Home » , » 10 Hal Wajib Kamu Ketahui Tentang Pembayaran di Shutterstock

10 Hal Wajib Kamu Ketahui Tentang Pembayaran di Shutterstock

Posted by SangDesStock on 9/26/2018



10 Hal Wajib Kamu Ketahui Tentang Pembayaran di Shutterstock- Nah, kali ini saya ingin menulis tulisan seputar pembayaran di Shutterstock. Tulisan ini saya buat karena banyaknya pertanyaan seputar Pembayaran di shutterstock di inbox Whatsapp dan FB saya. Ya, maklumnlah, mungkin ini efek dari banyaknya kontibutor newbie hasil dari kebijakan Shutterstock yang gak menggunakan paspor lagi dalam proses pendaftaranya. 

Kebanyakan newbie itu masih kurang paham tentang pembayaran di Shutterstock. Jadi bisa dibilang ke 10 Hal wajib kamu ketahui tentang Pembayaran di Shutterstock ini didasarkan atas perntanyaan dan jawaban seputar pembayaran tersebut. Namun, Bisa jadi ke 10 Hal ini juga gak sepenuhnya dipahami juga oleh beberapa kontributor lama.

Biar gak berlama-lama dan bertele-tele, maka berikut ke 10 Hal wajib diketahui Kontributor tentang pembayaran di Shutterstock.

1. Metode Pembayaran.

Metode pembayaran di Shutterstock itu ada 4, yaitu Paypal, Payoneer, Skrill dan Check. Jadi bisa pilih salah satunya, klo punya Paypal cukup Paypal aja. Sedangkan bagi yang gak punya Paypal atau Payoneer bisa menggunakan pembayaran sistem Check yang dikirimkan oleh tim Shutterstock, namun untuk metode ini gak terlalu saya sarankan karena selain waktu pengiriman yang lama, cara ini juga lumayan ribet. Apalagi dengan minimum payment yang lumayan besar dibanding Paypall dan Payoneer yang hanya 35$. Jadi yang gak punya paypall dan Payoneer bisa segera daftar. Untuk tata caranya bisa baca tulisan ini.

2. Cara Pembayaran.

Cara pembayaran di Shutterstock adalah Payout bukan Withdraw. Nah, apa bedanya? Kalau Sistem Withdraw, biasanya waktu pembayarannya tidak ditentukan. Jadi kapan saja kita bisa withdraw jika batas Minimum jumlah pembayaran atau saldo telah tercapai. Sedangkan sistem Payout yang diterapkan Shutterstock itu memili waktu pembayaran yang telah ditentukan.

Baca juga: Kenapa Stock desain Banyak tapi gak Laku-laku?

3. Memasukkan Metode Pembayaran

Untuk memasukkan Metode pembayaran silahkan masuk ke bagian "Payout Information" pada bagian Account Setting. Harap perhatikan bahwa jika Anda mengubah pengaturan pembayaran Anda setelah pembayaran telah dihitung, pengaturan baru Anda akan berlaku pada bulan berikutnya. Ini berarti bahwa pembayaran dalam proses akan disampaikan sesuai dengan pengaturan sebelumnya.

Payment Information ini berada pada bagian menu Account Setting di Dashboard anda

4. Beda Paypal

Dalam hal ini saya bermaksud menyampaikan bahwa antara email pendaftaran boleh beda dengan email paypal. Jadi gunakan email paypal yang sering kamu gunakan dalam transaksi. Bahkan boleh juga menggunakan paypal teman asalkan paypal itu tidak sedang digunakan juga di akun Shutterstoock lain. Karena jika hal itu terjadi maka tim Shutterstock akan membaca hal itu sebagai aktifitas akun ganda yang berujung kepada banned akun.

5. Mengisi Pajak Pembayaran

Pajak pemabayaran berupa US TAX (form W8-Ben) ini wajib diisi oleh kontributor sebelum Payout pertama. Karena jika tidak melakukan pengisian Tax maka setiap pembelian dari Buyer yang berlokasi di Amerika akan dikenakan pajak sejumlah 30%. Jadi pajak ini khusus untuk buyer dari Amerika yang sejatinya pembeli paling besar. Nah, jika sudah mengisi TAX maka pemotongan hanya 10% saja. Untuk pengsian form Tax ini bisa membaca tata cara lengkapnya di artkel dibawah ini.


6. Waktu Pembayaran

Waktu pengiriman pembayaran atau Tanggal gajian/payout dari Shutterstock biasanya antara tanggal 7 sampai 15 dibulan berikutnya setelah Minimum payoutnya tercapai. Misalnya batas minimum payout kita tercapai diawal bulan Agustus misalnya tanggal 6 Agustus, Maka Pembayaran akan dibayarkan tanggal 7 Bulan September, bukan tanggal 7 Agustus. Sistem payout ini sama halnya dengan sistem gajian. 

7. Earning. 

Untuk earning atau penghasilan di Shutterstock kita peroleh melalui sistem payperdownload. Jadi setiap ada buyer mendownload karya kita maka kita mendapat royalty sebesar 0,25$ untuk Subscription. Sedang untuk kategori download lainnya bisa sangat beragam seperti On Demand, Single ataupun Enhanced. Untuk besar earning berdasarkan kategori download bisa dilihat di bawah ini.
Tabel Besar dan Level Earning yang diterima Kontributor
Besar earning diatas pada berbagai jenis kategori hanyalah harga standar. Berbagai kasus, memungkinkan jumlah earning yang tidak terbatas. bahkan 1 vector kontributor di Indonesia pernah dihargai hingga 2000$, itupun hanya merupakan vector sederhana.

8. Penundaan pembayaran.

Penundaan pembayaran ini biasanya terjadi karena ada kesalahan email paypal ataupun keterlambatan memasukkan email pembayaran. Keterlambatan ini misalnya sebagai contoh, kamu sudah mendapatkan earning melebihi batas minimum, tapi saat tiba waktu pencairan emailnya belum dimasukkan. Nah, biasanya saat itu jumlah earning sudah menjadi 0$. Ini namanya penundaan pembayaran. Untuk mengatasi masalah ini maka harus menghubungi Customer Supportnya Shutterstock.

9. Free Royalty.

Sistem pembayaran di Shutterstock itu adalah sistem Free royalty, Nah, apa maksudnya? Iya, jadi sistem ini maksudya adalah bahwa setiap karya yang dibeli oleh buyer hanya berhak digunakan atau hak pakai akan tetapi pemilik sah karya itu adalah Kontributor bersangkutan. Oleh karena buyer hanya membeli hak pakainyta saja maka setiap karya kita bisa dibeli tak terbatas oleh buyer manapun, sehingga harga sebuah karya bisa jadi tak terbatas. Namun seorang buyer juga bisa membeli karya kita dengan sistem full license berdasarkan persetujuan tim Shutterstock. Sistem ini disebut beli putus, jadi buyer membeli karya kita untuk dimiliki dan kita harus menghapus karya kita itu dari portofolio kita.

Baca juga: 10 Tips Jitu Jualan Desain di Shutterstock

10. Sistem Akumulasi Earning.

Akumulasi Earning maksudnya jika Earning Anda mencapai Batas Minimum atau lebih sebelum pencairan atau sebelum Earning kembali ke Angka 0 pada awal bulan, maka earning Anda tidak akan dicairkan saat itu akan tetapi akan diakumulasikan ke bulan berjalan dan pencairan earning akan dilakukan pada bulan berikutnya.

Ke-10 hal diatas sebaiknya dipahami dan dicatat baik-baik. Agar tidak ada lagi pertanyaan seputar pembayaran. Karena, masalah pembayaran adalah merupakan hal yang paling penting dalam memulai dibisnis Microstock.Nah, akhir kata saya ingin menyampaikan semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada kritik dan saran maka silahkan teman-teman berkomentar di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Yusufsangdes | 2018


Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:

Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:

Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:


Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2