Home » , , » Makna Logo UIN Alauddin Makassar Karya Yusufsangdes

Makna Logo UIN Alauddin Makassar Karya Yusufsangdes

Posted by SangDes Stock on 8/11/2016

Makna Logo UIN Alauddin Makassar
Karya Yusufsangdes
Penjelasan Umum:

Bagian-bagian Logo:
Logo ini disusun atas tiga bagian besar yaitu bagian luar, tengah dan dalam.
  1. Bagian luar. Pada bagian ini terdapat dua bagian yaitu bagian lipatan janur Hijau yang membentuk lima sudut, sedangkan dibagian yang lain berwarna kuning berbentuk kitab AlQuran terbuka. Dibagian bawah kita terdapat tulisan UIN Alauddin Makassar, sebagai nama Universitas.
  2. Bagian tengah. Pada bagian ini terdapat sebuah lipatan janur kuning membentuk 5 sudut dan 5 buah segitiga berwarna kuning.
  3. Bagian dalam. Pada bagian ini terdapat  sebuah bentuk Mesjid berkubah hijau. Mesjid ini sendiri disusun atas beberapa bagian yaitu 1) Tiang mesjid yang kokoh sekaligus merupakan tulisan “UIN” dan huruf “I” berbentuk sebuah pena, 2) Kubah hijau dengan lambang bulan bintang pada bagian atas, 3) Pada bagian tengah kuba terdapat sebuah kapal phinisi dengan 7 layar.
Makna Logo Perbagian:
  1.  Bentuk logo bagian luar yang berwarna hijau adalah bentuk Lipatan Janur membentuk lima sudut melambangkan lima rukun islam. Sedangkan janur sendiri bermakna keberlangsungan hidup dan kebermanfaatan. Bentuk sudut tumpul sendiri untuk melambangkan dinamisasi atau tidak kaku.
  2.  Bentuk  logo bagian dalam yang berwarna kuning keemasan merupakan janur kuning membentuk lima sudut yang melambangkan lima sila pancasila.  
  3. Bentuk kitab AlQuran terbuka berwarna kuning pada dasar logo menggambarkan AlQuran kitab mulia dan merupakan pedoman  dalam kehidupan.
  4. Lima segitiga kecil berwarna kuning keemasan merupakan cahaya yang berpendar yang melambangkan pencerahan dan prestasi.
  5. Gambar kubah masjid dengan bulan bintang diatasnya melambangkan keislaman dan pusat integrasi keilmuan. Bulan bintang melambangkan ciri khas Islam dan IPTEKS, sebagaimna sejak jaman nabi dasar-dasar perhitungan astronomi didasarkan atas posisi bulan dan bintang.
  6. Tulisan“UIN”sebagai tiang masjid yang kokoh mengartikan bahwa UIN menjadi tempat belajar, menimba ilmu pengetahuan islam, dan ipteks dengan dasar-dasar Islam yang kaffah dan kokoh. Gabungan Ketiga huruf ini juga menggambarkan kesatuan iman, islam dan ihsan.
  7.  Huruf  “i” pada tulisan UIN berbentu kseperti pena yang melambangkan ilmu pengetahuan dan ipteks.  
  8.  Keseluruhan Lipatan janur bagian luar yang berbentuk segi delapan melambangkan penyebaran islam dan ilmu pengetahuan keseluruh penjuru mata angin. Hal ini juga ingin menggambarkan bahwa lulusan UIN sudah tersebar kemana-mana sejak berdirinya UIN dengan misi syiar islam dan akademik sehingga tercipta peradaban masyarakat.
  9.  Bentuk Konfigurasi Layar Pinisi yang terkembang pada bagian tengah logo  menggambarkan ciri khas daerah tempat universitas berdiri.
  10. Tulisan UIN Alauddin Makassar pada bagian bawah menggunakan huruf PORTER. Alasan pemilihan huruf ini adalah untuk memberikan kesan kokoh , mudah dibaca dan huruf ini juga sangat sinergis dengan bentuk dasar logo yang penuh dengan sudut-sudut.  
  11. Warna yang digunakan hanya dua. Yaitu warna hijau muda dan kuning emas. Warna hijau menggambarkan keislaman dan pertumbuhan. Penggunaan warna hijau yang lebih muda dari warna logo sebelumnya bertujuan untuk memberikan semangat yang lebih segar. Sedangkan warna kuning emas melambangkan kemuliaan tujuan.
Makna secara Umum:
Pada dasarnya logo ini terinspirasi dari bentuk-bentuk bangunan yang terdapat di UIN sendiri, seperti bentuk mesjid atau kubah mesjid yang terdapat dibeberapa bangunan. Hal ini sudah menjadi ciri khas UIN Alauddin Makassar.

Selain itu Secara umum logo ini menggambarkan visi UIN yaitu “Sebagai Pusat Pencerahan dan Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam” hal itu ditandai dengan penggunaan Bentuk AlQuran, Mesjid dan Pena. Sedangkan pemilihan Janur sebagai bagian dari logo adalah untuk menggambarkan ikatan yang kuat dari setiap Civitas yang ada di UIN Alauddin Makassar.

Yusufsangdes | 2016
Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDes Stock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment