Home » , , , » Bisakah Karya kita di Shutterstock dijual di Agensi Microstock Lain? dan apa Untungnya?

Bisakah Karya kita di Shutterstock dijual di Agensi Microstock Lain? dan apa Untungnya?

Posted by SangDesStock on 6/20/2020

Source: Freepik.com

Banyak Kontributor yang masih tidak tahu bahwa ternyata karya kita di Shutterstock, seperti Desain Vector, Foto dan Footage bisa dijual di agensi microstock lainnya. Mereka mengira bahwa kalau dijual ditempat lain bisa diduga meniru atau memplagiat atau bahkan resale. Tentu saja anggapan ini adalah anggapan yang salah. Nah...alasanya akan kita bahas di di tulisan ini. Tetapi sebelum itu silahkan baca dulu tulisan ini jika teman-temaan belum mendaftar di Shutterstock dan Freepik.

Okay, kita lanjut pembahasan utama kita diatas. Jadi pada dasarnya tiap agensi microstock itu Menganut sistem Non Ekslusif (Kecuali agensi yang menerapkan dua sistem, Non Ekslusif dan Ekslusif) artinya karya yang kita upload disitus itu masih bisa diupload juga di agensi lainnya. Kenapa bisa begitu? hal ini berkaitan engan sistem royalty yang diterapkan dalam sistem penjualan Microstock yaitu sistem Free Royalty. Artinya, siapapun dan berapa kalipun orang-orag mendownload karya kita maka hak milik karya itu tetap pada creator atau kontributornya. Karena mereka hanya membeli hak Pakainya saja. Nah, makanya 1 karya kita bisa didownload hingga ribuan kali bahkan tidak terbatas. Namun jika mereka membeli lisensi karya kita secara penuh maka hal itu lain lagi. Selain harganya bakalan mahal, kita juga harus menghapus karena kita jika sudah dibayar.

Nah, karena sistem Free Royalty ini, maka saya sangat menyarankan untuk teman-teman menjual karyanya di agenci Microstock lainnya.Jangan hanya terpaku di satu agensi saja misal di Shutterstock saja atau Freepik saja. Hal ini disebut dengan istilah Jualan di Multi Agensi

Keuntungan menjual di Multi agensi sangat banyak. Antara lain:

1. Peluang mendapatkan eraning akan semakin besar, meskipun penjualan kurang. Kok Bisa? ya, tentu saja bisa, karena kan kita gajiaannya bukan hanya dai satu tempat. Misal, kita jualan di Shutterstock, Freepik dan Adobestock. Dengan besaran earning perbulan masing-masing $35 (SS), $100 (FP), $50 (AS). Nah, jika digabungkan ketiganyaa artinya peghasilan kita mencapai $185 atau setara dengan Rp. 2.590.000,- (kurs 14.000-)

2. Karya kita akan lebih cepat Populer. Hal, ini tentu saja sangat mungkin terjadi. Misal ada desain kita yang awalnya tidak populer di Shutterstock, akan tetapi ternyata sangat populer di Freepik. Nah, karena populer di Freepik akhirnya banyak orang melihat karya kita. Nah, jika orang tersebut tidk berlangganan di Freepik namun berlangganan di Shutterstock maka mereka secara otmatis mencari karya kita di Shutterstock dan Alhasil akan mendownloadnya di SHutterstock. Karena kita juga sudah menguploadnya disana.

3. Lebih memahami Trend. Dengan berjualan dibeberapa agenci microstock maka pengetahuan kita terhadap Karya-karya yang laris akan semakin terbuka. Dengan mengetahui karya-kara yang trend itu, maka proses pembuata desain kita akan lebih efektif dan maksimal.

Nah, sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya. Namun, saya rasa cukup ketiga itu yang saya tuliskan ditulisan ini. Karena keutungan-keuutungan lainnya akan lebih terasa jika kita telah menjalaninya.

Untuk berjualan di Agensi lain selain Shutterstock saya lebih menyarankan untuk jualan di Freepikdan Adobestock dulu. Karena selain Shutterstock, kedua agensi itu sedang mengalami peningkatan sales. Untuk tata cara daftar di kedua agensi itu bisa baca di artikel dibawah ini:


Okay, udah paham kan mengapa kita perlu menjual karya kita ditempat lain selain Shutterstock.

Note: Meskipun karya kita pada dasarnya bisa dijual ditempat lain. Akan tetapi buka berarti karya kita di SHutterstock otomatis bisa diterima atau di Approved ditempat lain misalnya di Freepik. Hal, ini karena untuk standard kualitas tiap agensi rata-rata memiliki sedikit perbedaan.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya!!!

Yusuf Sangdes | 2020
Follow: IG: @yusufsangdes
Subscribe: www.youtube.com/yusufsangdes





Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. WAH, kebetulan nemu blog ini. Kalau nggk salah, mas yang punya channel youtube dan bahas shutterstock juga ya?

    BalasHapus
  2. Kak klo upload di pngtree dan canva gambarnya sama.. gmn???

    BalasHapus

Banner-Horisontal

Langganan Adobe

Langganan Produk Adobe Creative Cloud disini! Klik Here!
BANNER-Sandes-Daftar-Shutterstock-Gif-Blog
BANNER-KELAS-AI-UNTUK-BLOG

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock

Banner-Font-Gratis
Podcast_Banner_yusufsangdes