Home » , , , » Makna dan Filosofi logo baru PSM Makassar 2017

Makna dan Filosofi logo baru PSM Makassar 2017

Posted by SangDes Stock on 4/14/2017

Tim Sepakbola kebanggan Kota Makassar yakni PSM Makassar akhirnya berganti logo. Setelah menggunakan logo lama yang mirip logo Pemkot Makassar akhirnya logo yang dimilik PSM Makassar ini tampak lebih elegan.Logo ini memiliki Makna dan filosofi yang mewakili nilai-nilai kearifan lokal Kota Makassar.

Bentuknya seperti tameng, dengan simbol kapal pinisi di tengah. Logo ini berlatarkan warna merah, dan sebuah bola kaki. Warna logo terdiri dari Maroon, Merah, Emas/ Kuning, Putih, dan Hitam. Pada bagian atas logo terdapat tulisan PSM Makassar , dan di bawah ada angka '1915' yang tak lain tahun kelahiran PSM 101 tahun yang lalu. ‎

Nah, setelah logo ini launching maka berbagai feedback bermunculan disocial media. Semerta-merta logo ini menimbulkan berbagai perbincangan di kalangan masyarakat makassar. Mulai dari bentuk logo ini sendiri yang mirip logo Arsenal. Sebenarnya sebelum Launching logo ini sempat diadakan sayembara Logo PSM kira-kira setahun yang lalu. Namun kelihatannya dari semua peserta yang masuk nominasi tak ada logo yang dipilih. Dan di awal bulan April ini, launching sebuah logo yang ternyata sangat mirip dengan salah satu logo dari salah satu nominasi sayembara itu. Mungkin saja logo ini adalah modifikasi dari logo-logo peserta sayembara. maka timbul pertanyaan apakah pembuat logo baru ini adalah  desainer dari salah satu yang masuk Nominasi sayembara itu?Saat tulisan ini dibuat belum ada konfirmasi tentang siapa creator logo ini.

Nominasi Logo Sayembara Logo PSM Makassar pada 2016 silam. Salah satunya adalah karya penulis dan salah satunya mirip dengan logo yang terbaru saat ini.

Namun terlepas dari semua isu itu, maka penulis ingin memberikan apresiasi yang sangat besar buat manajemen baru PSM yang telah berinisiatif mengganti logo yang lama. Ini adalaha langkah yang sangat besar bagi PSM Makassar di era sepakbola modern ini. Nah, sebagai wujud apresiasi maka penulis ingin memaparkan penjelasan tentang Makna dan dan Filoosofi dari logo PSM Makassar 2017 ini. Berikut adalah penjelasannya yang penulis peroleh dari sumber terpercaya:

Bentuk Perahu Pinisi


Perahu Pinisi adalah kapal tradisional yang khas Sulawesi Selatan dan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Itulah dasar penempatan ikon ini pada logo PSM Makassar agar tim PSM Makassar juga bisa menjadi ikon kebanggan masayarakat Sulawesi Selatan. Selain itu kota Makassar yang menjadi homebase PSM Makassar memiliki slogan khas yang terganbar dalam perahu pinisi yakni" Sekali layar berkembang, Pantang Biduk surut Kepantai" yang artinya panyang pulang sebelum berhasil/ Menang menjadikan penempatan Perahu pinisi pada logo ini semakin menjelaskanarti/makna yang terkandung dalam logo ini.

Perahu pinisi ini juga sudah ada dalam logo yang lama dan pada logo yang baru ini kembali ditonjolkan dengan penambahan detail agar histori yang terdapat dilogo yang baru imni lebih jelas dan terkesan kuat. Perahun pinisi yang terdapat pada logo ini menghadap ke arah timur sebagai bentuk penanda bahwa asal Tim PSM Makassar yakni di Timur Indonesia atau tempat terbitnya sang Matahari yang dimaknakan bahwa awal terbitnya Sepakbola Indonesia itu ialah PSM Makassar. Penempatan perahu Pinisi ini juga didasari beberapa nilai kearifan lokal atau nilai budaya yang dapat dijadikan acuan dalam membangun kekuatan didalam sebuah tim, seperti pada saat pepmbuatan perahu pinisi itu sendiri. Nilai-nilai itu antara lain, kerjasama, kerja keras, ketelitian, keindahan dan religius.

Bentuk Perisai


Perisai/ Tameng adalah alat untuk melindungi diri pada masa peperangan dari serangan musuh. Biasanya alat ini digunakan pada tangan. Perisai mempunyai fungsi sebagai penahan/ Perlindungan dari segalah kerusakan/serangan yang dikirim lawan pada kita.

Pada logo PSM Makassar kembali diberikan sebuah perisai sebagai dasar logo sebagai Pemaknaan bahwa PSM Makassar memiliki kekuatan dan dasar pertahanan yang kuat. Perisai/tameng juga melambangkan kepercayaan atas diri, keamnan dan kesentosaan.

Bentuk V " Victory"


Huruf V yang dimaksud dalam logo ini adalah 2 garis tajam disi kiri dan kanan logo. Huruf V ini adalah singkatan dari kata VICTORY atau dalam bahasa indonesia berarti " Kemenangan, Kejayaan, Kedaulatan dan Kedamaian". Makasud penempatan huruf V ini sebagai eksen penambah daya tarik dan berlambangkanspirit PSM Makassar. Diharapkan dengan memasukkan spirit dari huruf V ini dapat menjadikan PSM Makassar selalu meraih kemenangan, kejayaan, dan kedaulatan yang bersih murni.

Bentuk Bola


Sepakbola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. memasuki abad 21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juat orang lebih dari 200 negara, yang menjaduikan olahraga paling populer didunia.

awalnya Sepakbola modern mulai berkembang di Inggris. Kemudian berkembang keseluruh dunia termasuk indonesia. Pada tahun 1915, tepatnya 2 November 1915 bertempat di Makassar, muncullah klub sepakbola pertama di Indonesia yakni MVB (Makassar Voetbal Bond) yang kemudian ahri tercata sebagai embrio PSM Makassar.

Pada logo awal PSM Makassar tidak memiliki Unsur Bola sebagai salah satu identitas tim, oleh karena itu pada logo baru ini ditonjolkan siluet bola ditengah-tengah logo agar logo ini dapat dengan mudah diidentikkan dengan sepak bola. Bentuk bola pada logo ini dibuat agakl abstrak untuk menonjolkan kesan modern dan dinamis. Bola pada logo ini juga dikombinasikan denganombak yang menerpa pinisi yang seolah-olah berlayar keluar dari dalam bola yang melambangkan gerak dinamis dan pemajuan mutu dari tim PSM Makassar

Warna

Warna yang digunakan logo ini masih menggunakan warna kebesaran TIM PSM makassar yaitu Merah. dengan bebrapa penambahan warna lainnya seperi merah Maroom, Kuning/emas, hitam dan putih. Berikut penjelasannya:



Dengan lahirnya logo Baru PSM Makassar ini maka kita sangat berharap agar tim sepakbola kebanggan kita bisa kembali merajai Sepakbola indonesia.

Bagi teman-teman yang ingin file vector logo ini silahkan Download DISINI (Hasil vectorize Sendiri, dan Mohon lewati iklannya ya saat mendowload)



Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

3 komentar:

  1. teks PSM Makassar pake font apa yah? makasih

    ReplyDelete
  2. tabe comment sejarah perahu phinisi berasal dari Bulukumba, kenapa tidak disebutkan diatas?, perahu phinisi tdk berasal dari makassar!

    ReplyDelete
  3. Iya , terima kasih masukannya. Lagi pula pada tulisan diatas tidak disebutkan pula bahwa Perahu Phinisi berasal dari Makassar, tp dari Sulawesi Selatan. Bulukumba kan juga masih kawasan Sulawesi Selatan.

    ReplyDelete