Home » , , , » 101 Alasan Penolakan Vector dan foto di Shutterstock beserta Solusinya

101 Alasan Penolakan Vector dan foto di Shutterstock beserta Solusinya

Posted by SangDesStock on 6/08/2017

Setelah sekian lama tidak update tulisan baru lagi tentang Shutterstock akhirnya hari ini kembali menyempatkan diri. Tulisan yang kali  ini saya angkat adalah kumpulan alasan penolakan Vector dan foto di Shutterstock beserta solusinya. Tulisan ini sengaja saya angkat karena banyaknya pertanyaan yang masuk melalui Inbox FB saya, di Grup Shuttermacz atau melaui japri WA saya. Dan beberapa contributor baru menanyakan permasalahan sama dan berulang-ulang, sehingga saya merasa perntanyaan-pertanyaan ini perlu saya jawab secara umum melalui tulisan ini. Nah,…..langsung saja ya saya!Berikut beberapa alasan dan solusinya.

Penjelasan: Untuk masalah ini biasanya berkaitan dengan masalah teknis saat membuat vector kita. Penyebabnya ada beberapa hal. Pertama--Linked images/ Bitmap/ Raster effects ini disebabkan adanya elemen desain kita yang menyebabkan terbaca Bitmap/ Raster effects ( Efek yang menyebabkan pixel bukan Vector. Sumber: Baca ini. Misalnya adanya efek Drop Shadow, Inner Glow, Outer Glow, dan Feather di submenu Effect> Stylize  yang digunakan dalam desain. Kedua, penyebab munculnya alasan ini biasanya karena element desain kita mengandung foto atau gambar dengan extensi JPG dan sejenisnya. Ketiga, salah satu penyebab yang kadang tidak disadari adalah adanya kesalahan atau error saat mengekxport atau save as dari AI ke EPS.
Solusinya: 1. Hilangkan semua efek-efek diatas pada desain. Untuk efek shadow bisa diganti dengan teknik Blend, Mesh, atau Gradient silahkan baca disini 2. Hilangkan semua gambar atau foto ganti 3. Export atau Save as Ulang. Setelah ketiga hal tadi sudah dilakukan silahkan submit ulang vector Anda.
Note: untuk membuat efek shadow alternative supaya nggak kebaca Bitmap/ Raster silahkan baca disini.
atau Tonton videonya disini:



Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya elemen desain kita yang mengandung Lambang atau logo yang memiliki perlindungan hak cipta yang memungkinkan terjadinya pelanggaran HAKI (Hak kekayaan Intelektual). Salah satu lambang yang kadang tidak kita sadari misalnya penggunaan Lambang Palang merah (+ warna merah) atau pengunaan lambing Icon Smily. Dan masih banyak lagi lambing-lambang yang kadang kita tidak sadari.
Solusinya: Segera hilangkan atau ganti lambang itu. Misalnya untuk lambing palang merah, bisa diganti warnnanya dri merah ke warna yang lain.

3. Keywords -- Irrelevant keywords were used or your keywords were not in English.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya kesalahan penggunaan Kata Kunci yang tidak sesuai dengan tema vector atau foto kita. Kemungkinan lainnya adalah adanya kata kunci yang tidak menggunakan Bahasa ingris yang baik dan benar.
Solusinya: Segera Submit ulang vector atau Foto kita, kemudian gunakan keyword yang lebih relevan dan gunakan Bahasa inggris yang baik dan tepat. Cara paling mudah untuk menyelesaikan masalh ini bisa menggunakan system Suggest keyword saat pengisian Keyword.

4. Gradients / Blends -- Gradients and/or blends are poorly rendered.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya penggunaan Gradients atau Blend yang terlalu banyak dan menyebabkan ukuran file menjadi berat sehingga saat export terjadi eror yang menyebabkan fungsi Gradient dan Blends menjadi tidak sempurna, bahkan kadang menjadi bitmap.
Solusinya: Jika menggunakan terllau banyak kedua efek diatas maka sebaiknya perkecil ukuran Artboard pada halaman AI anda sehingga ukuran file menjadi lebih ringan. File yang lebih ringan memudahkan proses saat export dan save as.

5. Illustration Designation -- In order for this image to be reviewed correctly, resubmit it designated as an illustration. When resubmitting, select "Yes" in the "Illust./Clip-Art" dropdown menu when applying metadata in the content editor. Atau In order for this to be reviewed correctly, resubmit and do not tag as illustration.

 Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya kesalahan salah centang pada bagian pengisian jenis file pada menu dropdown Illust. Clip art. Jadi kesalahn ini karena mengkategorikan vector menjadi Tipe Illustrasi atau Clip art.
Solusinya: Resubmit ulang vector anda kemudian pastikan “no” menjadi "Yes" pada pada menu itu jika karya anda berupa vector.

6.  Extra Vector Objects -- Please remove any excess and/or hidden vectors/points from the file.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya bagian vector yang tersembunyi (Hidden) yang tidak kelihatan dibagian Thumbnailnya atau JPG nya. Biasanya bagian vector ini menumpuk dibawah object atau berada diluar Artboard.
Solusinya: Segera buka ulang file vector anda kemudian periksa apakah benar-benar ada vector yang menumpuk. Gunakan wireframe view (Ctrl Y) untuk melihat bagian yang tersembunyi itu. Jika sudah resubmit kembali vector anda.

7. Design/Illustration is poorly executed.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena Vector yang kita buat terlalu simple baik dari segi teknis dan konsep.
Solusinya: Segera tambahkan elemen-element pendukung pada desain vector anda sehingga terlihat lebih rumit. Namun jika  anda masih suka dengan desain-desain yang simple maka ada baiknya perkuat di konsepnya, karen  biasanya vector yang simple namun konsepnya kuat atau creatif tetap akan diterima oleh Shuterstock.

8. Identical Submission/Similar Content -- Images within this submission are identical. 

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena desain vector atau foto yang anda upload hampir sama dengan desain vector yang telah anda upload. Meskipun ada perbedaan dari segi warna saja.
Solusinya: Jika terjadi hal ini dan  anda bersih keras mengupload vector itu, maka sebnaiknya tambahkan element lain yang membuat desain ini tampak berbeda dengan desain sebelumnya.

9. File Size -- File size must be under 15MB for vectors and above 4MP for photos.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena Ukuran file EPS atau Foto anda terlalu besar dari batas minimum file yaitu 15 Mb atau 4 Mp pada foto. Meskipun Shutterstock sudah mengupdate batas minimum file menjadi 50 Mb, namun masih saja terjadi penolakan seperti ini.
Solusinya: Cukup perkecil ukuran file eps anda. Mungkin bisa memperkecil ukuran artboard file AI atau Eps anda. Atau jika desain anda menggunakan banyak efek-efek mak kurangi efeknya.

10. Compliance Inquiry—See email from Shutterstock Compliance

Penjelasan: Alasan penolakan ini  adalah salah satu alasan yang masuk kategory RED. Hal ini disebabkan karena adanya dugaan pelanggaran hak cipta pada karya yang kita upload. Bisa jadi karena kita reupload karya orang lain. Biasanya Shutterstock mengirim pemberitahuan ini secara lengkap di Email anda.
Solusinya: untuk menyelesaikan masalah ini biasanya terbilang ribet dan butuh waktu lama. Pertama kita perlu membalas email dari Shutterstock bahwa karya yang kita buat hanya terinspirasi dari milik orang tapi tidak ada maksud menjiplaknya. Akan tetapi jika karya anda 100% karya sendiri namun ada kemiripan, maka sebaiknya anda mengirimkan sketsa-sketsa prose pembuatan vector anda. Untuk masalah ini tingkat penyelesaianya 50%/50%.

11. Noise--Image contains excessive noise, grain, artifacts and/or is poorly rasterized. Poor Lighting--Image has exposure issues, unfavorable lighting conditions, and/or incorrect white balance.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena foto yang kita upload  terlihat sangat noise atau berpasir. Biasanya objeck itu kita foto menggunakan kamera Hp dengan resolusi yang rendah. Jadi masalh ini biasanya khusu untuk fotografer.
Solusinya: silahkan foto ulang objeck yang anda inginkan dengan menggunakan pencahyaan yang baik dan tentu saja dengan kualitas kamera yang lebih baik.

Cara Cepat dan Mudah Daftar Jadi Contributor di Shutterstock

12. Font Requirement-- Font must be converted to outlines.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena Font yang kita gunakan masih dalam keadaan aktif atau bukan dalam bentuk path. Sedangkan untuk semua jenis font yang diterima di Shutterstock haruslah dalam bentuk Path atau objek
Solusinya: Segera periksa font yang anda gunakan, jika ternya benar anda menemukan Font yang masih aktif maka segera Expand/Convert. Caranya pilih menu Object kemudian pilih Expand pada menu Dropdown.

13. Spelling/ Grammar-- Image and/or metadata contains spelling or grammatical errors.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya kesalahan penulisan pada Tittle desain Vector anda. Dan terkadang hal ini juga terjadi karena penamaan file yang asal-asalan atau ada kode-kode yang tidak sesuai misalnya tanda petik (“), Koma (,) dll.
Solusinya: Segera perbaiki kesalahan penulisan ini dengan cara menggunakan Kamus bahasa Inggris atau bisa melihat cara penggunaan tittle yang serupa pada karya contributor lain.

14.  Mistmached JPEG Thumbnail-- JPEG thumbnail does not match EPS file.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya kesalahan penamaan antar JPG dengan file EPS. Misalnya nama JPEG kita  Background-01 sedangkan nama EPS kita Background01. Jadi ada kesalahan penulisan yang mana file EPS tidak menggunakan garis datar (-). Namun terkadang hal ini juga terjadi bukan karena betul-betul ada kesalahan penamaan akan tetatpi terjadi Eror saat upload.
Solusinya: Segera periksa ulang penamaan file anda. Jika perlu ganti saja nama kedua-keduanya dengan nama yang baru, kemudian resubmit kembali.

15. Inaccessible Vector Objects-- Sublayers are required to be Unlocked and/or vector needs to be expand.

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena adanya Object pada desain kita yang terkunci layernya sehingga vectornya tidak bisa di akses atau di utak atik lagi.
Solusinya: silahkan buka kembali desain vector anda kemudian periksa baik-baik apakah ada layer yang ter lock. Jika sdah maka silahkan expand.

16. Not Editorial -- Image does not fall under one of our acceptable editorial categories, or it may have been incorrectly designated as editorial

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena karya yang anda submit tidak dalam bentuk editorial, sementara anda mencentang pilihan editorial pada menu dropdown. Karya yang bersifat editorial biasanya berlaku untuk Foto yang kita ambil saat sebuah event berlangsung. Atau foto yang kita ambil itu mengandung unsur Brand atau logo suatu perusahaan.
Solusinya: Untuk masalah ini mudah saja, silahkan resubmit kemudian pastikan saat menguploadnya tanda editorial dalam keadaan "no".

17. Focus -- The main subject of this image is not in focus"

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena foto atau vector kita tidak memiliki fokus utama. Jika ini berkaitan dengan foto maka letak tidak fokusnya biasanya pada objek utama atau terlalu banyak fokus. Sedangkan pada Vector ini mungkin saja juga terjadi, dimana terlalu banyak objeck utama dalam desain kita (jarang terjadi).
Solusinya: Untuk foto, sebaiknya foto ulang objek yang anda ingin foto dengan fokus utama yang jelas. Jika sudah terlanjur telah ada fotonya mungkin bagian foto yang seharusnya tidak fokus di blur dengan wajar. Kemudian silahkan disubmit ulang.

18. Reference image--A Reference image is required for this image

Penjelasan: Alasan penolakan ini disebabkan karena vector kita diduga  dibuat berdasarkan Gambar referensi. Biasanya kasus ini terjadi pada vector-vector Sketsa dan  Siluet. Misalnya siluet Gedung, Manusia dan Hewan. Jadi untuk pembeutan siluet seperti itu masuk kategori gambar yang rawan penjiplakan oleh karena itu tim Shutterstock membutuhkan Bukti Kredential berupa  gambar sumber.
Solusinya: Jika betul ternyata Gambar sketsa dan siluet kita dibuat berdasarkan gambar milik orang lain maka sebaiknya hindari mengupload gambar seperti ini karena sangat rawan bagi orang menclaim karya kita namun jika gambar atau foto yang ditiru milik kita sendiri maka tidak apa-apa. Namun, jika memang merasa perlu dan penting untuk mengupload vector seperti itu  maka perlu disiasati dengan menggunakan trik ala sangdes. Triknya adalah segera kamu buat sketsa dikertas, kemudian kamu tiru bentuk vector yang telah kamu buat. Usahakan sketsa itu mirip dengan gambar siluet kamu. Setelah dirasa sudah mirip, maka kamu scan atau foto menggunakan HP. Nah, saat mengupload dan memberi keyword, gambar sketsa itu kamu upload bersamaan pada bagian release. Jika sudah terupload maka tim Shutterstock akan menerima vector kamu dan itu masuk kategori aman. 

19. JPG preview does not match EPS file or is low resolution.

Penjelasan: Alasan penolakan ini ada 2. Pertama, adalah karena vector(eps.10) tidak sesuai dengan file JPGnya, baik isi atau tampilan Previewnya. Penyebabnya mungkin karena adanya vector yang tidak terlihat sehingga ikut terexport saat mengeksport. Kedua, bisa jadi bukan karena kesalahan vector kita tapi adanya eror pada proses upload.
Solusinya: Untuk penyebab pertama silahkan periksa vectornya dengan teliti. Pastikan vectornya Clean, tidak ada hidden vector. Dan jangan lupa berikan penamaan baru atau Rename, jika sudah silahkan reupload. Untuk penyebab kedua, cukup rename saja dan reupload vector Anda.

20. Color Profiles---Your image contains both RGB and CMYK color profiles. Vector can only have one color profile.

Penjelasan: Alasan penolakan ini adalah karena ada beberapa Profil Warna yang kita gunakan di vector kita. Bisa jadi penyebabnya karena kita membuka palet Warna CMYK dan RGB. Sehingga tanpa sadar kita menggunakan keduanya yang akhirnya vector kita mengandung kedua profile warna itu.

Solusinya: Solusi masalah ini cukup mudah. Cukup gunakan satu profile warna saja saat menggunakan Adobe Illustrator atau Sofware lainnya. Namun jika warnanya sdah tercampur sejak awal maka saran saya kamu buat File baru dengan tampilan RGB Preview dan silahkan warnai ulang dengan palet warna RGB saja atau CMYK saja.

21. Category: The selected category is inappropriate for this content.

Penjelasan: Alasan penolakan ini adalah karena adanya kesalahan pengisian Kategory atau Kategori yang kita masukkan tidak relevan dengan Jenis Vector kita.

Solusinya: Solusi masalah ini cukup mudah. Cukup reupload ulang Vector anda kemudian gunakan Deskiripsi dan Keyword yang sama kemudian Ganti kategori yang sebelumnya ke kategori yang menurut Anda relevan dengan vector anda.

.…..101

Hingga tulisan ini saya buat maka baru sekitar 19 Alasan-alasan penolakan yang sering terjadi dan saya  anggap penting untuk dijelaskan. Jumlah alasan penolakan ini seiring waktu akan terus bertambah dan saya kan berusaha mencarikan solusinya dengan tepat dan jelas.
Jika ada alasan penolakan lain yang anda alamai dan tidak tertulis diatas maka anda bisa informasikan ke bagian komentar.

Semoga bermanfaat.
Yusufsangdes| 2017

Jika Anda belum menjadi kontributor di Shutterstock silahkan baca artikel dibawah ini: 

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

40 komentar:

  1. maksih banyak atas informasinya, sangat membatu...
    slm sukses mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OM kalo kayak gini cara nanggulangin nya gimana We can't read what's in your file. Please re-save or re-export your file, and try uploading it again.

      Hapus
  2. Bro, kalau ini :
    "Clipping Mask Issue -- Please apply clipping mask or edit EPS file to match JPEG crop. "

    maksudnya gimana ya?

    BalasHapus
  3. Mau nanya mas, kalau di jpegnya hanya menampilkan 1 artboard, tapi di .eps nya ada 2 artboard bisa kena reject ini ya "Extra Vector Objects -- Please remove any excess and/or hidden vectors/points from the file."?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas....klo ada vectornya gak kelihatan dan gak sesuai dgn tampilan JPG maka otomatis di tolak mas...

      Hapus
  4. "Path Construction -- Vector/illustration contains path construction issues." Maksudnya Apa Gan.......?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh klo masalah ini sepertinya ada Path yang tidak rapi. Mungkin ada garis yg saling tumpuk menumpuk.

      Hapus
  5. Makasi bang, sangat bermanfaat skali buat saya yg masi awam di SS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada alasan penolakan yang belum masuk diatasa silahkan di sampaikan disini ya mas...supaya bisa bantu dijawab.

      Hapus
  6. ampuunn banyak banget ternyata ya.... ini aq direject garagara artboard an raster effect aja jadi penegn nangis...huaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...emang banyak. Klo boleh tahu mas desainnya pakai AI atau Sofware apa ya?

      Hapus
  7. Mas mau nanya kalau rijeck kya gini gma solusinya unacceptable editorial caption

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ini ada penulisan deskripsi ynang menggunakan format editorial. Klo boleh saya lihat desain yg mana ya mas?

      Hapus
  8. Title must be descriptive of the subject matter and must be in English. Titles cannot contain special characters, spelling/grammar errors, or repeat words/phrases in excess. itu kenapa ya mas,,,? padahal titlenya sama,, tapi ada yang gitu

    BalasHapus
  9. Mas kalo linked images/bitmap/raster effect. Itu solusinya gmn? Saya menggunakan photoshop cs 6, sudah save jpg > 4mb dan save as EPS yg ada di photoshop. Apa harus pakai AI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus AI mas...klo yg kamu upload desain vector

      Hapus
  10. mas kalo bagian font udah aku convert, tapi malah jadi ganti ditolak gara2 raster effect itu gimana yah,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo itu bukan krn hurufnya mbak...lain lagi masalahnya. Coba lihat point lain di tulisan ini yg membhas tentang Raster dan Bitmap.

      Thanks

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kalau misalnya foto tidak diapprove krn film grain atau noise lalu diedit ulang apakah diperbolehkan? Dan foto yg terkendala model release jika di submit ulang masih boleh?

    BalasHapus
  13. Mau tanya mas kalau karena ini gimana ya ? "you vector constraint live fonts, convert the text to outline shapes" apa saya terlalu banyak expan teks sehingga tidak bisa di edit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ini penyebabnya sbanrax belum jelas. Biasanya cuma butuh reupload atau ganti nama file saja.

      Hapus
  14. akhirnya ganti template jugaaa......
    love you gan

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. "Clipping Mask - Please edit clipping mask to ensure your EPS file matches its JPEG preview image."

    Kalau seperti yg diatas itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, kemungkinan itu ada bagian vector yg di file eps melebihi/keluar dari artboard. Solusinya artwork jgn sampai ada yg keluar artboard

      Hapus
  17. mau nanya mas. kalau setelah upload, ada pernyataan "could not acquire image" apa maksudnya mas?
    trim's

    BalasHapus
  18. Missing Model Release: A model release is required for this submission but was not provided.
    mas ini apa maksudnya

    BalasHapus
  19. mas kalau buat logo selain di AI bisa kah? di PShop atau Coreldraw, karena di PShop juga bisa format EPS? apa hanya AI saja yg dibutuhkan?

    BalasHapus
  20. maaf mas. kalo logo kita ada objek transparan apakah akan di reject? lalu bagaimana caranya agar logo yang ada objek transparannya tersebut bisa di approve ?

    mohon jawabannya mas

    BalasHapus
  21. mas... mau tanya mas. saya contributor baru. kemarin baru upload gambar. dan hari ini dapat balasan "rejection reason Reviewed items will be displayed for 21 days". itu cara benerinnya gimana mas?

    BalasHapus
  22. mas akun shutterstock saya nggak bisa di buka. cara mengatasinya bagaimana ya.

    BalasHapus
  23. Bang, apakah Rejection di shutterstock ada batasnya ? Misalnya kalau banyak di Rejection akun kita bakalan di blokir gitu

    BalasHapus
  24. Kak mohon bantuan, apa mmg hasil foto yg sdh melalui proses image trace nggak diterima di SS? Saya bingung, ada 1 gbr yg sdh di approve...tp ada gbr lain yg nggak di approve dgn jwban ini "Unacceptable Auto Trace: Complex auto-traced illustrations are unacceptable.

    Missing Reference Image: A reference image is required for this submission but was not provided."

    Solusinya apa ya Kak? makasih

    BalasHapus
  25. An English translation is required for non-English text appearing in this content klo penyebab not approved nya gimana ya ka, tapi kita udah pakai b.inggris buat deskripsi dll nya

    BalasHapus
  26. mantap sekali bang ulasanya ,newbe numpang cari ilmu
    jangan lupa pedbacnya bang
    www.nardidesigns.com

    BalasHapus
  27. o iya lupa gan mau nanya kalau penolakanya begini solusinya bagaimana ya
    Rejection reasons (1)
    Resolution / Aspect Ratio: Clip is a non-standard resolution or is pillarboxed, letterboxed, or matted.

    BalasHapus
  28. "conpression artifacts"

    itu kenapa ya?

    BalasHapus

Banner-Horisontal

Langganan Adobe

Langganan Produk Adobe Creative Cloud disini! Klik Here!
BANNER-Sandes-Daftar-Shutterstock-Gif-Blog
BANNER-KELAS-AI-UNTUK-BLOG

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock

Banner-Font-Gratis
Podcast_Banner_yusufsangdes