Home » , , , , » Pengertian Editorial Vector dan cara Submit di Shutterstock

Pengertian Editorial Vector dan cara Submit di Shutterstock

Posted by SangDesStock on 9/28/2018

Pengertian Editorial Vector dan cara Submit di Shutterstock -Hai teman-teman para pembaca setia blog sangdestock! Bagaimna kabar earning kalian? hmmm…pastinya semakin hari semakin bertambah kan, apa lagi klo sudah baca berbagai Tips-tips Sukses microstock di blog sangdes.

Nah, kali ini kembali saya ingin memanjakan teman-teman kontributor yang kerap kali bertanya tentang, Apakah bisa menjual gambar atau desain yang menunjukkan wajah tokoh-tokoh dunia, sepeti Obama, Steve Jobs atau berbagai tokoh lainnya.?atau apakah desain-desain WPAPatau style desain apapun  yang menggambarkan wajah tokoh dunia bisa dijual di Shutterstock juga ya? Jawabnya Ya……….tentu saja bisa. Desain dengan jenis seperti itu masuk kategori Editorial vector. Tahu nggak dengan Editorial vector itu?Hmmmm…klo belum tahu saya jelaskan dulu secara singkat apa itu Editorial Vector ya.

Pengertian Editorial Vector

Editorial vector adalah gambar/ image atau vector yang tidak boleh digunakan untuk kepentingan periklanan dan commercial lainnya akan tetapi hanya bisa digunakan sebagai illustrasi ilustrasi dalam berita, Majalah, Buletin atau tulisan yang mengambarkan sebuah event yang fungsinya sebagai pelengkap ( sumber: shutterstock blog).

Editorial vector itu bisa berupa wajah tokoh-tokoh dunia, selebritis dan bahkan termasuk bangunan-bangunan terkenal didunia seperti Menara eifel, world trade center dll.

Baca juga: Kriteria Vector, Foto dan Footage di Shutterstock

Nah, sampai disini sudah sedikit paham kan tentang Editorial Vector?Hmmm pastinya  sudah kan….Okay selanjutnya kita akan coba praktekkan cara submit di Shutterstock agar bisa di Approved dan terjual. Biar gak berlama-lama silahkan simak penjelasan saya dibawah ini.

Cara Submit Editorial Vector

Untuk submit editorial vector ini sebenarnya cukup mudah. Bisa dibilang sebagian besar hampir sama dengan cara submit seperti biasanya. Untuk tata cara lengkapnya silahka ikuti dibawah ini.
1. Persiapkan Editorial vectornya. Pastikan sudah dalam bentuk eps.10 dan JPGnya.

2. Silahkan upload seperti cara biasa saat mengupload vector di shutterstock.
Proses Upload secara reguler

3. Jika, sudah silahkan lengkapi metadanya. Nah, pada bagian inilah letak perbedaan cara submit editorial vector dengan vector regular. Berikut ini adalah langkah-langkah pengisian metadata:
  • Pertama-tama sebelum mengisi deskripsi, pastikan dibagian usage kita sudah memilih editorial. Jika, sudah maka silahkan isi deskripsinya
  • Pengisian deskripsi harus meengikuti kaidah berikut. Yaitu:  Nama daerah atau tempat anda sekarang saat mengupload, trus tuliskan Bulan tanggal dan tahun. Selanjutnya baru dikuti penjelasan deskripsi vector yang anda upload. Lebih jelasnya perhatikan penulisan berikut untuk vector Steve Jobs yang telah saya upload ini. Perhatikan Penulisan untuk editorial vector diatas. Yaitu Makassar Indonesia, September 26th 2018, Steve Jobs, founder of Apple Inc Company.
  • Setelah mengisi deksripsi, maka selanjutnya isilah kategorinya. Untuk pengisian kategori ini seperti cara regular saja. Mislanya untuk desain steve Jobs diatas saya memilih kategori People dan Celebrities.
  • Lalu, pada bagian Notes for Viewer perlu kita isi juga. Nah, dibagian ini kita pilih Illustration Without Referencee. (hal ini kita lakukan karena untuk jenis Vector Editorial memang sejatinya gak memerlukan Release).
  • Jika sudah, maka selanjutnya kita lengkapi keywordnya. Untuk pengisian keyword juga masih menggunakan cara regular seperti biasa saja. Bisa menggunakan keyword suggestion atau secara manual satu persatu.

Pengisian Metadata untuk Editorial vector yang benar


4. Setelah bagian metadata diatas sudah anda lengkapi. Maka silahkan teman-teman Submit vector kalian seperti biasanya. Untuk proses atau ;lam review vector seperti ini juga menggunakan waktu norma seperti biasanya.

Editorial vector yang Sold
5. Jika proses submit telah berhasil, maka saatnya kita berdoa semoga Editiroal vector kita bisa segera laku dan bahkan laris. Seperti editorial vector say yang baru berapa hari saya upload langsung ada yang beli.

6. Jika penjelasan diatas belum sepenuhnya teman-teman mengerti maka silahkan tonton juga tutorialnya via youtube pada video dibawah ini. Jika menurut teman-teman videonya bermanfaat maka jangan lupa share and Subscribe ya!



Okay, demikian dulu ya tulisan saya kali ini. Semoga teman-teman bisa memahaminya dengan sangat jelas dan bisa segera mempraktekkannya. Semoga bermanfaat, dan sampai ketemu ditulisan saya berikutnya.

Catatan penting: Untuk jenis Editorial vector yang teman-teman buat sebaiknya menggunakan referensi dari Foto hasil jepretan sendiri. Atau kalau gak bisa foto sendiri maka bisa membuat sketsa dulu dikertas untuk foto yang akan dibuat Editorial vector untuk menjaga originalitas karya.

Baca juga: Cara jual Foto di Shutterstock dan Dibayar Dollar

Yusufsangdes 2018



Silahkan Lihat dan Beli vector saya:


Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:

Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:

Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:




   

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2