil menambah koleksi Pond5 sebanyak 6.000 + fotografer dan dukungan 17 bahasa ke pasar. Saat itu pula Pond5 berganti logo.

Baca juga: Kumpulan Artikel Panduan Menjadi Microstocker Sukses)

Koleksi yang banyak ini meneybabkan jumlah penjulana yang meningkat. Maka tak salah jika Pond5 menempati tingkat penjualan tinggi dibandingkan beberapa Website lainnya.

Hampir sama dengan Fotolia, yaitu pada bulan Januari 2014, The Next Web melaporkan bahwa Pond5 bekerjasama dengan Adobe untuk membuat sebuah plugin untuk Adobe Premiere Pro yang mengintegrasikan koleksi dengan editing suite. 

Eits, tulisan ini sebenarnya belum selesai. Sebagaimana saya sampaikan pada bagian awal tulisan ini bahwa sangat banyak Microstock website yang bisa kita daftari. Nah, untuk tulisan selanjutnya saya akan emaparkan lagi 5 Microstock Website Terbaik Dunia untuk Berjualan Foto dan Vector (Bagian Pertama). Bersambung.......
>> DAFTAR SEGERA ! HASILKAN RATUSAN DOLLAR DARI SHUTTERSTOCK<<


Yusufsangdes | 2016

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

6 komentar:

  1. Bermanfaat sekali infonya, baru coba coba masih nubie

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali infonya, baru coba coba masih nubie

    ReplyDelete
  3. Iya sama2 bro...klo mau belajar bisnis Microstock silahkan utak atik blog ini,....banyak pencerahan.

    ReplyDelete
  4. om SangDes, mau nannya ni, saya udah coba pond5, udah saya upload foto2, nah setelah di upload apakah masih harus diriview oleh pihak pond5, karena di menu upload foto2 saya statusnya "pending review"

    mohon bantuannya,

    terimakasih

    ReplyDelete
  5. Artikelnya bagus, tetapi terdapat sedikit informasi yang kurang penting seperti pemilik website, sejarah tentang website, dll. sebaiknya anda menyantumkan informasi yg jauh lebih penting seperti, Royalty-rate, minimum withdraw, persyaratan registrasi, kekurangan kelebihan,dll.Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks masukannya bro...nnanti saya coba pertimbangkan sarannnya yang mmebangun

      Delete