Home » , , , » Jenis Earning dan Lisensi di Shutterstock

Jenis Earning dan Lisensi di Shutterstock

Posted by SangDesStock on 11/11/2018



Jenis Earning Kontributor dan Lisensi di Shutterstock- Sebagai kontributor di Shutterstock kita akan mendapatkan royalty/earning setiap salah satu karya kita yang telah teraproved, dibeli oleh buyer di shutterstock. Besaran earning Royalty itu sangat bergantung dengan jenis Download yang dipergunakan buyer saat mendownload karya kita. Apakah itu bersifat Lisensi atau Langganan saja atau gabungan keduanya atau berdasarkan paket Khusus yang dipilih buyer. Nah, untuk melihat detail ringkas penghasilan teman-teman bisa lihat di Earning Breakdown dibawah ini.

Sumber: https://submit.shutterstock.com/payouts

Nah, kita lanjut. Jenis-jenis paket download yang memungkinkan dipilih oleh buyer di Shutterstock itu ada beberapa . Yang mana pembelian paket itu akan mempengaruhi besaran royalty/earning yang kita dapatkan juga , seperti yang teman-teman bisa lihat jenisnya di Earning Summary teman-teman. Nah untuk penjelasan ringkas mengenai  Jenis-jenis paket download dan Lisensi yang ada di Shutterstock silahkan  pada penjelasan dibawah ini : 

1. Subcription (Langganan)
Klik untuk memperbesar
Jenis paket pembelian ini adalah merupakan paket langganan standar (non Licensi) yang bisa dipilih buyer yang mana nilai royalty yang kita dapatkan yaitu dari 0,25$ sampai 0,38$. Peningkatan besaran earning Royalti ini mengikuti Tingkat penghasilan teman-teman sebagaimana yang telah dijelaskan di Earning Breakdown, yaitu ketika penghasilan teman-teman sudah mencapai batas tertentu. Paket langganan ini jumlahnya sendiri sudah ditetapkan oleh Shutterstock yaitu hingga 750 gambar / bulan dengan status penggunaan standar juga. Untuk lebih jelas tentang ketetapan paket standard ini bisa dilihat disini: https://www.shutterstock.com/subscribe (Paket ini adalah paket pembelian yang bisa dipilih oleh buyer).


2. On Demand
Jenis paket ini merupakan salah satu paket yang memungkinkan buyer untuk membeli Karya kita diluar dari ketetapan Paket Standar diatas. Paket ini termasuk Paket Peningkatan (Enhanced). Peningkatan dalam hal ini lebih kepada tingkat batasan penggunaan berdasarkan lisensi tertentu (Lebih jelasnya lihat pada penjelasan Enhanced pada poin selanjutnya). Royalty yang kita dapatkan dengan pembelian melalui paket ini yaitu 1,88$ sampai 2,85$ perdownload. Besaran ini juga dipengaruhi dari Lifetime Earning teman-teman.

3. Enhanced
Klik untuk memperbesar
Jenis paket ini merupakan salah satu  paket yang nilainya royalty/ earningnya lumayan besar berkisara anatara 20% dari haraga pembelian dan akan meningkat hingga, 25%, 30%, sesuai dengan Lifetime earning teman-teman. Namun besarannya tidak ditentukan secara spesifik karena amat bergantung kepaada jenis Licensi penggunaan yang sduah disepakati anatarra buyer dan Shutterstock. Untuk lebih jelas penjelasan tentang batasan penggunaan Lisensi Enhanced ini silahakn liha disini: https://www.shutterstock.com/license-comparison.

4. Single and Other
Untuk jenis paket pembelian ini sangat dipengaruhi oleh jenis atau tujuan penggunaan suatu karya dengan ketentuan yang hampir sama dengan Enhanced. Namun memiliki tambahan ketentuan khusus dalam hal untuk penggunaan yang bersifat sensitif, misalnya untuk digunakan untuk promosi produk Rokok, Minuman keras atau semacamnya. Karena adanya ketentuan khusus ini maka besaran nilai Royaltynya juga lebih besar dengan paket standar. Untuk memahami lebih jelas tentang paket ini bisa baca disini: https://www.shutterstock.com/blog/individual-image-licenses-update

5. Full License
Paket ini merupakan paket khusus yang nilainya ditetapkan berdasarkan pembicaraan anatra Buyer dengan  pihak Shutterstock. Yang mana ketika pembelian ini terjadi maka berujung pada penghapusan Karya kita dari portofolio sebagai bagian dari pelepasan hak kepemilikan dari kontribuutor kepada buyer. Besaran atau nilai Royalty yang kita dapatkan amat sangat beragam, namun nilanya sangat tinggi. Bahkan ada yang sempat mendapatkan pemblian ini dengan nilai royalty sampai 2000$/ 1 karya. 

6. Referral
Klik untuk memperbesar
Untuk jenis penghasilan atau earning dari referral ini ada dua macam. Yang pertama adalah Referral Customer. Yaitu jenis earning referral yang kita dapatkan dengan mengajak konsumen untuk berlangganan di Shutterstock  yang nilainya hingga 200$ yang diperoleh dengan ketentuan tertentu. Jenis referal yang kedua yaitu Referral Kontributor, yaitu jenis earning yang kita dapatkan dari mengajak orang-orang untuk bergabung menjadi kontributor di Shutterstock dengan besaran 0,04$ yang diperoleh dari tiap download yang diperoleh Kontirbutor yang telah kita ajak gabung. Namun, nilai ini adalah nilai yang diberikan oleh Shutterstock, bukan mengambil dari earning sang Referral.

Penjelasan diatas sebenarnya berdasarkan sumber yang saya rangkum dari berbagai sumber yang kemudian saya satukan berdasarkan pemahaman saya selama menjadi kontirubutor. Jadi bisa jadi penjelasan tak sepenuhnya sempurna bahkan bisa jadi bersifat penjelasan setengah-setengah. Hal ini terjadi karena jenis-jenis lisensi dishuttertosk yang ditawarkan kepada konsumennya amat sangat beragam, yang sepenuhnya bisa dijelaskan tuntas oleah team SHutterstock itu sendiri. Namun, sedikit banyak penjelasan diatas bisa menjadi sebuah penjelasan sederhana yang bisa memahamkan teman-teman kontributor yang terkadang masih menemukan kebingungan terkait besaran earning/ royalty yang kadang didapatkan. 

Yusuf Sangdes | 2018

Silahkan Lihat dan Beli vector saya:

Silahkan Lihat Portofolio Saya diShutterstock:

Silahkan Lihat Vector Terlaris Saya di Shutterstock:

Silahkan pesan logo Via Fiverr dengan mengklik tombol hijau dibawah:

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3 Banner_Fiverr_Bawah2