Home » , , , , » Tips mengetahui Vector yang sedang trend di Shutterstock.

Tips mengetahui Vector yang sedang trend di Shutterstock.

Posted by SangDes Stock on 1/19/2017


Setelah beberapa lama gak nulis tentang artikel karena kesibukan yang mulai menumpuk, akhirnya hari ini saya sempatkan lagi menulis seputar Ilmu Shutterstock. Tulisan ini saya buat untuk menjawab beberapa pertanyaan teman-teman contributor di grup FB atau di Blog ini yaitu tentang tips mengetahui Vector yang sedang trend di Shutterstock.

Sesungguhnya pertanyaan itu sangat menantang karena saya pun sebenarnya masih merasa hal itu masih penuh misteri. Karena terkadang ada vector yang kita buat yang tidak kita prediksi bakalan laris dan ternyata menjadi yang paling laris. Tapi meskipun masih penuh misteri saya berusaha menggunakan sebuah pendekatan dan cara tersendiri untuk menjawab misteri itu. Yang mana hal itu saya praktekkan dalam pengalaman saya selama jadi contributor dan Alhamdulillah berhasil meningkatkan sales kita.

Untuk langkah awal atau secara umum untuk tips mengetahui trend Vector di Shutterstock adalah cukup dengan Update info di Blog Contributor Shutterstock. Jadi tiap awal tahun Shutterstock bakalan merilis Global Trends baik itu Trend Vector, Foto, Video dan music. Lebih jelasnya silahkan lihat disini.

Nah tadi itukan tadi tips Versi Shutterstock. Nah bagaimana kalo versi saya?( hehehe…sok jadi yang paling tahu saja, padahal gak gitu2 banget). Jadi sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui trend Vector yang sedang laris atau paling laris atau bakalan laris di Shutterstock berdasarkan Versi saya. Yuk simak baik-baik tips saya di bawah ini dan kalau sudah dibaca silahkan di share ya.
  1. Buat akun Buyer. Salah satu cara untuk mengetahui Vector yang sedang trend adalah dengan Update di akun buyer Shutterstock disini (Jadi langsung Sign up saja ya biar Browsenya gampang). Nah, di akun itu kita bisa melihat beberapa kategori. Coba kita pilih kategori vector seperti disini. Setelah kita membuka situsnya kita akan diperlihat pada beberapa jenis vector nah, coba kita pilih bagian “Popular” pada sudut kanan atas. Secara langsung kita kan melihat Vector yang menempati urutan paling depan di Halaman Shutterstock. Jadi pada dasarnya ini sebenarnya untuk mengetahui trend Vector perhari atau terkini. Cara ini bukan hanya untuk vector saja akan tetapi juga berlaku untuk trend Foto, video dan music.
    10  vector teratas  di situs Buyer Shutterstock
  2. Perhatikan Moment  Internasional atau holidays Worldwide. Salah satu cara yang paling asyik untuk mengetahui trend vector yang bakalan trend dan bakalan laris adalah dengan Update moment internasional. Moment-moment itu bisa moment liburan seperti Ramadhan, natal dan tahun baru. Bisa juga moment Perayaan seperti Valentines day, Chinese New year atau Perayaan Diwali di India. Atau bahkan moment kemerdekaan tiap-tiap Negara. Untuk mengetahui atau untuk Update moment itu kita perlu mengunjungi situs Time and date di sini. Di website ini kamu akan melihat Upcoming Holidays perhari. Jadi tinggal ikuti saja dan buat vector sesuai dengan tema-tema liburan itu.

  3. Halaman Depan situs Timeanddate.com
  4. .Kunjungi situs M-Rank . Jadi sebenarnya situs ini adalah situs yang menampilkan Rangking Kontributor Shutterstock beserta karyanya. Silahkan kunjungi situs itu dan kamu akan melihat rangking para Kontributor terhebat dan Kontributor baru yang sedang menanjak penjualannya. Dan pastikan kamu melihat karya-karya vector popular mereka, karena bisa jadi itulah Vector yang paling trend dan paling realistis. Bahkan di situs itu Kita juga bisa melihat grafik penjualan mereka tiap bulan.

  5. Rangking Contirbutor di Shutterstock

Nah, jadi ketiga cara di atas adalah cara-cara atau tips yang sering saya lakukan untuk mengetahui trend vector. Jadi ada baiknya sebelum membuat vecktor kita tahu dulu vector apa sih yang sedang trend.

Kemudian timbul lagi pertanyaan, mengapa kita harus mengetahui trend Vector dan apakah mesti diikuti atau tidak? Jadi ada beberapa hal mengapa kita perlu mengetahui trend Vector tersebut yaitu.
  •  Akan lebih mengefektifkan sales  Vector kita. Vector yang mengikuti trend peluang terjualnya lebih besar.
  • Menginspirasi kita. Vector yang sedang laris itu bisa menginspirasi kita sehingga kita semakin terpacu untuk membuat vector dengan tema-tema yang sedang trend.
  •  Memotivasi. Tentunya melihat vector yang bagus-bagus dan popular itu membuat kita termotivasi untuk memperbaiki karya kita sehingga bisa popular juga.
Nah, apakah trend Vector itu mesti kita ikuti?tentu saja iya. Akan tetapi kita juga perlu untuk membuat vector yang bersifat popular sepanjang masa atau singkatnya vector yang bakalan laris tanpa mengikuti moment yang ada. Dengan begitu penjualan kita akan stabil. Dan vector yang bersifat popular sepanjang masa itu biasanya berupa vector-vector yang berupa element-element desain seperti Logo template, icon ataupun Abstract background. Bisa jadi trend vector ini juga berlaku untuk beberapa situs microstock lainnya seperti Fotolia, Istockphoto, Depositphotos dll.

Jadi sudah pada paham kan sekarang? kalau sudah paham silahkan dishare ya tulisan ini tapi jangan di Repost diblog kamu, cukup share linknya saja.Semoga Bermanfaat!!!

Yusufsangdes | 2017


Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

7 komentar:

  1. Terima kasih, blog anda selalu inspiratif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yuan, Rajin2 aja share blog saya ya!

      Delete
  2. Mau nanya kang.
    boleh gak sih kita upload karya illustrasi/vector yang kita jual di shutterstock di web portofolio seperti dribbble dan behance?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh skali mas.....malah lebih bagus, dan jgn lupa kamu lampirkan link shutterstocknya di Behance atau Dribble.

      Delete
  3. Aslmkm Mas.. bagaimana cara agar gambar kita bisa di indeks di pencarian google atau bahkan bisa di indeks di page one google search image..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkslm. Klo itu sih pakai teknik SEO Mas, klo saya sendiri kurang menguasai juga u Google. Tapi klo u SS sih perbaiki kualitas dan Keywordnya saja....klo beruntung bisa masuk ke Page one SS.

      Delete
  4. Assalamualikum,Gan Kenapa foto saya tidak muncul di pencarian shutterstock padahal sudah di Approved(disetujui), udah 3 bulan nggak muncul, itu penyebabnya apa

    ReplyDelete