Home » , , , , » Rebranding dan Makna Logo Baru TVRI (Televisi Republik Indonesia) 2019

Rebranding dan Makna Logo Baru TVRI (Televisi Republik Indonesia) 2019

Posted by SangDesStock on 4/01/2019


Rebranding dan Makna Logo Baru TVRI (Televisi Republik Indonesia) 2019- Televisi Republik Indonesia yang lebih kita kenal dengan TVRI kembali melakukan terobosan baru semenjak dipimpin oleh Helmy Yahhya. Terobosan ini berupa pergantian logo baru TVRI sejak logo terakhir dibuat sejak tahun 2007. Ini adalah perbuhan logo TVRI yang kedelapan kalinya sejak dididrikan pada tahun 1962. Perubahan logo ini merupakan upaya Rebranding TVRI menjadi perusahaan media yang tidak hanya menjadi corong pemerintah. Hal ini dikemukaan oleh Direktur Program dan Berita TVRI Apni Jaya Putra. Rebranding ini bukan hanya dari segi logo, akan tetapi dari segi konten juga, namun masih tetap mempertahankan beberapa ciri khasnya yaitu sebagai televisi yang memberikan pendidikan kebudayaan bagi masyarakat indonesia. Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya, " Tak hanya logo saja yang kami ganti, namun Spirit Perusaahan kami ubah.". Perubahan spiriti itu terlihat dari adanya sedikit perubahan dari segi Slogan TVRI, yang sebelumnya menggunakan slogan "Saluran Pemersatu Bangsa", kini menjadi " Media Pemersatu Bangsa."

Rebranding dan Launching Logo

Logo baru TVRI ini resmi dilaunching pada tanggal 29 Maret 2019 dalam acara "Menggapai Dunia di Auditorium TVRI. Pada kesempatan itu Helmy Yahya sendiri mengatakan dengan perilisan logo TVRI ini akan menjadi langkah terbaru bagi televisi publik tersebut untuk memberikan konten-konten menarik bagi para pemirsa di seluruh Indonesia. Ia mengatakan, bahwa TVRI akan bekerjasama dengan Discovery Channel, kanal pengetahuan dari luar negeri. Ia turut memohon kepada pemerintah untuk memperlonggar izin dan membantu pendanaan TVRI. 

Branding Logo TVRI pada beberapa Aplikasi

Sebelum proses launching logo ini, sebenarnya sudah tampak beberapa proses rebranding yang dilakukan. Misalnya saja beberapa keendaraan penyiaran TVRI sudah menggunakan branding Lingkaran BIRU, begitupun dengan beberapa media Publikasi TVRI baik di Social media maupun di Media Print seperti Teaser Horading di kantor pusat TVRI. 



Perubahan dan Makna Logo

Sejak didirikan pada tahun 1962, TVRI telah memiliki 10 Logo. Akan tetapi hanya 8 logo yang betul-betul digunakan secara resmi. Selebihnya hanyalah logo sementara  ynag digunakan dalam pelaksanaan suatu event. Jadi bisa dikatakan, TVRI telah mengalami perubahan logo hanya sebanyak 8 kali. Perubahan logo terakhir kali dilakukan pada tahun 2007. Kemudian akhirnya dilakukan lagi perubahan ditahun 2019 ini, setelah TVRI dibawah pimpinan Helmy Yahya. Dibanding perubahan-perubahan sebelumnya, perubahan kali ini tampak sangat dignifikan dan terlihat sangat Simple dan Elegant. Sebagai gambaran yuk kita lihat perubahan logo TVRI sejak  tahun 1962.

Gambar perubahan logo TVRI dari masa ke masa



Makna Logo baru TVRI 2019

Dibanding logo-logo sebelumnya Logo baru TVRI ini memang terlihat sangat elegan dan simple. Logo ini bisa dibilang sangat kekinian karena trend logo dunia sekarang ini memang mengutamakan simplisitas namun dengan filosofi yang dalam. Simplisitas logo TVRI ini terlihat dari bentuk logo yang masih menggunakan Logotype yang menggunakan huruf sans serif atau huruf tak berkait. Bentuk hurup seperti ini memang menimbulkan kesan sederhana dan modern. Selain itu penggunakan warna juga yang sangat minim yaitu menggunakan warna Blue Navy. Yang paling menari pada logo ini yaitu dengan adanya bentuk Lingkaran biru yang mengitari inisial RI. Bentuk lingkaran ini sebagaimna yang dilansir di laman Online TVRI (tvri.go.id) adalah bahwa TVRI bertujuan untuk menjadikan Indonesia semakin mendunia dan Harum dimata dunia. Selain itu, bentuk lingkaran ini juga mengunakan teori desain Positif Negatif. Bentuk lingakaran biru adalah bagian positif yang bermakna bahwa TVRI akan selalu menyiarkan konten Positif dan selalu relevan.


Salah satu yang berkesan dari logo ini juga adalah pada bagian Logotype TVRI yang pada dasarnya dibuat seperti 2 Inisial yang terpisah namun tetap terhubung yait u inisial TV dan RI. Penggunaan konsep ini adalah untuk mempertegas dari Slogan TVRI yaitu sebagi "Media Pemersatu Bangsa". 

Nah, untuk lebih memahami tentang makna logo terbaru TVRI 2019 ini maka silahkan lihat gambar berikut: 


sumber: www.tvri.go.id
Isu-isu Tentang logo Baru TVRI

Setelah logo ini launching, beberapa netizen kembali meluncurkan sebuah isu menarik. Yaitu bahwa logo ini terlihat sangat mirip dengan konsep logo Deucth Wele (DW) Televisi Jerman. Namun, hal seperti ini merupakan hal yang lumrah. Bisa jadi ini hanya kebetulan saja atau bisa jadi konsep logo ini memang menginspirasi si desainer Logo TVRI, namun itu sih sah-sah saja, selama bentuk dasar logonya sangat berbeda.
Kemiripan Logo TVRI dengan DW dari segi koncep dan Warna
Visualisasi Perubahan Logo TVRI



Download Logo TVRI 2019

DOWNLOAD DISINI

Nah, demikian nih artikel terbaru saya yang kali ini kembali membahas tentang perkembangan dunia Desain Grafis tertutama tentang Branding. Yang mana pada kesempatan ini saya mebhas tentang Proses rebranding dan Makna logo terbaru TVRI 2019. Semoag artikel ini bermanfaat bagi insan-insan pencintan dunia Branding.

Salam 
Yusufsangdes/ 2019




Thanks for reading & sharing SangDesStock

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Banner-Horisontal

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock