Home » , » Mari berkenalan dengan Canva !

Mari berkenalan dengan Canva !

Posted by SangDesStock on 1/27/2022

Desain Cover ini dibuat dengan Canva

Mari berkenalan dengan Aplikasi Desain Canva!

Sebuah penjelasan ringkas tentang Aplikasi Desain Canva.

Pernahkah teman-teman pembaca Blog sangdes mendengar tentang Aplikasi Canva? Hmmmm...Saya yakin teman-teman sekalian akan menjawab Ya. Karena belakangan ini memang lagi marak-maraknya perbincangan tentang Canva dikalangan Desainer. Bukan karena Aplikasi yang berbasis web, mobile ataupun aplikasi desktop ini sangat mudah digunakan tapi karna aplikasi ini bisa menjadi asisten desainer bagi siapapun yang membutuhkan Desain promosi. Jadi dengan Canva siapapun bisa membuat desain media promosi mereka sendiri bak Desainer berpengalaman. Sehingga, Membuat poster, spanduk, undangan atau kartu ucapan kini jauh lebih mudah dibandingkan dahulu. 

Secara singkat bisa dikatakan seperti itu, namun untuk mengetahui lebih mendalam saya akan sedikit mengupas tentang Canva pada tulisan ini.

 

Tahap awal saya akan memperkenalkan tentang Canva.

 

Pengertian Canva


Jadi apa itu Canva?


Canva adalah aplikasi desain grafis yang tersedia dalam beberapa versi yaitu Web, IOS (apple) dan Android. Aplikasi Canva ini menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Aplikasi Canva ini tersedia dalam 2 pilihan penggunaan langganan yaitu Canva Free dan Canva Pro.

 

Sejak diluncurkan tahun 2013, kini Canva menjadi Aplikasi atau alat bantu Desain nomor 1 dibidangnya. Canva sendiri didirikan oleh Melanie Perkins yang sebelumnya juga mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia. Di tahun pertama debutnya, Canva melejit dengan membukukan rekor pengguna sebanyak 750.000. Ini adalah rekor yang luar biasa saat itu.

 

Lima tahun berjalan, di tahun 2017 Canva mencapai fase di mana perusahaan mulai menghasilkan laba. Saat itu mereka sudah mempekerjakan 200 orang pegawai yang tersebar di kantor Australia dan San Fransisco. Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak 294.000 pengguna. Per 2017, Canva mempunyai 10 juta pengguna dengan cakupan layanan hingga 169 negara.

 

Preview Interface dan Fitur Canva


Awalnya saya mengira Canva hanyalah Aplikasi desain biasa yang kemampuannya sangat terbatas. Namun setelah beberapa lama menggunakan dan mempelajari canva saya menyadari bahwa Canva bukan sekedar aplikasi desain biasa. Sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa Tampilan desain atau Interface Canva sangatlah Friendly use bagi siapa saja. Bahkan bagi orang-orang yang bahkan belum pernah bersentuhan dengan software desain misal corel ataupun Adobe illustrator. 

Halaman Depan Canva

 

Mari kita lihat dibawah ini. Gambar dibawah merupakan Interface dari Canva. Kita bisa melihat Ribuan Template siap digunakan dan diedit dengan fitur-fitur yang mudah dipahami.


Fitur-Fitur Canva
 

Ya.......tentu saja sepeti itu, karena Canva ini memang sejak awal dibuat untuk Siapa Saja....makanya fitur-fitur yang disiapkan oleh canva dipersiakan sedemikian rupa agar bisa dengan mudah dipahami oleh siapa saja. Misalnya saja Fitur Remove Backround yang bisa menjadi Fitur yang sangat Fungsional. Bayangkan saja, dahulu untuk menghilangkan background dari sbuah foto membutuhkan pengerjaan yang memakan waktu, namun dengan fitur ini, prose itu bisa sangat cepat dan sekali klik saja. 


Fitur Remove Background Canva

 

Selain fitur Remove Background itu, banyak sekali fitu-fitur lainnya yang sangat berguna. Antara lain, Video maker atau Canva Video, fitur Brand Kit, Animasi Text, Foto Effect, Text Effect, Pelurus Foto, Kolase , Multiple Format Save dan lain sebagainya. Tapi perlu diketahui beberapa fitur itu tidak semua tersedia untuk Free user atau Canva Free. Hanya beberapa saja yang tersedia untuk pengguna Free selebihnya hanya khusus untuk pengguna Canva Pro. Makanya sangat di anjurkan untuk berlanggana Canva Pro ketika ingin menggunakan Canva sebagai ALat desain secara Maksimal.


Baca juga: Cara Berlangganan Canva Pro

 

Sisi Lain Canva

 

Nah, pada bagian ini saya sebenarnya ingin memaparkan sedikit tentang Hal- hal menarik tentang Canva. Sebenarnya ada banyak hal yang menarik namun dari sisi pandangan saya sebagai Microstocker, hanya ingin menjelaskan satu hal yaitu bahwa dengan Canva kita bisa menghasilkan pundi-pundi Dollar. Misalnya saja dengan berjualan Canva template atau bahkan menjadi Canva Keyword Generator. Atau bahkan bisa juga mengikuti program Canva Partner diantaranya dengan menjadi Contributor Canva yaitu dengan berjualan elemen-elemen desain kamu di Canva, atau Kedua dengan menjadi Canva Creator. Sebagai Canva Creator kamu bisa membuat template-template menarik di Canva dan mendapatkan komisi jika ada Canva user yang menggunakan template kamu. Sedang yang ketiga kamu bisa menjadi Canva Affiliasi yaitu dengan mengajak orang untuk menggunakan Canva Pro dan kamu mendapat komisi jika kamu berhasil mengajak orang dan menjadi Canva Pro user.


Baca juga: 5 Cara menghasilkan Dollar di Canva

 

Kesimpulan

 

Sebagai seorang Desainer yang sudah terbiasa dengan dunia desain grafis yang rumit, saya sangat menyukai Canva, bahkan bisa jadi siapapun sangat menyukai Canva karena sangat mudah untuk digunakan tanpa harus mengikuti pembelajaran tertentu.

 

Karena Canva sangat gampang digunakan, canva juga memiliki fungsi yang sangat menarik. Bisa dibilang fungsinya ini hampir tanpa cela, mudah digunakan terutama untuk level pemula, cepat dan ringan. Hasil desainnya juga sangat bagus. Jika harus memberikan nilai, saya beri 8,5 dari 10.  

 

Dari segi Fitur, tentu saja bisa dibilang sangat Komplit dan setiap saat selalu di update.

 

Satu hal yang saya keluhkan adalah ukuran kanvas yang relatif kecil. Sementara ada ruang kosong di antara bar menu dan ikon plus (+) yang bisa ditekan guna memberi ruang lebih untuk kanvas.

 

Oke, saya kira itu dia sedikit penjelasan saya tentang Canva. Semoga kalian bisa lebih mengenal Canva. Atau jika ingin mengenla lebih mendalam silahkan kunjungi langsung website Canva disini

 

Yusufsangdes | 2022

 

 

 

 

Thanks for reading & sharing SangDesStock

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar

Banner-Horisontal

Langganan Adobe

Langganan Produk Adobe Creative Cloud disini! Klik Here!
BANNER-Sandes-Daftar-Shutterstock-Gif-Blog
BANNER-KELAS-AI-UNTUK-BLOG

Search here

Jual Desain

Gif-Banner-Daftar-Freepik

PodcaStock

Banner-Font-Gratis
Podcast_Banner_yusufsangdes