Home » , , , » Smart Business Forum Bersama Dilo Makassar dan SmartFm dengan Judul"Yuk Berbisnis Desain Grafis Online".

Smart Business Forum Bersama Dilo Makassar dan SmartFm dengan Judul"Yuk Berbisnis Desain Grafis Online".

Posted by SangDes Stock on 7/27/2017

Smart Business Forum Bersama Dilo Makassar dan SmartFm
dengan Judul"Yuk Berbisnis Desain Grafis Online".

Makassar- Dilo Makassar kembali bekerjasama dengan STOP COLD dalam acara Smart Business Forum. Tema yang diambil adalah bagaimana memulai Bisnis Desain Grafis Online. Kali ini pemateri yang diundang adalah Yusufsangdes yang merupakan salah satu Contributor Shutterstock di Makassar. Selain sebagai Kontributor di Shutterstock Yusufsangdes juga adalah seorang Seller di Fiverr.com. Yusuf mengaku bahwa " Berjualan desain di Shuttesrtock dan Fiverr masa depannya sangat cerah, ;lagi pula tidak membutuhkan Modal yang besar akan tetapi Skill lah yang menjadi modalnya".
Yusufsangdes bersama Perwakilan Stop Cold dan Moderator dari Smartfm dalam sesi tanya jawab

Kurang lebih 50 an peserta dari kalangan umum, komunitas dan mahsiswa hadir dalam acara ini. Mereka sangat antusias dengan acara seperti ini. Apaplagi tema-tema seperti ini merupakan hal yang sangat langkah. Puluhan pertanyaan terkait Shutterstock dan Fiverr bermunculan. Menurut salah satu peserta bernama Ismail Hamid mengatakan bahwa " Kami berharap forum seperti ini rutin diadakan. Dan ada tindak lanajut yang nyata ketika acara ini telah usai, sehingga kita bisa lansung belajar dan mempraktekkan tips-tips dari pemateri". Ungkapnya saat sesi pertanyaan.

Susana peserta saat mendengarkan Yusufsangdes membawakan materi.

Adapun secara singkat materi yang dibawakan Yusufsangdes dalam kegiatan ini. Berikut adalah summary nya.

Summary
Semakin berkembangnya  teknologi computer dan internet  maka semakin berkembang pula beberapa bidang kehidupan yagn terkait didalamnya. Salah satunya terhadap perkembangan dunia seni dan desain. Dahulu pembuatan desain dan lukisan hanya dilakukan pada media kertas atau kanvas dengan pangsa pasar yang terbatas namun sekarang lebih berbasis digital dengan pangsa pasar berbasis internasional. Banyak pekerja seni digital (seniman digital) seperti writer, videographer, composer Musik, Fotografer dan desainer grafis memanfaatkan situasi ini dengan mempromosikan keahlian mereka.

Keadaan ini dimanfaatkan oleh  beberapa Seniman Digital untuk mendapatkan pendapatan yamg lebih besar. Mulai dari mencari order dengan melalui promo Social media, website portofolio, hingga ke  website marketplace Online. Marketplace yang dimaksud ini adalah Website-website yang menghubungkan antara pengguna jasa dan penyedia jasa. Pada akhirnya ini adalah peluang besar bagi untuk memulai berbisnis desain secara Online.

Mungkin kita tak merasa asing lagi dengan profesi Blogger, Vlogger dan youtuber. Tapi pernahkan anda mendengar dengan profesi Microstocker atau Contributor, Creator  atau Bahkan fiverr seller?Jika tidak maka saya akan menjelaskan lebih detail tentang profesi ini.

Microstocker atau Contributor adalah sebuah profesi yang biasanya digeluti Desainer Grafis,  fotografer, Videografer dan Music Composer. Karya yang diperjual belikan seorang microstocker semuanya berbasis digital. Sistem pembayarannya pun berbasis digital. Nah, Karena saya seorang desainer grafis maka yang saya jual adalah Desain-desain digital berupa Ilustrasi digital dan logo.  Desain digital berupa vector atau pun ilustrasi itu dijual di website-website microstock yang sekarang ini sangat banyak. Kurang lebih ada sekitar 50 an website microstocker bahkan tiap tahun semakin bertambah. Berjualan desain di Shutterstock  sangat menguntungkan. Bahkan bisa menjadi ladang mendapatkan passive income bagi desainer.

Selain Microstocker ada juga yang namanya Fiverr Seller. Profesi ini juga termasuk profesi yang banyak digeluti kalangan desainer beberapa tahun belakangan ini. Fiverr seller ini adalah orang-orang yang menawarkan jasa di web Fiverr.com. Mulai dari jasa Karikatur, illlustrasi sampai pembuatan Logo bisa ditawarkan diwebsite itu. Dan system pembayaran juga menggunakan mata uang Dollar

Selain situs Shutterstock dan Fiverr kita juga bisa berjualan desain diberbagai marketplace desain dengan category bisnis yang berbeda diantaranya:


  1. Marketplace berbasis Kompetisi/ Crowdsourcing: Biasanya website ini menggunakan system sayembara misalnya sayemabara logo dan semacamnya. Misalnya 99design, Crowdspring dan Sribu.com
  1.  Portofolio Online: Behance, Dribble dan Deviant art.
  2. Marketplace Penyedia Jasa: Fiverr, Envato Studio, dan Airtasker, Upwork, Odesk, Freelancer, People Perhour, nyambi.com (Indonesia) dll.
  3. Marketplace Penyedia Stock Foto dan desain/ Microstock: Shutterstock, Adobestock, Graphicriver (Envato), Creativemarket, Istockphoto (Gettyimages), dan Depositphotos dll.
  4. Marketplace Penyedia jasa Print: Zazzle, Teespring, Society6, Design by humans dan Threadless dll. 
  5.  Market place Penyedia Stiker: Line Stiker, BBM STiker
  6.  Marketplace penyedia Font: Creativemarket, Myfonts dll

Melihat kenyataan ini ditengah maraknya profesi Blogger dan Youtuber maka saya sebagai seorang desainer memutuskan untuk menggeluti profesi sebagai Microstocker dan Fiverr Seller atau secara umum disebut sebagai Creator karena merasa profesi inilah yang paling cocok. Kurang lebih 2-3 tahun belakangan ini saya telah menggeluti profesi ini. Ribuan Dollar telah saya dapatkan dan semuanya dilakukan serba Online. Pengiriman karya dan pembayaran semua berbasis online. Pembayaran online yang dilakukan bisa lewat Paypall ataupun Payoneer.

Please see and Buy Another Vector here:




  My Current Portofolio at Shutterstock:
 











  The Most Best Seliing Vector at Shutterstock:
 








Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:








Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment