Home » , » Hindari Stupid Seller di Fiverr

Hindari Stupid Seller di Fiverr

Posted by SangDes Stock on 4/08/2017

Banyak cara yang dilakukan  Fiverr Seller untuk meningkatkan sales mereka. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan promo di sosmed atau menggunakan sistem promo Optimasi SEO. Harapannya promo ini akan meningkatkan Impression akun kita. Dan sepertinya cara ini lumayan berhasil.

Akan tetapi ada satu hal yang sangat menarik hari ini dari sebuah diskusi di Facebook di salah satu Grup Fiverr Community. Dalam diskusi itu salah seorang seller membahas bagaimana cara melakukan penjualan dengan Client Fiverr tapi diluar Fiverr. Artinya klien yang kita dapat di Fiverr kita ajak transaksi melalui email atau akun sosmed tapi masih menggunakan standart harga Fiverr. Alasanya karena transaksi diluar fiverr akan memangkas system pajak Fiverr. Misalnya transaksi seharga $5 yangbiasa kita lakukan di fiverr tidak akan di potong 1 Dollar oleh Fiverr karena pembayarannya langsung ke Paypall kita. 

Beberapa seller kemudian menanggapi hal ini sebagai Ide yang menarik dan Brilliant. Akan tetapi saat saya melihat ini saya jadi terperangah, sejenak berfikir apakah mereka benar- benar seller yang serius jualan di Fiverr? Karena menurut saya hal ini adalah sesuatu yang benar-benar salah dan merugikan kita sebagai Fiverr Seller, bahkan saya memberikan mereka julukan Stupid Seller (sorry klo agak kasar, karena ini hanya pendapat pribadi, ya semacam kebebasan berpendapatlah)…… Anda boleh memilih yang mana yang baik menurut Anda, tapi sebelum memilih ada baiknya Anda membaca dulu alsan saya mengapa hal ini sangat merugikan.

Mengurangi Fiverr Portofolio

Mengapa saya mengatakan demikian? Tentu hal ini sangat beralasan. Sebagai seller kita pasti tahu bahwa alasan buyer memilih memnggunakan jasa kita adalah karena Portofolio kita. Portofolio yang banyak dan menarik sangat disukai Buyer. Nah, namun jika kita melakukan aktifitas yang salah tadi maka secara tidak langsung Portofolio kita tidak akan tampil di akun Fiverr kita karena transaksi yang kita lakukan di luar Fiverr. Sementara harga yang kita diberikan kepada buyer masih menggunakan standar Fiverr. Ya, buyer sih puas….ya kita juga puas karena tanpa pemotongan…itu klo harganya lumayan mahal (Pakai extra gig), tapi klo standar saja kan…Cuma $5. Nah,  Maka secara tidak langsung kita akan rugi…..karena karya yang kita jual tadi hanya akan terbeli secara sia-sia. 

Padahal kita perlu tahu bahwa Portofolio yang bagus sangat membantu meningkatkan Impression kita. Dan jika pembeli semakin banyak dan merka puas Rating kita tentunya akan tetap terjaga…sekitar 98%-100%. Ini, alasan yang pertama…

Alasan yang kedua…

Membunuh loyalitas buyer

Tahukah kita, bahwa di Fiverr kita sangat membutuhklan loyalitas Buyer. Buyer yang loyal akan selalu menggunakan jasa kita ketika mereka membutuhkan jasa kita. Karena, ada bebberapa buyer yang sesungguhnya punya banyak proyek besar. Namun mereka kadang melakukan tes kepada seorang seller dengan cara  mencoba memesan Standard gig saja kepada seller. Jika pelayanan yang kita lakukan terhadap seller seperti ini 100% memuaskan maka mereka akan selalu menjadi kita First Seller dan bahkan menjadikan kita sebagai Desainer Pribadi (jika kita seorang desainer). Namun, bagaimna jika kita Stupid Seller….Nah, jika kita melakukan akitifitas Stupid Seller tadi, maka saya yakin loyalitas mereka tidak akan bertahan….Mengapa? menurut pengalaman saya, seorang Fiverr buyer itu punya kecenderungan atau kebiasaan melakukan transaksi di Fiverr, selain karena mudah juga karena Sistem yang canggih dan aman. Sedangkan klien yang kita dapatkan di Fiverr kemudian mengajak kita atau sebaliknya kita yang mengajaknya melakukan transaksi diluar Fiverr biasanya membunuh loyalitas, meskipun kita telah melakukan yang terbaik. Karena seandainya kita melakukan komunikasi dan transaksi  by email maka pada transaksi berikutnya tidak akan mudah menemukan lagi email kita, karena akan tertutupi email lainnya di akun email mereka. Akibatnya mereka akan kembali ke Fiverr karena di kepala mereka sudah tertanam kebiasaan itu. 

Bukan hanya itu, kadang Fiverr Buyer yang mengajak kita melakukan transaksi di Luar fiverr itu hanya menjebak kita untuk bahkan bisa mengHACK akun fiverr kita, apatah lagi Akun Paypall kita. Karena transaksi in tanpa pengaman…..jika ini terjadi maka akan sangat gawat. Sekali lagi ini hanya kehwatiran saja…Anda boleh percaya atau tidak…

Rating adalah Raja

Di Fiverr itu Rating adalah segalanya. Rating yang terjaga di kisaran 98%-100% dengan tingkat penjualan yang tinggi akan sangat menguntungkan. Rating yang baik akan sangat menarik banyak buyer selain portofolio, karena kadang tidak semua orang suka portofolio kita. Rating kadang membuat orang mengabaikan Portofolio kita. Nah, bagaimna cara membangun rating yang baik itu.
Beberapa cara membangun rating yang baik adalah sbb:
  1. Pelayanan yang baik dan cepat . Untuk melakukan ini kita harus selalu maksimalkan kemampuan kita untuk melayani buyer yang mengorder. Selalu lakukan yang terbaik….
  2. Response pesan yang cepat. Pertanyaan yang masuk ke akun kita sebaiknya kita tanggapi dengan cepat. Apalagi sudah ada Fiverr Apps. Dimanapun dan kapanpun transaksi dan response bisa kita lakukan.
  3. Jangan tunda pekerjaan, No Late. Selesaikan segera orderan yang ada. Jangan pernah tunda- tunda pekerjaan. Untuk mensiasati hal ini maka gunakan Delivery time yang relevan dengan kemampuan kita.

Nah, mudah-mudahan ketiga alasan diatas membuat kita sadar untuk tidak menjadi Stupid Seller tetapi menjadikan kita Smart Seller. Karena Stupid Seller lebih banyak ruginya dari pada untungnya….(Sekali lagi, ini hanya pendapat saja berdasarkan pengalaman saya sebagi Smart Seller, Anda boleh setuju atau tidak setuju). Semoga bermanfaat!!!

Yusufsangdes | 2016
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!

>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment