Home » , , » Memaknai Filosofi Logo 409 Tahun Kota Makassar (Sebuah Persepsi)

Memaknai Filosofi Logo 409 Tahun Kota Makassar (Sebuah Persepsi)

Posted by SangDes Stock on 11/08/2016



Hari ini, Rabu, 9 November Kota Makassar genap berumur 409 tahun. Hal itu ditandai dengan sebuah logo 409 tahun Makassar. Logo ini sendiri telah dipublikasikan beberapa hari lalu. Entah siapa creator Logo ini, karena tak ada launching resmi yang dilakukan oleh pihak pemerintah kota. Logo ini terpublikasi begitu saja baik secara online (bisa dilihat di website www.makassarkota.go.id) ataupun offline melaluli baliho, Koran atau spanduk-spanduk yang terpasang pinggir jalan. 

Nah, sebagai seorang desainer grafis yang rutin mengikuti fenomena Brand utamanya City Branding maka saya iseng-iseng berusaha memaknai logo 409 tahun ini. Hal, ini saya lakukan sekedar mengapresiasi logo yang menurut saya Logo kali  ini sangat tepat untuk menggambarkan Kota Makassar, dibandingkan 2 Logo sebelumnya yaitu logo 407 dan 408 tahun kota Makassar. Apatah lagi logo 407 tahun Makassar sendiri pernah menoreh sebuah isu plagiat. Masih teringat di kepala kita bagaimana Logo 407 tahun itu (diduga) menjiplak logo 40 Tahun Perumnas. Sedangkan logo 408 tahun Kota Makassar sendiri juga lahir tanpa diketahui siapa creatornya dan apatah lagi tak ada penjelasan makna logo itu sendiri. Saya tak ingin semua itu terulang lagi. 

Logo 407 dan 408 tahun Kota Makassar

Oleh kartena itu saya berusaha memaknai filosofi dari logo itu. Karena menurut saya di era keterbukaan ini, seyogyanya filosofi logo itu  perlu disampaikan kemasyarakat sehingga berdampak lebih mendalam ke hati masyarakat. Seperti kata pepatah Tak kenal Maka Tak sayang, apalah gunanya mengenal wajah seseorang tanpa mengenal siapa namanya, di mana dia tinggal dan seluk beluk yang lain. 

Makna atau filosofi yang baik bila tersampaikan dengan lugas dan jelas akan memberikan efek positif kepada masyarakat. Sehingga fungsi Psikologi logo bisa tersampaikan. Karena alasan inilah, maka saya akan menelaah tentang apakah makna dari logo ini, tanpa ada maksud untuk mendahului creator logo ini.

Inspirasi dan Makna Logo

Melihat sekilas logo ini maka kita akan menemukan sebuah corak dan warna yang sangat berkaitan dengan warna logo Makassar. Yaitu warna Merah. Warna merah sendiri memang selalu diasosiasikan dengan Makassar. Misalnya saja Jersey kebanggan Tim Sepakbola Kota Makassar yaitu PSM, yang memiliki warna Merah sebagai warna corporate. 

Inspirasi Logo 409 Tahun Kota Makassar
Sedangkan Corak dan betuk tulisan 4 dan 9 mengasosiasikan kita terhadap Songkok Passapu Sultan Hasanuddin. Hal, ini membuat saya menyimpulkan Bahwa Logo ini terinspirasi dari Songkok Passapu Sultan Hasanuddin. Maknanya adalah bahwa logo ini ingin mengankat nilai-nilai tradisional kebudayaan orang Makassar. Sedangkan warna merah ingin menggambarkan sifat orang Makassar yang selalu bersemangat dan menggebu-gebu

Sedangkan pada bagian angka “0” pada angka 409 tentu saja langsung terlihat sebuah bentuk Bumi berwarna emas. Bumi tentu saja bermakna globalisasi, Wawasan luas, dan Mendunia. Jadi tak lain makna bentuk bumi ini ingin mengangkt visi Kota Makassar yaitu menjadi Kota Dunia di Kawasan Timur. Sedangkan makna warna emas bermakna pencapaian atau kegemilangan suatu kota.

Nah, jika kedua bagian bagian diatas di gabung maka terlihat angka 4 dan 9 seperti merangkul bola Dunia hal ini Bermakna kebersamaan atau kepedulian. Sehingga jika kita memaknai logo ini secara menyeluruh maka kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa logo ini ingin mengispirasi kita untuk senantiasa bersama- sama atau bahu membahu membangun kota makassar menuju kota dunia dengan tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional yang ada. Dengan begitu Kota Makassar akan menjadi Pusat Budaya yang lebih Modern.

Dibagian bawah logo terdapat tulisan kata Makassar dengan huruf “K” berupa peta Pulau Sulawesi dengan tulisan tagline Sombere dan Smart City. Bentuk tulisan dan tagline ini memberikan kesan bahwa Makassar akan menjadi Pintu gerbang utama pembangunan di Sulawesi utamanya Sulawesi Selatan. Sedangkan Kata Sombere sendiri merupakan Bahasa Makassar yang artinya Ramah atau bersahabat sedangkan Smart berarti pintar dalam Bahasa Inggris.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah apa yang saya jelaskan seperti diatas bahwa logo ini ingin mengispirasi kita untuk senantiasa bersama- sama atau bahu membahu membangun kota makassar menuju kota dunia dengan tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional yang ada yaitu Bahwa Orang Makassar adalah orang-orang yang ramah, bersahabat dan orang-orang cerdas. Dengan begitu Kota Makassar akan menjadi Pusat Budaya yang lebih Maju, Modern , Ramah dan Bersahabat. 

Namun, seperti dari awal saya jelaskan sebelumnya bahwa makna ini belum tentu sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh Creator Logo. Bahkan bisa jadi  sangat berbeda . Hal ini juga memang merupakan persepsi pribadi saya, tapi menurut kacamata saya itulah makna yang bisa saya rasakan ketika pertama kali melihat logo ini. Jadi, saya sangat berharap logo ini bisa menjadii Inspirasi bagi kita untuk membuat Makassar 2X+Baik menuju Kota Dunia.

Nah, Bagaimana menurut kalian?

Password: yusufsangdes
Yusufsangdes| 2016




Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment