Home » , , » 5 Tips Menjaga Originalitas Karya di Shutterstock Supaya tidak Kena Banned

5 Tips Menjaga Originalitas Karya di Shutterstock Supaya tidak Kena Banned

Posted by SangDes Stock on 8/28/2017

Sebelum membaca panjang lebar tulisan saya ini, maka saya ingin bertanya dulu beberapa pertanyaan terkait diri Anda. Silahkan anda jawab sejujur-jujurnya.


Email Banned dari Shutterstock
Tulisan ini sesungguhnya terinspirasi dari banyaknya Contributor yang mengalami Banned dan Warning Report dari Tim SS. Sungguh sangat “tragis” ketika kita mempunyai banyak Portofolio dengan Penjualan yang tinggi dan tiba-tiba ada contributor Lain melaporkan bahwa kita telah mencuri karya mereka. Apatah lagi hal itu (plagiat) ternyata benar- benar kita lakukan, sehingga alhasil akun kita di Banned oleh Tim Shutterstock. Dan….dunia serasa menjadi sunyi…sesunyi-sunyinya. (Heheheh…dramatisir banget)!...


Jadi sudah paham kan?Jika ya kita kembali ke pembahsan awal ya....

Nah, untuk  Menghindari Laporan Plagiat yang berujung akun kita dibanned oleh Tim Shutterstock ini Solusinya Cuma satu kata yaitu “ORIGINAL”. Karena, di Shutterstock Keaslian dan Keunikan Karya adalah segalanya. 

Nah, klo kamu adalah desainer yang Hobby plagiat maka tulisan ini bukan buat kamu. Karena kamu pantas mendapat ganjaran dari Tim Shutterstock. (Tak ada ampun bagi plagiator….heheheh). Jadi tulisan ini sebenarnya tulisan bagi desainer yang sudah memaksimalkan diri membuat karya creative mungkin namun ada saja kesamaan ide dan bentuk yang menyebabkan timbulnya dugaan plagiat. Atau singkatnya plagiat yang tak sengaja…… Dan juga untuk desainer yang khilaf……..atau apapun namanya!!!!. Sehingga mendapatkan warning 1,2 dan 3 yang berujung Banned.  Nah, sebelum laporan Plagiat ataupun dugaan Plagiat itu datang maka sebaiknya kita perlu melakukan 5 Hal untuk memastikan karya kita original sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya dugaan plagiat itu. 

Lakukan Survey

Sebelum mengupload atau mensubmit karya anda maka ada baiknya anda melakukan Survey kecil-kecilan apakah Karya kita benar- benar tidak memiliki kemiripan atau bahkan kesamaan. Caranya, bisa langsung melalui Google image. Silahkan ketik Keyword yang sesuai dengan deskripsi karya kita…atau bisa juga mendrag langsung gambar kita ke Google image. Maka secara otomatis Google akan memperlihatkan gambar-gambar yang mirip dengan karya kita namun tidak sama. Jika tak ada yang sama, maka  karya kita sifatnya original dan aman. Cara kedua adalah langsung melalui Situs Shutterstock.com. Siklahkan kamu menuliskan keyword yang mendeskripsikan karya kamu. Maka akan bermunculan karya-karya contributor lain yang serupa namun tidak sama. Silahkan periksa sekitar 3 halaman utama. Jika dirasa aman…maka silahkan upload vector anda.

Awali dengan Sketsa

Nah, jika kamu ingin mengupload Logo, Siluet dan Sketsa Illustrasi, maka sebaiknya kamu membiasakan melampirkan Release karya kamu. Bisa dalam bentuk sketsa atau foto-foto yang menjadi inspirasi kamu. Eits, tapi pastikan foto –foto yang menjadi sumber kamu juga merupakan hasil jepretan kamu sendiri. Dikemudian hari Sketsa ini bisa menjadi bukti Otentik keaslian karya kita.

Lampirkan Contact

Tahu nggak bahwa sebagian Contributor itu kadang melakukan aktifitas “Stalking Portofolio”. Nah, saat proses stalking itulah mereka kadang menemukan karya yang menjiplak karya mereka. Jika begini, sebenarnya mereka pada awalnya ingin memperingati kita dulu dan tidak ingin langsung melaporkan kita langsung ke TIM SS (Jika kita plagiat),karena sebagai Contributor mereka juga “Punya Hati”, tapi karena mereka tidak tahu contact atau cara menghubungi kita, maka Ya…Tak ada cara Lain, Mereka langsung Lapor2 saja!!! Alhasil akun kita Terdeteksi plagiat. Nah, solusinya…kembali lagi ke Originalitas…Eits, Cuma itu?hehehe…sorry…itu sdah pasti ya. Nah, biar masalah ini nggak kejadian, sebaiknya saat mengisi Deskripsi biodata kamu masukkan juga alamat Email yang bisa dihubungi…..nah deskripsi itu akan tampak pada bagian profil depan kita…

Contoh penulisan email

Jujur, saya pernah mengalami Hal ini dan terselamatkan dari yang namanya Dugaan plagiat. Ceritanya seperti ini. 

Dahulu sebelum saya daftar di Shutterstock, saya pernah meniru sebuah tulisan Kaligrafi Islam untuk sebuah bahan desain. Waktu berjalan akhirnya saya daftar di Shutterestock, kemudian saya berusaha membongkar-bongkar karya lama saya  dan memilah milah mungkin ada vector yang bisa saya upload di shutterstock. Nah, akhirnya saya menemukan Kaligrafi itu. Sayapun menguploadnya, dan alhasil karya itu menempati posisi depan halaman Shutterstock. Dan tiba- tiba suatu hari, ada email yang masuk dari seseorang, dan mengatakan bahwa saya telah meniru ataupun bahkan mengambil karya Kaligrafinya. Dan meminta saya untuk menghapusnya, dan jika saya tetap bersih keras untuk mempertahankannya maka dia akan melaporkan saya ke Tim SHutterstock. Melihat email itu saya lalau membalsanya dan mengatakan pemohonanmaaf saya bahwa saya lupa klo ternyata kaligrafi itu dulunya saya tiru. Dan akhirnya saya memutuskan menghapus karya itu dan akun sayapun se;lamat. Nah, bagaimna senadainya orang itu langsung melaporkan perbuatan ketidak senagjaan itu ke TIM Shutterstock maka saya yakin akun saya sudah sejak lama di banned. (Lihat gambar 1 untuk melihat karya saya yang dilaporkan).

Huuuhhhhh…Capek yang mendengar cerita saya?semoga tidak karena hal ini sangat urgent loh!

Review and Delete

Nah, cara ini berlaku bagi yang desainer yang khilaf atau tidak sengaja Plagiat (memang ada ya?)Ya, tahu sendiri lah apa maksud saya! Jika anda termasuk salah satunya…maka ada baiknya anda mereview kembali karya anda satu persatu….jika ada karya anda yang dulunya masih ada unsur plagiat atau semacamnya. Maka, tak ada salahnya untuk menghapus saja karya itu melalui Catalog Manager. Sayang sih……tapi demi kemaslahatan akun, nggak apa deh, aku rela!

Contoh penjiplakan yang tak senagaja saya lakukan
Jangan Coba-Coba!!!

Nah jangan sekali-kali mencoba mengambil sebagian ataupun keseluruhan karya milik orang kemudian memodifikasinya. Karena dikemudian hari bakalan ketahuan juga deh! Nah, dah itu kamu akan menyesal sedalam-dalamnya.!!!!Mhhhhhh….fiuhhhh (Sambil Tarik napas dalam2).

Demikian 5 Tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga originalitas karya kita yang akan membuat akun kita selalu aman sentosa (sambil ongkang2 kaki menunggu transferan Dollar tiap bulan!!!).Maaf jika penjelasaan saya agak amburadul dan terpotong-potong.Karena jujru tulisan ini adalah kumpulan tulisan lama yang saya gabung-gabung ketika saya dahulu mendapat permasalahan. Jadi harap maklum dan diluruskan saja.

Semoga bermanfaat| Yusufsangdes 2017

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!

>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Post a Comment