Home » , , , » Dengan Aplikasi XPIKS, Isi Keyword cuma Sekali Bisa untuk Semua Agensi Microstock

Dengan Aplikasi XPIKS, Isi Keyword cuma Sekali Bisa untuk Semua Agensi Microstock

Posted by SangDesStock on 3/20/2019


Dengan Aplikasi XPIKS, Isi Keyword cuma Sekali Bisa untuk Semua Agensi Microstock Tak terasa bulan Maret 2019 akan segera berakhir. Waktu terasa berlalu begitu cepat. Dan apakah pertambahan jumlah portofolio teman-teman di Agensi-agensi microstock juga jumlahnya semakin bertambah?Hmmmm...pasti ada yang iya...ada juga yang tidak. Tapi saya yakin, penyebabnya bukan karena kurangnya produktifitas teman-teman dalam membuat vector. Pasti, karena capeknya mengisi metadata seperti , Deskripsi, judul dan keyword karya kita saat akan di upload. 

Nah, jika penyebabnya hanyalah karena itu, maka tak usah khawatir deh teman-teman Microstocker. Soalnya kali ini saya akan menyuguhkan tulisan yang terkait dengan solusi permasalahan tadi. Yang mana, Kali ini saya akan membahas salah satu Aplikasi paling powerful untuk para microstocker. Aplikasi ini bernama Xpiks. Merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengisi metadata file Design , Foto dan Footage. 

Dengan aplikasi Xpiks ini pekerjaan mengisi metadata khususnya Keywording terasa semakin ringan. Terlebih lagi aplikasi ini juga free download jadi tak perlu mengucurkan Dollar dari earning teman-teman untuk bisa menggunakannya. Namun, jika tetap ingin mendonasikan sebagian Dollar untuk pembuat aplikasi ini maka bisa kamu laukan juga. Jadi tunggu apa lagi silahkan Download aplikasinya disni:

Selain berguna untuk mengisi Metadata, aplikasi ini juga ternyata memiliki bbeberapa manfaat lainya. Diantaranya:

  1. Mempermudah Mengisi Metadata File, sehingga pengisian Metadata hanya sekali untuk semua agensi Microstock
  2. Memudahkan upload ke Berbagai Agensi Microstock
  3. Mempunyai Fitur Suggestion Keyword dari berbagai agensi, seperti Shutterstock, Istock dan Fotolia. Atau secara singkat dengan XPIKS, Isi Keyword cuma Sekali Untuk Semua Agensi Microstock.


Nah, pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan salah satu manfaatnya yaitu cara mengisi keyword dengan Xpiks yang cuma sekali saja dan langsung bisa di upload disemua agensi microstock yang secara otomatis Keyword dan Judulnya langsung terisi secara otomatis. Hal ini bisa terjadi karena dengan Xpiks, metadata itu langsung di buat pada file sumber.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah tata caranya:

1. Pertama-tama silahkan download aplikasi XPIKS langsung dari websitenya disini



2. Jika sudah maka silahkan Install atau jalankan aplikasi XPIKS. Untuk memudahkan pengoperasian setelah terinstal  maka jangan lupa taruh aplikasi ini di bagian Taksbar layar komputer, karena instalasi XPIKS biasanya terinstal di folder lokal. 


3. Setelah terinstal maka silahkan buka aplikasi XPIKS.


4. Dibagian depan tampilan XPIKS silahkan pilih Add Directory jika File kita berada dalam 1 Folder yang sama. Namun jika ingin mengupload secara satuan maka Pilih Add File. (Lihat gambar diatas)


5. Nah, kemudian kita coba upload satuan dulu. Caranya silahkan pilih Add File, hingga file itu berada dibagian depan XPIKS.


6. Nah, kemudian silahkan Isi deskripsinya sesuai dengan jenis file teman-teman. Begitupun dengan Tittle atau judulnya. Tittle dan deskripsi boleh sama, akan tetapi saran saya dibedakan saja dengan menambahkan 1 kata tambahan untuk Deskripsi. Karena sebagaian agensi microstock mengingnkan perbedaan antara Judul dan deskripsi. 


7. Kemudian kita akan mengisi keyword. Untuk pengisian Keyword ini bisa menggunakan Suggest keyword. Caranya, silahkan pilih menu Suggest Keyword dibagian kanan bawah kolom keyword. Ada 4 Pilihan Suggestion Keyword, seperti Shuttersock, Fotolia, Istock atau bahkan dari File desain kita sebelumnya (local files).




8. Sekarang dari langkah 1 hingga ke 8 telah selesai artinya proses Keywording dan pemberian judul dan deskrisi telah usai. Maka saatnya kita save.


9. Untuk mengsave proses tadi, maka kita perlu memilih Tombol Save. Yang mana sebelumnya kita pilih semua dulu dengan memilih All pada Tombol Selected.






Ya, dengan selesainya 9 langkah-langkah diatasa maka artinya kita telah melengkapi File desain, foto atau bahkan Footage kita dengan metadata. Yang mana metadata ini nantinya akan selalu mengikut di file asli desain ini. Jadi ketika kita mengupload di agensi microstock mana saja, maka secara otomatis akan terisi. Yang perlu kita lakukan hanya mengisi bagian Kategori saja. Kecuali freepik kita tak perlu mengisi kategori, namun langsung bisa di submit.

Kalau masih belum mengerti tata cara diatas maka silahkan Nonton tata caranya di Channel youtube saya sebagai berikut:




Semoga dengan adanya aplikasi Xpiks ini beserta penjelasan diatas maka saya berharap semoga teman-teman tidak terkendala lagi dalam menjalani proses keywording yang terkadang membuat jenuh. Semoga bermanfaat!

Yusuf Sangdes 2019






Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo_submit_gan_3

Search here

PodcaStock