Home » , , , » Langkah-langkah Membuat Vector Eps.8 atau Eps.10 di Adobe Illustrator

Langkah-langkah Membuat Vector Eps.8 atau Eps.10 di Adobe Illustrator

Posted by SangDesStock on 8/14/2018



Langkah-langkah Membuat Vector Eps.8 atau Eps.10 untuk Shutterstock di Adobe Illustrator-Bagi teman-teman desainer Grafis yang berniat ingin terjun ke bisnis Microstock  yaitu salah satunya menjadi contributor Shuttertsock harus paham betul dengan jenis File vector EPS.8 atau EPS.10. Karena jenis file vector inilah yang menjadi persyaratan utama sebuah desain vector bisa dijual di agency-agency microstock.

File vector dengan tipe EPS atau Encapsulated PostScript ini adalah jenis file vector yang memungkinkan dibuka dan di edit di semua software grafis. Sehingga vector jenis ini bisa dikatakan bersifat universal. Nah, untuk mendapatkan atau mengsave desain kita menjadi desain berekstensi EPS.8 atau EPS.10 ini maka harus menggunakan Software Adobe Illustrator Tipe apapun misal CS ataupun CC.

Nah desain yang berekstensi EPS.8 atau EPS.10 inilah yang bakalan kita upload dan jual di agenci-agenci microstock seperti Shutterstock. Biasanya saat mengupload vector di Shutterstock harus juga melampirkan file JPG dengan penamaan yang sama dengan file vectornya. Jadi, sekali lagi sebelum terjun berjualan desain vector di shutterstock harus memhami langkah-langkah mengsave desain ke vector EPS.8 atau EPS.10.

Jadi, untuk  mengsave desain kita sehingga berekstensi EPS.8 atau EPS.10 sangatlah mudah apalagi jika teman-teman adalah pengguna Sofware Adobe Illustrator (AI). Namun, jika belum mengetahui langkah-langkahnya maka silahkan teman-teman ikuti langkah-langkah membuat file vector berekstensi EPS.8 atau EPS.10 berikut:

1. Buat desain anda di Adobe Illustrator . Bisa desain dalam bentuk Background, Kartun,  Logo template ataupun pattern (tergantung file yang akan anda jual di Shutterstock). Bisa menggunakan artboard berukuran 800px X 800px ( ukuran artboard  yang sering saya gunakan) atau bisa juga *00 px X 600px yang jelas salah satu ukurannya 800px..

Contoh desain Brosur yang siap di save ke EPS .( Klik gambar untuk memperbesar)

2. Setelah desainnya selesai maka pastikan pada desain itu nggak ada Patch yang terbuka ataupun object yang tersembunyi ataupun object yang telah terbitmap.

3. Pastikan juga setiap Garis dan font telah terexpand/ convert.

4. Jika semua telah di cek, maka silahkan save as desain anda dan pilih Illustrator eps pada bagian kolom Save As Type.
Tampilan Save As Type ( Klik gambar untuk memperbesar)

5. Setelah itu akan muncul box EPS Option. Nah silahkan pilih Illustrator 10 EPS atau Illustrator 8 EPS. Untuk pengaturan lain di box ini default saja.

Box EPS Option ( Klik gambar untuk memperbesar)

6. Kemudian akan mencul pemberitahuan seperti ini 
     Saving this Document in an olde format.....bla...bla...bla dst.

Notifikasi Save as ( Klik gambar untuk memperbesar)
Silahkan centang Don’t’ Show again dan klik Okay

7. Setelah itu Porses Savenya telah berjalan, dan tunggu hingga selesai. 

Proses save yang sedang berjalan ( Klik gambar untuk memperbesar)

8. Jika sudah silahkan cek Vector eps anda dan pastikan iconnya seperti gambar dibawah. Nah jika sudah maka anda telah berhasil membuat desain anda berekstensi Vector EPS.8 atau EPS.10 dan pastikan ukurannya maksimal 15 MB.

Tampilan Icon Vector EPS 8 atau EPS 10 dan JPGnya

Nah, cukup mudah kan membuat fille vector jenis ini. Jadi silahkan teman-teman praktekkan mulai dari sekarang . Untuk jenis file vector ini bukan hanya bisa diijual di Shutterstock saja akan tetapi di semua agency Microstock juga menggunakan jenis file yang sama.

Jika belum 100% mengerti tentang langkah-langkah diatas maka silahkan tonton video cara membuat vector EPS.8 dan EPS.10 ini pada video dibawah ini:

Semoga bermanfaat!

Yusufsangdes| 2018

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NB: Demi keberlangsungan tulisan saya diblog ini saya berharap teman-teman bisa melakukan "Donasi Klik". Donasi Klik adalah Donasi dalam bentuk klik, anda saya persilahkan mengklik Tulisan-tulisan bold di bawah. Jadi, bukan donasi dalam bentuk $$$ ya!

>Klik 1<          >Klik 2<           >Klik 3<           >Klik 4<        >Klik 5<             >Klik 6< 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:

Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:

Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:



   








Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2