Home » , , » Apa itu Shutterstock dan Bagaimana Peluang Penghasilannya?

Apa itu Shutterstock dan Bagaimana Peluang Penghasilannya?

Posted by SangDesStock on 12/23/2016

Bagi para desainer  ataupun fotografer yang terbiasa menjual karya mereka melalui situs-situs atau agency microstock tentu sangat familiar dengan istilah Shutterstock atau kadang di singkat dengan "SS". Hal itu disebabkan karena agenci inilah yang merupakan agenci yang tingkat penjualannya sangat tinggi dibanding dengan agenci-agenci lainnya.

Shutterstock adalah situs microstoc terbesar dan terbesar tingkat penjualannya selalama beberapa tahun terakhir.  Misi Shutterstock adalah untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan ribuan kontributor di seluruh belahan dunia . Shutterstock didirikan oleh Jon Oringer (http://jonoringer.com/) pada tahun 2003 dan berkantor pusat di New York City ,

Seperti yang sejak awal saya jelaskan tadi Shutterstock adalah pilihan utama para Microstocker. Bagi para Microstocker Shutterstock adalah salah satu situs microstock favorit dengan jangkauan marketplace yang luas dan tingkat penjualan sangat tinggi. Shutterstock adalah primadona bagi para Desainer yang ingin meraup dollar dengan kreativitas. Para desainer ataupun fotografer dapat menjadi kontributor dengan menjual gambar ataupun vector dengan Free royalty.

Peluang di Shutterstock?
Di Shutterstock kita bisa berjualan Vector atau foto atau kita bisa juga menjadi pembeli dengan beraneka macam harga vector atau foto yang sesuai dengan keinginan kita. Bagi desainer tentunya ini adalah ladang meraup Dollar dengan berjualan Vector tapi bagi beberapa Agenci atau biro-biro iklan bisa menjadi pembeli vector atau foto sebagai bahan iklan mereka dengan harga yang lebih ringan.

Sejak hadirnya, Shutterstock sudah membantu banyak desainer untuk menyalurkan atau memasarkan karya mereka. Di akun video resmi shutterstock, kita bisa menonton beberapa Shutter Story dari para contributornya. Ada desainer yang akhirnya bisa membeli rumah hanya dengan berjualan di Shutterstock. Nah, jika mereka bisa mengapa kita tidak segera untuk menjadi contributor juga?

Penghasilan di Shutterstock?
Jumlah penghasilan di Shutterstock mulai dari 0,25 $ - 0,38 untuk kategori basic dan 1,88 $ - 2,85 $ untuk Kategori On Demand. Namun penghasilan ini seriring waktu bisa saja meningkat tergantung kategori Download dari Customer. Bahkan saya pernah mendapatkan harga sebuah vector sampai $58,66 (Sekitar Rp. 650.000). Lumayan kan?nah, untuk lebih jelasnya lihat tabel Earning Shutterstock.
Tabel penghasilan di Shutterstock
Harga vector yang lumayan Mahal

Melihat jumlah penghasilan diatas maka menurut pengalaman saya jumlah penghasilan di Shutterstock sangat tidak terbatas. Hal itu disebabkan karena sistem pembayaran yang bersifat free Royalty, yang artinya vector kita bisa dibeli berkali-kali oleh siapapun namun royalti secara menyeluruh masih milik kita. Artinya 1 vector punya peluang mendapatkan harga termahal masing dan tanpa batasan nilai. Sehingga singkatnya di Shutterstock kita bisa punya passive income yang tidak terbatas. Waoooowwww....

Apa saja yang bisa kita jual di Shutterstock?
Ada beberapa karya digital bisa kita jual di Shutterstock antara lain:
1. Vector. Vector disini dalam bentuk Eps.8 dan Eps.10
2. Foto. Foto yang bisa dijual di Shutterstock bisa beruap foto-foto umum, bisa juga foto-foto Editorial
3. Video. Video disni adalah Video yang biasanya durasinya berkisar 5-60 detik
4. Music. Music yang bisa dijual biasanya beruap aransement yang dibuat untuk menjadi music latar.
Jika ingin mempelajari lebih mendalam terkait Kriteria 4 hal diatas bisa kamu baca Artikel ini: Kriteria Vector, Foto dan Video yang siap di Jual di Shutterstock 


Metode Pembayaran di Shutterstock?
Untuk mencairkan penghasilan kita di Shutterstock atau Withdraw diberlakukan 3 metode pembayaran yaitu melalui Paypall, Moneyskrill dan bank Check. Silahkan memilih metode yang mana menurut anda bisa lakukan.

Cara bergabung menjadi Kontributor?
Untuk memulai berjualan kreatifitas dan menghasilkan Dollar di Shutterstock, kita terlebih dahulu harus mendaftar menjadi Kontributor dulu. Ada beberapa utama yang perlu kita siapkan, seperti Passport, 10 Karya bisa berupa vector atau Foto dan Alat pembayaran. Untuk Tata cara daftarnya secara lengkap silahkan baca disini: Step by Step Mendaftar di Shutterstock.

Mau coba bergabung menjadi Kontributor?

Silahkan Klik Banner dibawah jika Anda ingin menjadi kontributor dan berjualan Vector





Silahkan Klik Banner dibawah jika Anda ingin menjadi kontributor dan berjualan Foto





Silahkan Klik Banner dibawah jika Anda ingin menjadi kontributor dan berjualan Vidio




Nah, demikian sedikit penjelasan tentang Apa itu Shutterstock dan seperti apa peluang yang bisa kita dapatkan.

Semoga bermanfaat

(Baca: Step by Step Berjualan Vector di Shutterstock)

Yusufsangdes | 2016

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:


Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

21 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Iya saran saya, kamu jual di Shutterstock saja: https://submit.shutterstock.com/?ref=2673139, krn tiap 1 gambar Vector illustrasi bisa didownload beberapa kali.

    BalasHapus
  3. waduh kok pakai passpord segala ya?

    BalasHapus
  4. Iya mas Anis, passport itu sebagai alat untuk perlindungan karya kita. Jadi verifikasinya sndiri untuk memastikan bahwa karya kita itu betul2 kita yang membuatnya..

    BalasHapus
  5. kalau ga punya berarti ga bisa?? kalau pake driving license bisa ga ??

    BalasHapus
  6. Klo keuntungan yg di dpt shuttetstock sendiri apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mereka dapat Keuntungan yg lebih besar...karena mereka mendapat beberapa persen dari hasil penjualan vector kita. Nah, keuntungan itu mereka gunakan untuk mempromokan Website mereka, secara tidak langsung maka Portofolio kita kan semakin mudah juga dilihat oleh buyer diluar sana....Jadinya kita juga secara otomatis dapat untungnya juga. Jadi semacam hubungan Simbiolisme, atau saling menguntungkan...Semoga mencerahkan ya.

      Hapus
  7. Kalau udah jd kontributor di shutterstock apakah harus upload setiap hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak harus mas......Sampai berbulan2 gak upload juga gak apa2...cuma kan klo jarang upload gimna mau meningkat earningnya.

      Hapus
  8. mas cara masuk ke halaman yag bebas tanpa pakai paspor gimana ya?

    BalasHapus
  9. Disini mas: https://www.sangdes.com/2018/08/cara-daftar-shutterstock-tanpa.html

    BalasHapus
  10. Mas, kalo withdraw ke rekening bank lokal, bank nya yg mana aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo pencaiuran ke Bank lokal saya sih gak pernah mas...sy biasanya lewat paypall aja, trus dri paypal saya cairkan ke bank lokal saya.

      Hapus
  11. Maaf mas yusuf, saya baru belajar, apa uplod poto sembarang bsa mas,sya sdah di terima di kontributor tanpa pasport, sdah coba uplod poto masuk tadi, cma blum tahu cara uplod video, bgaimana cara mengetahuai klau poto kita di terima,

    BalasHapus
  12. Duh mas aku gak dong sama sekali apa itu vector paypall dll bisa jelaskan mas wkwk

    BalasHapus
  13. Mas......cara biar foto terbebas dari noise gmn???aq pake kamera hp...

    BalasHapus
  14. Yang paham tentang shutterstock adagak,kalau ada bisa bagi no wanya??

    butuh bantuan

    BalasHapus
  15. Mas bisa gak daftar di SS tanpa pasport?

    BalasHapus
  16. mas tanya, misal desain kita sudah dibeli orang nih, dan royalty tetap kita yg punya.. apakah orang itu berhak memakai ilustrasi kita di media komersil miliknya misalkan dia nyablon baju dan dijual dengan gambar yg sudah dibeli dari kita.. apa boleh? atau apa ada ketentuan nya dia boleh pakai untuk 1 baju dan harge nya beda kalo mau dicetak di kaos yg banyak.. dan bagai mana cara kita menuntut jika ada pelanggaran? hehehe maaf panjang, Newbie.

    BalasHapus
  17. Siang mas, barusan saya tidak sengaja membaca sebuah artikel ttg shuttershot ini, saya kira hanya dengan meng-upload sebuah foto tertentu s dengan modal kamera handphone saja kita bisa dapat income, setelah saya membaca kembali artikel mas ini,ternyata kita harus mempunyai sebuah karya lalu menguploadnya di web shuttershot kemudian apabila ada yg mendownload baru kita dpt income ? Apa benar begitu mas ? Mohon pencerahannya sedikit mas 🙏

    BalasHapus

Banner-Horisontal

Langganan Adobe

Langganan Produk Adobe Creative Cloud disini! Klik Here!
BANNER-Sandes-Daftar-Shutterstock-Gif-Blog
BANNER-KELAS-AI-UNTUK-BLOG

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock

Banner-Font-Gratis
Podcast_Banner_yusufsangdes