Home » , » Perbedaan Kontributor Non Eksklusif dan Eksklusif di Freepik.com

Perbedaan Kontributor Non Eksklusif dan Eksklusif di Freepik.com

Posted by SangDesStock on 9/15/2019


Perbedaan Kontributor Non Eksklusif dan Eksklusif di Freepik.com- Hai teman-teman Microstocker sekalian. Kali ini Bang Sangdes ingin membuat tulisan terkait Freepik lagi nih.Soalnya banyak sekali belakngan ini teman-teman Desainer yang baru jadi Microstocker mempertanyakan perbedaan Kontributor Eksklusif dan Non Eksklusif. 

Nah, Apa lagi tuh Kontributor Eksklusif dan Non Eksklusif di Freepik? Yoo...sabar dulu ya teman-teman, nanti akan tak jawab di Tulisan berikut ini.

Perlu kita ketahui, baik sebelum atau sudah menjadi Kontributor di Freepik, bahwa ada 2 Macam kontributor Model di freepik. Kira-kira model kontributornya seperti di Gambar berikut: 

Pilihan Kontributor di Freepik.com

Nah, saya jelaskan yang kanan dulu ya. Mengapa?karena kebanyakan dari kita berada pada kategori ini. Apa lagi jika mengikuti tutorial mendaftar di Freepik di Channel youtubeku atau tulisan di blog ini.

Baca juga ini: Cara Daftar Kontributor di Freepik

Ya, jadi bagian kanan atau pilihan Kanan inilah yang di sebut Kontributor Non Eksklusif. Jenis kontributor ini adalah jenis yang paling banyak digeluti oleh Freelance Desainer. Alasannya....sih sederhana aja, karena dengan jenis Kontributor ini karya mereka bisa jual lagi di agensi Microstock Lainnya.Selain itu Kontributor jenis ini lebih bebas membuat karya apa yang akan di Upload. ATau sifatnya lebih mandiri.SIstem Royaltynya juga Pay Perdownload, artinya Royalty kita dapat ketika ada konsumen yang download. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat di Tabel Kelebihan Kekurangan dibagian bawah tulisan ini.

Lalu, yang bagian kiri apa dong?

Jadi pada bagian atau pilihan ini artinya teman-teman sebagai Kontributor Eksklusif di Freepik. Maksudnya apa ya? jadi ini artinya kamu terdaftar sebagai Desainer atau Fotgrafernya di Freepik. Ya, bisa dibilang karyawan Remotenya Freepiklah.Jadi kayak kerja kantoran gitu deh. Nah, sebagai kontributor Eksklusif, kalian bekerja berdasarkan arahan dari Desainer atau art director dari freepik. Brief desainnya juga dari mereka. Ada juga proses revisi sebelum karya kita terpasang di Website Freepik. Kemudian desain-desain ini nantinya akan dibagikan Gratis oleh Freepik di Websitenya. Lalu dari kita dapat DOllarnya dimana dong? Weits tenang dulu....sebentar saya jelaskan dibagian Tabel Kelebihan Kekurangan dibagian bawah tulisan ini.

Biasanya untuk menjadi kontributor Eksklusif sepertini ada 3 jalur atau cara. Pertama, bisa daftar langsung dengan memilih pilihan kiri tadi saat mendaftar ( semenjak tahun 2019, pilihan ini sudah ditiadakan). Kedua bisa menawarkan di Freepik Via Email, syaratnya harus memmpunyai ribuan Karya Vector yang telah terpublish di Freepik (Tapi belum tentuk keterima. Cara ketiga yaitu, membuat banyak atau ribuan desain-desain yang berkualitas agar di Lirik oleh tim Freepik dan nantinya akan ditawari untuk menjadi Kontributor Eksklusif.

Email Penawaran dari Freepik untuk menjadi Kontributor Eksklusif di Freepik (sumber: www.silvianatalia.com)



Ruuuarrrr biasa....harga per vectornya bisa mencapai 12$, bahkan konon katanya kalo karya-karya kita Super Bermutu bisa sampai 30$ per Vector (Jarang terjadi).Bisa panen Ribuang Dollar nih eraningnya Tiap Bulan.

Hmmmm.....lalu yang manakah lebih menjanjikan dari kedua jenis Kontributor ini?apakah Kontributor Eksklusif atau Non Eksklusif? Yuk silahkan baca baik-baik Kekurangan dan Kelebihan nya berikut ini.



Kontributor Non Eksklusif (Reguler)

Kelebihan:
  • Vector yang kita jual di Freepik bisa kita jual lagi di Agensi Microstock Lainnya, seperti Shutterstock dll
  • Ada kebebasan membuat desain atau Mengupload Foto apapun asal sesuai dengan ketentuan atau Kriteria Freepik
  • Penganturan waktu yang Fleksibel atau Gak ada target dari freepik tapi hanya target Individual saja.
  • Vector kita akan dijual Premium oleh Freepik.
  • Siapapun bisa mendaftar menjadi kontributor Seperti ini.


Kekurangan:
  • Harga perdownloadnya lumayan tidak stabil, tergantung jumlah subscriber Freepik. (saat tulisan ini sayabuat harganya cuma 0,11$, dari sebelumnya 0,125$)
  • Penghasilannya naik perlahan, tergantung dari kerja keras dan Konsistensi kita. Malas upload maka earning juga lambat naiknya.
  • Lama gak Upload bisa kebanned, namun ini jarang terjadi.


Kontributor Eksklusif (Karyawan Remote Freepik)

Kelebihan:
  • Vector kita dihargai secara tetap yaitu 12$ per vektor yang diterima (Ingat bukan yang perdownload ya). ATau istilahnya Freepik akan beli Putus karya kita seharga 12$
  • Art Director sudah menentukan tema apa saja yang harus dibuat, jadi kita tidak bingung ingin membuat vektor apa lagi tiap bulannya.
  • Penghasilan lebih pasti, tergantung berapa vektor yang dihasilkan dan diterima oleh Freepik


Kekurangan:
  • Vektor tidak boleh dijual lagi di web lain karena sudah menjadi milik Freepik.
  • Bila sudah revisi 3 kali masih belum diterima, vektor di tolak tanpa dibayar atau Hangus.
  • Minimal harus upload 40 vektor dalam sebulan
  • Hasil vector kita di Gratiskan oleh Freepik.
  • Untuk menjadi Kontributor seperti ini butuh waktu lama.


Nah teman-teman sudah paham kan tentang perbedaan kontributor ekslusif dan non ekslusif?Pastinya sudah dong....jadi tunggu apa lagi silahkan Daftar Jadi Kontributor di Freepik, kali aja nantinya dapat invitation untuk jadi Kontributor Eksklusif. Tapi, jujur sih, saya lebih senang jadi Kontributor Non Eksklusif, karena lebih Fleksibel waktu, udah gak mau kayak kerja kantoran.

Semoga tulisan ini mencerahkan.
Jayalah Microstocker Indonesia.

Yusufsangdes | 2019

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Banner-Horisontal

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock