Home » , , , » 7 Cara Mengatasi Kebuntuan Ide Desain & Foto untuk Kontributor Microstock

7 Cara Mengatasi Kebuntuan Ide Desain & Foto untuk Kontributor Microstock

Posted by SangDes Stock on 12/26/2017

Pernahkah teman-teman kontributor mengalami kebuntuan ide, mood hilang dan akhirnya gak tahu mau buat desain atau motret apalagi yang bisa dijual di agensi-agensi microstock? Padahal lagi kejar target bulanan biar asap dapur tetap mengepul. Jika anda kontributor sejati maka saya yakin hal ini sering anda alami dan sudah menjadi tantangan tersendiri. Kebuntuan ide adalah sesuatu yang wajar. Tapi jika berlangsung lama sepertinya telah menjadi masalah yang kurang ajar.

Nah, masalah ini tentu saja bisa diatasi. Jalan keluarnya juga sangat banyak. Menurut pengalaman saya ada 7 treatment untuk memunculkan ide-ide desain di kepala kita sehingga kita semakin produktif dalam membangun portofolio. Nah, biar gak belibet, langsung saja saya paparkan ke 7 hal itu.

1.  See and See. Lihat dan lihat. Cara ini adalah cara yang menurut saya paling mudah. Cukup lakukan pembiasaan lihat dan stalking karya-karya orang. Entah itu di agensi microstock atau di situs bertema design. Bisa dibilang sejak bangun pagi sesudah sholat subuh, ngaji beberapa halaman kemudian langsung buka web Shutterstock. Nah, cara ini tentu saja membuat alam bawah sadar kita menangkap banyak simpul-simpul ide yang nantinya siap untuk muncul di kepala kita.

2.    Install aplikasi buyer Shutterstock. Kebanyakan dari kita cukup memiliki aplikasi Shutterstock contributor. Padahal sbaiknya kita juga sebaiknya mendownload aplikasi Shutterstock buyer. Aplikasi ini tentunya memudahkan kita untuk melihat karya-karya yang sedang trend. Karya yang sedang trend ini terkadang memancing ide-ide segar lagi mahal muncul seketika. Apatah lagi yang sedang trend sesuai dengan style desain atau foto kita. Maka kita seakan menemukan oase di pasang pasir...terasa bgitu segar.

3.    Time is Creativity. Nah bagi seorang kontributor time (dibaca waktu) bukan hanya untuk uang tetapi untuk kreatifitas. Masih segar dikepala saya tetang Tagline Shutterstock ketika awal-awal bergabung jadi kontributor. Klo tidak salah, bunyinya “Turn your creativity into Cash”. Tagline yang sangat provokatif. Nah, dalam hal ini saya ingin menjelaskan bahwa yuk kita tanamkam dalam kepala kita tagline ini sehingga setiap kita mengalami kebuntuan maka itu sama halnya kita kehilangan kreatifitas dan tentu saja klo sudah tidak kreatif maka jangan berharap earning yang super wow!!! Nah, motivasi earning yang wow ini biasanya menjadi pancingan lahirnya ide-ide yang kreatif lagi mahal.



4.  Latihan dan latihan. Hai guys (mencoba meniru gaya Bahasa Bajindul), pernahkah anda berfikir bahwa penyebab kebuntuhan ide kita itu karena keterbatasan skill kita? klo ya ...maka saat membaca tulisan ini maka lakukan poin 1-3 diatas tadi. Setelah itu perbanyak latih skill kalian...Jika kalian desainer maka coba latihan untuk membuat vector yang dulunya kita berfikir tidak mungkin bisa membuatnya. Minimal kita bisa mendekati saja sudah cukup. Nah...biasanya saat latihan-latihan itulah kita menemukan sebuah harta (ide) karun yang tersembunyi sekian lama dilubuk hati dan pikiran kita...dan Eureka...!!!i got it. Idepun lahir ke dunia yang fana ini….(So’ dramatisir).

5.   Note it !!! Catat idemu di manapun....jika punya ide langsung catat. Bisa disecarik kertas atau manfaatkan aplikasi notes di hp kamu (kerangka dasar tulisan ini saya selesaikan juga melaluli aplikasi notes pada iphone). Nah, jika sewaktu-waktu mengalami kebuntuan ide, maka catatan itu sangat membantu untuk membangkitkan simpul-simpul ide disyaraf-syaraf kita.....(asal gak sampai saraf ya).
Note Apps yang sering saya gunakan dalam mencatat ide-ide yang terlintas di kepala

6.   Bertanya pada ahlinya!!! Benar kata pepatah, “Malu bertanya Sesat Kemudian”. Pepatah ini tentunya juga berlaku di bisnis Microstock. Kita mengalami stagnant ide bisa jadi karena ketidaktahuan kita tentang bisnis yang kita geluti. Pengetahuan kita dangkal karena kita malu bertanya. Merasa sok pintar dan cepat puas. Perasaan-perasaan sepeti ini membuat lingkup pikiran kita menjadi sempit…dan akhirnya buntu.
Nah, saat anda sudah membaca tulisan ini…berarti sebenarnya rasa malu kalian sudah kalian buang jauh-jauh…..Silahkan anda bertanya pada contributor-kontributor lama atau yang sering kalian panggil Mastah atau Suhu. Jika anda menganggap saya salah satunya silahkan bertanya ke saya Via WA 085256679092. Eits…tapi jangan sampai bertanya tentang earning ya….Masih merasa malu….karena sudah terlalu banya(Eah….sudah mulai So’2 an).

7.   Berdoa. Cara ini saya tempatkan di akhir, bukan karena ini point yang gak terlalu penting tapi justru ini yang paling penting. Kalo saya jelaskan dari awal, takutnya justru terlupakan saat usai membaca artikel ini. Nah, banyak-banyaklah berdoa meminta kepada Sang Pemilik Ilmu. Mintalah agar selalu diberi kesegaran pikiran dan hati agar ide-ide kita selalu muncul.

Tentang doa ini saya ingin bercerita sedikit. Pernah suatu kali dibulan Ramadan (tahun ini), saya membuat gambar di Ipad saya. Saat itu saya hanya menggambar sebuah Illustrasi Lentera Fanous (Lentera yang sering digunakan orang-orang arab saat bulan Ramadan tiba). Gambar itu kemudian saya olah sedikit di AI CS6 hingga akhirnya saya submit. Dan Wow…..Vector itu kemudian menempati Top 1 di penulusuran Shuttertock  kategori vector. Dan saat itu earning saya meningkat dua kali lipat hingga berkisar 1500 $ dalam sebulan. Saya sendiri tak menyangka bahwa vector itu akan menjadi booming. Pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa hal ini tak lepas dari kekuatan doa yang sering saya selipkan setelah melakukan sholat. So’ berdoalah…..dan berdoalah!!!

Vector saya yang sempat menempati Top 1 di Penulusuran Shutterstock kategori Vector (kiri atas).

Wah…lumayan capek juga ya menulis tulisan ini. Meski tak begitu panjang tapi butuh waktu dalam menjelaskan ke 7 hal ini dengan Bahasa yang menurutku sudah lumayan mudah dipahami. Nah, jadi jangan sia-siakan tulisan ini ya…silahkan sharing-sharing keteman-teman yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat

Yusufsangdes | 2017



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!

>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:


Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:



Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Di Sini

Event

Banner_Akba_Rev

Ads