Home » » Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Sumpah pemuda

Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Sumpah pemuda

Posted by SangDes Stock on 10/27/2016


Hari ini tepat peringatan Sumpah Pemuda ke-88. Hari Sumpah Pemuda sendiri diikrarkan pada 28 Oktober 1928 silam dan menjadi tonggak berdirinya Indonesia.  Sebagai anak Bangsa kita kembali mengenang salah satu moment bersejarah di negara kita tercinta ini. Salah satu peringatan itu terlihat ramai di Social media. Bahkan hari ini menjandi Trending topic di Twitter. 

Tapi tahukah Anda bahwa Moment bersejarah bangsa kita ini ternyata di peringati juga oleh Google, yaitu dengan menampilkan Google Doodle bertema  Sumpah pemuda pada halaman utamanya.

Ini buka pertama kalinya Google memperingati moment akbar di negara. Sebelumnya Google memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus lalu dengan Illustrasi Doodle Tiga paskibraka yang membawa bendera merah Putih. Sedangkan kali ini peringatan Hari Sumpah Pemuda di gambarkan dengan sebuah ilustrasi Doodle enam pemuda dan pemudi dari beragam suku di Indonesia, antara lain mengenakan baju adat Jawa, Bali, dan Betawi. Keenam orang digambarkan sedang membacakan kalimat "Satu Tanah Air", "Satu Bangsa", dan "Satu Bahasa" yang muncul bergantian di bagian atas doodle. 

Trendin Topic di Twitter tentang Hari Sumpah Pemuda

Setiap kalimat tersebut merujuk pada ikrar yang diucapkan oleh pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia pada momen Sumpah Pemuda di masa lalu. Illustrasi ini menggunakan warna Dominan kuning emas dan sedikit vintage. Sedangkan di bagian background terdapat tulisan Google dengan warna Kuning muda.
Google Doodle untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Sekilas Sumpah Pemuda

Bersumber dari Wikipedia, Sumpah Pemuda merupakan keputusan yang diambil dalam Kongres Pemuda Kedua. Isinya menegaskan pengakuan dan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia.

Pada saat terjadinya, ikrar bersama itu belum dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda justru baru digunakan pasca-kongres selesai. Berikut ini, selengkapnya isi Sumpah Pemuda berdasarkan putusan kongress tersebut.

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia
Semoga sumpah ini tak hanya sekedar sumpah, akan tetapi menjadi sebuah kata-kata Inspirasi seperti apa yang menjadi Inspirasi Google hari ini.

Yusufsangdes| 2016



Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment