Home » , » 7 Tipe Kontributor Shutterstock yang Wajib Anda Ketahui

7 Tipe Kontributor Shutterstock yang Wajib Anda Ketahui

Posted by SangDesStock on 2/14/2018

Alhamdulillah, setelah beberapa hari ini disibukkan dengan kesibukan nyetok di Shutterstock dan juga menyelesaikan order di fiverr akhirnya bisa sempat menyelesaikan tulisan ini dengan judul 7 Tipe Kontributor Shutterstock yang Wajib Anda Ketahui. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab kebingungan beberapa calon kontributor dan kontributor baru (newbie) yang masih ragu-ragu untuk mau menjadi kontributor seperti apa di Shutterstock ataupun di Agency Microstock lainnya? dan terlebih lagi masih bingung akan jenis karya apa yang mau dijual. Kalau membahas masalah ini memang agak susah menjelaskannya karena masing-masing  kontributor mempunyai kemampuan beda-beda...mulai dari amatir, Expert hingga tingkat dewa dalam hal skill desain. Tapi gak ada jaminan buat yang expert untuk bisa benar2 sukses di bisnis microstock. Tapi bagi yang skillnya tingkat dewa bisa dipastikan peluangnya sangat besar. Sekali lagi ini masih perkiraan, karena dibisnis ini sama sekali gak ada rumus pasti.
   

Selain itu, melalui tulisan ini saya juga ingin menjelaskan bahwa peluang untuk menghasilkan Dollar di Shutterstock itu bukan hanya dari kalangan Desainer, fotografer maupun videografer, akan tetapi siapa saja bisa menghasilkan Dollar di Shutterstock. Namun tentu saja perlu sedikit tambahan pengetahuan dan usaha yang lebih. Nah, hal ini nanti akan saya jelaskan pada poin-poin terakhir tulisan ini, yang juga menjadi bagian dari salah satu tipe contributor di Shutterstock.

Nah, sebelum menjelaskan panjang lebar. Saya ingin mengatakan bahwa pada akhirnya kita harus memilih mau jadi kontributor seperti apa.? Berdasarkan pengalaman saya sebgai kontributor kurang lebih 2 tahunan, saya menemukan bahwa ada 7 tipe kontributor microstock di Shutterstok yang bisa kita pilih.
Berikut ke 7 tipe kontributor itu antara lain:
  1. Fokus satu Niche. Yuk kita bahas dulu tentang niche di bisnis microstock. Menurut mas Reza Pahlevi dalam Grup microstock di telegram, bahwa Niche itu adalah “Hal Spesifik yang menjadi sasaran”. Saya sepemikiran dengan mas Reza. Dalam bisnis istilah Niche bisa diartikan sebagai Segmen Pasar.
Nah, dibisnis microstock beberapa kontributtor fokus pada tipe ini. Misalnya saja yang paling saya kenal yaitu oktora (Indonesia) dan KengMerry (Thailand). Nah, saya akan bahas oktora dulu. Oktora bisa saya bilang adalah kontributor yang paling tepat memilih niche. Konon katanya dia pernah dapat 2000$ (cuma dengar2 aja) dengan jumlah vector yang gak terlalu banyak. Niche yang dipilih oleh Oktora adalah desain-desain bertema islami dengan konsep realistic background. Segmen pasarnya pastinya sangat jelas yaitu orang-orang arab. Atau bahkan negara-negara yang jumlah agama islamnya lebih dominan, termasuk Indonesia. Sedangkan sasaran momennya pastinya perayaan hari besar islam, seperti Ramadhan atau Idul fitri. (Semoga mbak Oktora membaca tulisan ini).

Yuk, saya lanjut bahas Keng Merry. Sang paper artist di Shutterstock. Niche yang dipilih dari Keng Merry adalah dari segi style, yaitu style paper art dengan tema yang menyesuaikan dengan momen hari besar dunia. Penghasilan keng Merry bisa dibilang sangat besar ya...klo tdk salah dia pernah pamer earning yang sangat wauh. Klo tidak salah sekitar 2000-5000$ / bulan dengan jumlah portofolio yang gak begitu banyak. Oktora dan Keng Merry adalah salah satu contoh  contributor yang berhasil di Shutterstock dari sekian banyak Kontributor yang fokus pada tipe ini.


Portofolio Keng Merry
Nah, sampai sini dah agak paham kan tentang niche? Klo bisa saya simpulkan kontributor yang biasax fokus pada 1 niche adalah calon-calon kontributor yang masa depannya cerah. Lah...lantas kenapa saya sendiri gak fokus pada 1 niche? Alasanya, simple aja karena saat bergabung jadi kontributor di Shutterstock belum ada yang menulis pencerahan seperti tulisan saya ini. Jadi jalan aja..... Eits, tapi kok knapa yang top 1 kontributor di Shutterstock adalah Macrovector (Singapura) yang mana kontributor ini bukan penganut 1 niche, tapi contributor dengan karya rasa Gado-gado. Nah, nanti saya akan bahas pada poin ke empat
  1. Tipe Pengikut Trend. Kontributor tipe ini bisa dibilang lumayan banyak juga. Saya juga termasuk salah satunya (Nih link Portofolio saya). Kontributor seperti ini memanfaatkan momen-momen besar dunia. Misalnya New year, valentine bahkan Ramadan. Ada yg mengatakan resiko tipe seperti ini adalah desain yang kita buat akan basi ketika momen itu lewat. Tapi menurut pengalaman saya desain-desain itu akan tetap laris meski momen telah lewat. Penyebabnya adalah karena keyword yang kita buat pada dasarnya masih menggunakan keyword-keyword umum, jadinya masih akan muncul dipencarian. Namun perlu diketahui untuk sukses sebagai kontributor seperti ini harus tetap memgutamakan kualitas juga. Jadi pada dasarnya kualitas selalu menjadi nilai plus dan plus. Dan realitanya vector-vector yang selalu menempati posisi paling top markotop adalah vector yang sesuai dengan trend yang berlangsung saat itu. Misalnya saja saat tulisan yang saya buat ini maka vector yang lagi trend adalah vector bertema Chinese New Year dan Valentines. Salah satu kontributor yang sukses dengan tipe ini adalah HstrongART's. Nah jadi mau jadi tipe kontributor mana? Jangan dijawab dulu masih ada 5 tipe lainnya.

  1. Tipe Kombinasi. Ya....namanya kombinasi ya menggabungkan kedua tipe 1 dan 2. Ringkasnya, kontributor seperti ini sudah menentukan stylenya terlebih dahulu dan kemudian dengan style itu membuat desain yang bertemakan moment yang sedang trend. Nah, salah satu contohnya adalah andrewvect's. Nah, ringkaskan!!!
  1. Mengutamakan kualitas dibanding kuantitas atau sebaliknya. Tipe ini adalah tipe yang paling keren klo saya bilang. Biasanya kontributor seperti ini punya keahlian tingkat dewa (pengandaian hiperbolic). Nah....menjawab pertanyaan poin 1, tentang mengapa Macrovector merajai top contributor vector di  Shutterstock adalah karena memang kualitas vectornya yang yahood. Selain Macrovector, banyak kobtributor lain yang sangat mengedepankan kualitas, diantaranya HstrongART's, Natykach Nataliia's  dan masih banyak lagi deh...... Nah lain lagi dengan yang mengutamakan kuantitas, biasany tipe kontributor ini jumlah halaman portofoliox sampai berlapis-lapis....hingga ribuan halaman, dan isinya biasanya berupa icon-icon      sederhana dengan eksekusi desain yang simple pula. Nah, beberapa desainer yang berhasil dengan tipe ini antara lain: Aha-Soft  dan Irina Sulimas
    Portofolio HstrongArt
  2. Contributor to contribute (Istilah asal…ala gue). Tipe ini biasanya digeluti oleh orang-orang yang sama sekali bukan dari kalangan desainer ataupun fotografer atau bahkan videografer. Caranya adalah sangat mudah. Yaitu cukup membuat akun kontributor biasa. Kemudian setelah terverifikasi....saatnya buka lowongan di sosmed, tentunya lowongan untuk jadi kontributor di akun Shutterstock kita. Ya, jadi kontributor seperti ini biasanya memfasilitasi desainer yang gak bisa daftar karena gak punya paspor ataupun Paypall atau bahkan desainer yang sama sekli gak ngerti tentang Internet Marketing.
  1. Tipe referaller. Nah, tipe ini sebenarnya tipe yang sangat langkah dan bahkan bisa dibilang di Indonesia mungkin belum ada yang menggelutinya. Cara kerja kontributor seperti ini yaitu cukup mendaftar sebagi kontributor mungkin hanya 1 sampai 2 vector atau fotonya saja. (Baca Step by Step Mendaftar Shutterstock). Nah bermodal akun itu kemudian berusaha mencari referral yang banyak dengan cara membuat tutorial berupa tulisan di blog atau video di youtube, vimeo dll. Namun, jujur penjelasan tipe ini gak terlalu banyak....akan tetapi intinya penghasilan dari tipe ini berasal dari penjualan para referral. Biasanya tipe ini digeluti oleh orang yang bukan berasal dari kalangan desainer atau fotografer tapi orang-orang umum yang expert dalam internet marketing. Nah, salah satu contoh kontributor ini adalah pemilik akun youtube . Candy Love...Hmmmmm......jika kamu bukan desainer ataupun fotografer bisa coba-coba menggeluti tipe ini. Dan perlu diketahui juga bahwa semua kontributor bisa juga menggeluti tipe ini sebagai tambahan pemasukan dari referral.
  1. Afilliater atau Reseller program. Nah, tipe ini mungkin yang paling beda. Cara daftarnya pun sepertinya beda. ( untuk syarat daftar mungkin bisa kunjungi link ini) .Saya sendiri belum punya penjelasanya secara lengkap. Akan tetapi setahu saya website berbagi vector grafis seperti Vecteezy.com dan freepick.com pada awalnya hanyalah website affiliasi untuk mefasilitasi promosi dari Shutterstock. (Belum ada referensi tulisan yang pasti, akan tetapi, hanya anggapan sementara yang didasarkan atas munculnya beberapa vector Shutterstock ketika kita melakukan pencarian di freepick namun bukan yang bentuk iklan adsense dari google.
Photo by Pixabay
Nah, dari ke-7 tipe diatas anda termasuk tipe yang mana atau mau daftar tipe yang mana? Silahkan dijawab via komentar di blog ini ya. Dan sebagai penutup saya ingin menyimpulkan, bahwa tipe apapun Anda, maka Anda akan selalu punya peluang yang sama untuk menghasilkan ribuan Dollar di Shuttertock…karena kadar Rezeki kita sudah ditentukan oleh Yang Maha Pemberi Rezeki. Nah, kerja keras dan Doa tentunya adalah bagian terpenting untuk menggapai kesuksesan di Shutterstock. Akhir kata….yuk kita nyetok dengan cerdas……dan #ayosubmitgan

Sekian dan semoga bermanfaat.

Yusuf Sangdes 2018

   


Mau sukses di bisnis microstock yuk Daftar di Shutterstock via Link Referralku. Caranya Cukup klik Banner diatas. jika sudah silahkan chat Saya via WA 085256679092 dan saya akan memandu anda dari proses pendaftaran hingga menghasilkan 100$ pertama.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!


>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:


Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:



Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:


Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

15 komentar:

  1. Aq paling suka punya kengmery.. Tak download semua kalo gratis whahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw...semua berbayar mas

      Hapus
    2. makanya.... BTW yang main background aja itu sampai jutaan itemnya

      Hapus
  2. baca tulisan2 jd kepengen gbung jd distributor shutterstock tp desain masih abal2 bngett..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain yang dijual gak harus bagus banget mas...Karena perlahan sambil jualan kita bisa tingkatkan skill juga....jadi mulailah dri yang biasa dulu

      Hapus
  3. mau ikutan jadi kontributor tp masih bingung caranya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa bingung mbak saya sudah buat tutorialnya disini loh: https://www.youtube.com/channel/UCPbv2aM_6dpo3gvb2A3AVZg/videos?view_as=subscriber

      Hapus
  4. Nasib ga punya passpor, belom bisa daftar kontributor, eh gan mbok sesekali ulas microstok lain, freepik misalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKrg dah bisa daftar gan mesti tanpa paspor. SIlakan baca ini: https://www.sangdes.com/2018/08/cara-daftar-shutterstock-tanpa.html

      Hapus
  5. SKrg dah bisa daftar gan mesti tanpa paspor. SIlakan baca ini: https://www.sangdes.com/2018/08/cara-daftar-shutterstock-tanpa.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Mas, ternyata daftar g pake paspor sdh bisa. Saya sdh mencobanya lewat tutorial mas sangdes. Alhamdulillaah, akhirny saya bisa jd contributor shutterstock. Terima kasih mas sangdes. Oh ya, mas sangdes apakah saya boleh belajar lewat wa sampean.

      Hapus
  6. beneran ta mas..tanpa paspor bisa?

    BalasHapus
  7. Bisa banget mas, silahkan baca disini selengkapnya: https://www.sangdes.com/2018/08/cara-daftar-shutterstock-tanpa.html

    BalasHapus
  8. makasih gan itung'' mau coba coba klo bisa beneran lumayan buat kerja sampingan :) maaf pemula softwware yg enak apa ya gan ?

    BalasHapus

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2