Home » , , , , » Makna Filosofis dan Pedoman Penggunaan Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Makna Filosofis dan Pedoman Penggunaan Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Posted by SangDesStock on 8/05/2018



Makna Filosofis dan Pedoman Penggunaan Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia-Tak terasa bulan Agustus 2018 telah tiba.Bulan ini ada 2 Perayaan Besar di negara kita ini. Yang pertama perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Tahun kemudian disusul dengan Momen pelaksanaan Asian Games 2018.

Memang, tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI kita juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia dipercayakan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.

Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.

Tema “Energi” dan “Kerja” pun diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Suasana salah satu Lorong yang penuh dengan Hiasan-hiasan bertema Kemerdekaan Republik Indonesia.
 Foto:yusufsangdes
Euforia kedua Perayaan besar ini sudah terlihat dimana-mana.Bendera-bendera merah putih telah berkibar dimana-mana. Spanduk dan baliho HUT Ri ke 73 dan Asian games pun mulai memenuhi sudut-sudut jalan perkotaan. Setiap spanduk memiliki logo 73 tahun yang seragam. Nah, itulah logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang baru-baru saja diluncurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

Sejatinya, logo-logo perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia selalu memiliki kesamaan bahkan terlihat minim kreatifitas. Namun sejak 4 tahun ini Kreatifitas logo semakin tertata dan kaya akan kreatifitas. Lihat saja perubahan logo Ulang Tahun Republik Indonesia dari tahun ke tahun dibawah ini.
 Perubahan Logo  Kemerdekaan Republik Indonesia dari tahun 2005-2014
 Logo  Kemerdekaan Republik Indonesia dari tahun 2014-2018

Nah, dari kesekian logo diatas maka Logo 73 tahun ini terlihat lebih elegan dan kaya akan kreatifitas. Ya...Mungkin logo ini berhasil menerjemahkan semangat kaum milenial yang semakin kaya akan kreatifitas. Hal ini sangat terlihat dari pembuatan logo dan Makna Filosofis Logo ini.

Makna Filosofis Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Logo HUT Kemerdekaan ini terinspirasi dari semangat Asian Games XVIII, yang mengambil tema "The Energy of Asia". Pada logo terdapat dua Guratan yaitu guratan tebal dan Tipis. Guratan tegas pada logo HUT RI melambangkan semangat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Sedangkan Guratan tipis melambangkan keluwesan dan Dinamisasi.

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini juga terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.

Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Dari inspirasi diatas itulah akhirnya dilahirkan logo dengan komposisi yang sangat dinamis. Yang mana dalam pembuatannya menggunakan teknik Grid dengan penuh perhitungan sehingga terjadi kesemibangan didalamnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga
konsistensi dan citra karakter, serta menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.

Sedangkan huruf atau font yang digunakan logo ini adalah Geometria sebagai typeface primer yang digunakan untuk slogan logo 73 tahun Kemerdekaan RI. Dan warna yang digunakan masih menggunakan warna-warna logo sebelumnya yaitu Kombinasi Merah dan Putih. Serta sedikit penggunaan warna hitam pada bagian Slogan.
Huruf atau Font Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia
Download Fontnya DISINI


Warna Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia


Pedoman Penggunaan Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Untuk penggunaan logo HUT RI ke 73 Tahun 2018 ini, pemerintah telah mengeluarkan panduan pedoman penggunaannya. Penggunaan Logo Logo 73 Tahun KemerdekaanRepublik Indonesia telah diatur sedemikian rupa. Hal ini dimaksudkan agar menjaga konsistensi dan penggunaan citra karakter logo, serta menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya. 

Dibawah ini adalah pedoman penggunaan logo HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 dalam bentuk gambar, yang diambil dari situs Kemensetneg RI. Silahkan 


Vector Logo 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Nah, bagi teman-teman yang membaca tulisan ini dan ingin menggunakan Logo ini maka saya juga melampirkan Filenya dalam bentuk Vector yang dapat teman-teman download secara gratis.


Demikian tulisan saya kali ini yang membahas seputar dunia logo dan perkebangan dunia brand. Semoga bermanfaat.

Yusufsangdes| 2018




-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!

>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:

Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:

Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:



   
























Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2